Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

8 Ide Produktif agar Dapat Manfaat Tambahan saat Karantina #diRumahAja dan Berbagi dengan Sesama

09 April 2020 | Allianz Indonesia
Kalau sudah mulai bosan #diRumahAja selama karantina mandiri ini, kini waktunya kamu manfaatkan waktu senggang dan menggali ide-ide produktif yang bisa dikerjakan! Apa saja sih kegiatannya?

Meskipun sampai sekarang situasi yang kita hadapi bersama tidak mudah, tapi kita tidak boleh menyerah. Selama karantina COVID-19 ini, meskipun kamu tidak bisa keluar bukan berarti kamu tidak bisa melakukan hal apa pun selain menonton film series secara marathon seharian.

Sekarang, waktunya kamu mulai produktif untuk beraktivitas kembali. Tenang, aktivitas yang kami idein ini tidak bikin kamu ke luar rumah, kok. Plusnya lagi, kamu bisa pelan-pelan menambahkan pundi-pundi tabungan dari uang tambahan yang kamu dapat. Yes, ide produktif yang bakal kami bagi ke kamu ini adalah beberapa ide produktif yang bisa bikin kamu dapat uang tambahan. Dan jaminannya... semua bisa dilakukan di rumah!

Sudah tidak sabar mau tahu apa saja yang bisa kamu lakukan selama masa karantina #diRumahAja ini dan bisa dapat manfaat tambahan? Yuk, dicoba satu per satu!

 

Baca juga: Yuk, Mengenal Istilah-istilah Ini untuk Lebih Memahami Virus Corona

 

1. Mengajar Kursus Secara Online

Well, bisa jadi di antara kamu semua ada yang sejak awal memang menjadi pengajar atau tutor. Namun, selama masa pandemi COVID-19 ini harus memberhentikan sementara kursus tatap muka langsung. Nah, tidak ada salahnya lho mengubah metode pengajaran dengan cara online. Kalau kamu baru dalam bidang ini, coba tanya pada dirimu apa keterampilan yang selama ini kamu kuasai? Setelahnya, coba susun metode pembelajaran dan informasikan niatmu membuka kursus online di media sosialmu.

2. Kumpulin dan Jual Barang-barang Bekas Secara Online

Ah... cara ini tentu saja semua orang juga akan melakukannya. Lalu, kenapa kamu juga tidak ikutan? Selama ini bisa saja kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor dan tidak pernah sempat menyortir barang-barang di rumah. Mumpung karantina di rumah, coba cek lemari bajumu, coba juga cek rak buku yang selama ini menumpuk saja tanpa dibaca. Mulailah dari sana, lalu kumpulkan barang-barang yang sekiranya masih laik untuk dijual. Setelahnya, kamu bisa perlahan-lahan menjualnya melalui online platform. Tidak perlu dalam jumlah besar dahulu, kamu harus lihat animonya.

3. Coba Jadi Translator atau Transcriptionist

Selain buka kursus online, kalau kamu menguasai berbagai Bahasa asing, tidak ada salahnya lho memanfaatkan waktumu untuk menjadi penerjemah atau juga sebagai transcriptionist. Banyak perusahaan asing membutuhkan jasa keduanya. Mungkin istilah yang lebih sering kamu dengar adalah penerjemah. Sebagai penerjemah nantinya kamu akan diminta untuk mengalihbahasakan teks atau dokumen. Sedangkan sebagai transcriptionist, kamu harus perlu mendengarkan dengan baik dan mengetik cepat dan menerjemahkan apa yang kamu dengar dengan sempurna. Kedua jasa ini bisa dibayar dengan hitungan per jam, lho. Menarik banget, kan?

4. Jual Foto Koleksimu

Selama ini pasti suka banget dong foto-foto? Mulai dari foto perjalanan, landskap, atau yang lainnya. Buruan deh cek semua koleksimu ini. Pilih foto-foto yang menurutmu bagus dan menjual. Lalu lakukan editing pada foto-foto tersebut. Setelahnya, coba kamu cek situs yang biasanya menjual stock foto seperti iStock, Shutterstock, hingga Getty Image.

Kamu bisa menjual koleksi-koleksi fotomu di sana. Kalau ada yang membeli fotomu, kamu bisa mendapatkan sejumlah royalti. Hal terpenting pelajari dan pahami semua syarat dan ketentuan untuk menjual fotomu di sana ya.

 

Baca juga: Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada COVID-19

 

5. Ikutan Survei Online

Ada lagi nih yang bisa kamu lakukan hanya dengan online melalui internet di rumah. Yup, pernah dengar survei online? Ada banyak situs di luar sana yang membayarmu hanya dengan syarat kamu mengisi berbagai survei yang tersedia di dalam situs tersebut. Ide kreatif ini sangat menarik, bukan? Apalagi kamu bisa mengisi survei sambil rebahan dan olahraga jari dari handphone.

Semua ide di atas menarik untuk kamu coba, bukan? Selain mengisi waktu dengan kegiatan yang positif dan produktif, kamu juga bisa menyalurkan hobi, bakat serta kompetensi yang dimiliki. Jika memperoleh keuntungan, jangan lupa sisihkan untuk donasi membantu saudara-saudara kita yang tengah berjuang menangani dan melawan Covid 19. Jadi pada akhirnya, selain produktif kamu juga tetap dapat berbagi dengan sesama.

Ingat juga ya, kesehatanmu dan orang-orang di sekitar juga begitu penting di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Jadi, kamu harus tetap bagi waktumu untuk bisa melakukan hal-hal kreatif lain yang juga menunjang gerak harian dan asupan makanan bergizi setiap harinya.

Jadi lakukan juga beberapa hal berikut ini:

6. Olaharaga Biar Meningkatkan Imunitas Tubuh

Misalkan habis mengajar kursus online, di kamar atur suasana dan musik yang upbeat lalu lakukan olahraga ringan. Kalau kamu tidak tahu gerakan-gerakan apa yang bisa dilakukan, cari deh referensinya dengan membuka video-video di YouTube. Ayo.. jangan malas dan alasan terus ya!

7. Jaga Kebersihan Kamar

Selama masa karantina, mungkin kamu akan bertahan di dalam kamar. Jadi, setiap pagi dan sore hari sebisa mungkin luangkan waktu juga untuk membersihkan kamar dari debu dan kotoran ya. Biar tidak bosan, saat akhir pekan coba dekorasi ulang kamarmu dengan warna-warna berbeda. Biar mood produktifmu terus terjaga.

8. Jaga Asupan Makanan Bergizi

Jika kamu ingin melakukan diet selama karantina ini boleh-boleh saja. Namun dengan catatan, kamu harus menjaga asupan makanan dengan kualitas gizi yang baik agar tidak rentan terserang penyakit. Jangan lupa makan karena keasyikan streaming atau main handphone di kamar, dan konsumsi juga vitamin ya untuk jaga kesehatan tubuh.

Salam kreatif, semoga kamu tidak akan pernah bosan dengan ide dari kami!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan