Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Intip Jenis-jenis Asuransi yang Cocok untuk Anak Muda

26 Februari 2020 | Allianz Indonesia
Tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang. Hal ini berlaku untuk setiap usia, baik tua atau muda. Namun, setiap orang bisa mengantisipasi suatu hal buruk yang bisa terjadi di masa depan.

Tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang. Hal ini berlaku untuk setiap usia, baik tua atau muda. Namun, setiap orang bisa mengantisipasi suatu hal buruk yang bisa terjadi di masa depan.

Salah satu produk yang bisa membantumu mengantisipasi risiko di masa depan ialah asuransi. Dengan memiliki asuransi, berarti kamu mengalihkan risiko dari diri sendiri ke perusahaan asuransi. Sehingga, ketika risiko terjadi, maka kamu terhindar dari kerugian finansial yang besar. Nah, selagi muda, kenali beberapa asuransi yang cocok untuk kamu.

1. Asuransi jiwa

Jika kamu sudah bekerja dan menjadi tulang punggung untuk keluarga, maka kamu perlu asuransi jiwa. Mungkin saat ini kamu sedang pertama kali masuk ke dunia kerja dengan status masih lajang. Dalam kondisi ini, boleh jadi kamu memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas.

Meski demikian, membeli asuransi jiwa bukanlah suatu pemborosan. Karena sebetulnya, kamu tetap dapat menemukan produk asuransi jiwa dengan premi terjangkau di pasaran. Contohnya, kamu bisa mencari asuransi jiwa tradisional atau asuransi jiwa mikro yang menawarkan uang pertanggungan (UP) dan premi terjangkau. Atau, kamu bisa juga mempertimbangkan asuransi jiwa yang preminya bisa disesuaikan di kemudian hari.

 

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Asuransi yang Tepat untuk Setiap Tahapan Hidup

 

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan juga merupakan proteksi dasar yang penting dimiliki setiap orang. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka kamu terhindar dari kebangkrutan atau pengeluaran yang besar akibat jatuh sakit. Namun, jika kamu masih muda dan baru pertama kali ingin membeli proteksi ini, maka kamu bisa pilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan. Cara menakar kebutuhan ini bisa dengan melihat proteksi apa saja yang kamu miliki.

Contoh, misalnya perusahaan tempat kamu bekerja memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan plafon kesehatan sebesar satu bulan gaji. Kemudian, bandingkan dengan biaya pengobatan di rumah sakit. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah fasilitas kesehatan yang kamu peroleh dari kantor sudah memadai atau kurang.

Jika kurang, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya rumah sakit. Asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya rumah sakit, akan memberikan penggantian biaya rumah sakit berdasarkan jumlah tagihan dari rumah sakit. 

Sebaliknya, jika kantor memberikan proteksi asuransi kesehatan yang maksimal, , dan kamu ingin membeli asuransi kesehatan swasta sebagai tambahan, kamu bisa memilih produk dengan manfaat dan premi yang tidak begitu besar. Contoh, kamu bisa memilih asuransi kesehatan cash plan yang memberikan manfaat santunan harian atau tinggal membeli asuransi penyakit kritis.

 

Baca juga: 5 Cara Mudah Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Kebutuhan

 

3. Asuransi jiwa kredit

Jika saat ini kamu mengambil kredit kendaraan bermotor (KKB) atau kredit pemilikan rumah (KPR), maka kamu pun perlu memiliki asuransi jiwa kredit. Umumnya, asuransi jiwa kredit ini otomatis kamu miliki ketika mengajukan kredit. Asuransi jiwa kredit akan melunasi utang jika nasabah tutup usia sebelum kredit lunas. Sehingga, keluarga yang ditinggalkan tidak akan menanggung risiko utang sang nasabah.

4. Asuransi umum

Asuransi umum ialah asuransi yang memberikan ganti rugi karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin kamu hadapi jika terjadi suatu peristiwa. Jika kamu saat ini punya aset bernilai signifikan, maka kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi umum. Asuransi kerugian ini ada banyak macamnya, seperti:

  • asuransi kebakaran, untuk melindungi rumah atau tempat usaha
  • asuransi kendaraan bermotor, terdiri dari comprehensive insurance dan total loss only insurance.
  • asuransi pengiriman
  • asuransi rekayasa
  • asuransi perjalanan
  • asuransi aneka, terdiri dari asuransi tanggung jawab pihak ketiga, asuransi tanggung jawab produk, asuransi pencurian, asuransi kecelakaan diri, asuransi penyimpanan atau pengiriman uang, dan lain sebagainya.

Contoh asuransi umum yang lazim dimiliki anak muda saat ini misalnya asuransi kerusakan gadget seperti laptop dan handphone jika terjadi kerusakan layar atau kerusakan total.

Asuransi ini umumnya bisa kamu dapatkan di counter pembelian handphone dan gadget. Kalau kamu adalah pengusaha, asuransi kebakaran untuk tempat usaha juga layak kamu pertimbangkan. Contoh asuransi umum lain yang banyak dimiliki anak muda ialah asuransi kendaraan bermotor.

 

Baca juga: Tips agar Klaim Asuransi Kendaraan Dapat Diterima

 

Jika pekerjaanmu menuntutmu untuk sering melakukan perjalanan atau kamu sendiri hobi melakukan traveling, maka kamu memerlukan asuransi perjalanan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan selama kamu berada dalam perjalanan jauh. Perlindungan ini dapat berupa penggantian biaya rumah sakit, manfaat kematian dan pengembalian jenazah ke dalam negeri, ganti rugi jika terjadi pencurian, ketinggalan bagasi, penerbangan yang terlambat, dan lain sebagainya.

Itu dia sederet asuransi yang cocok dimiliki oleh anak muda. Mana yang kira-kira perlu kamu lengkapi saat ini? Pastikan diri kamu terlindungi untuk menghindari kerugian yang lebih besar di kemudian hari.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan