Kenali 7 Fakta Mengenai Asuransi Online yang Perlu Kamu Ketahui

04 Februari 2020 | Allianz Indonesia
Perkembangan teknologi informasi mengubah wajah berbagai bisnis selama satu dekade terakhir. Produk yang dulunya hanya bisa diakses secara konvensional, sekarang bisa dibeli secara online.

Perkembangan teknologi informasi mengubah wajah berbagai bisnis selama satu dekade terakhir. Produk yang dulunya hanya bisa diakses secara konvensional, sekarang bisa dibeli secara online. Asuransi termasuk salah satu produk yang dapat diakses secara online sejalan dengan perkembangan teknologi digital.

Istilah yang umum digunakan untuk merujuk ke produk proteksi yang ditawarkan melalui saluran digital ialah asuransi online. Beberapa asuransi yang sudah ditawarkan secara online misalnya asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi jiwaasuransi kesehatan, dan asuransi perjalanan.

Asuransi berbasis online ini bisa dibeli melalui berbagai jalur distribusi online seperti marketplace C2C (customer to customer), B2C (business to customer), platform milik perusahaan asuransi atau platform online lainnya yang dapat diakses menggunakan mobile application ataupun website.

Mengingat jalur distribusi online berbeda dengan jalur distribusi konvensional seperti melalui agen, maka produk asuransi yang dijual pun berbeda, umumnya menjadi lebih sederhana dengan proses yang mudah, Lebih detilnya, simak ulasan mengenai fakta asuransi online berikut.

1. Calon pembeli harus proaktif

Sikap proaktif untuk mencari informasi produk dibutuhkan dalam setiap calon pembeli agar produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhannya, karena tidak ada penjual yang menjelaskan secara aktif mengenai detail produk. Dalam proses pembelian, calon pembeli juga harus melengkapi seluruh informasi dan data yang dibutuhkan menggunakan formulir termasuk juga dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

 

Baca Juga: Pahami Konsep dan Prinsip-prinsip Asuransi agar Kamu Bisa Menikmati Manfaatnya

 

2. Persyaratan lebih sederhana

Asuransi online juga mendorong penyedia asuransi untuk merancang produk yang memiliki persyaratan lebih sederhana. Ini sesuai dengan karakter jalur distribusi online yang terbuka agar menjangkau lebih banyak calon pembeli. Contoh persyaratan yang lebih sederhana untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang ditawarkan secara online adalah tidak adanya keharusan untuk melakukan tes kesehatan.

Namun yang perlu kamu ingat, meski tak harus melakukan tes kesehatan, calon pembeli tetap harus mengisi formulir secara jujur. Sebab, jika kamu tidak jujur, maka ini akan menjadi bumerang suatu saat nanti ketika kamu mengajukan klaim.

Pada beberapa kasus, perusahaan asuransi menolak klaim nasabah karena nasabah dianggap tidak jujur ketika mengisi formulir pendaftaran. Kembali lagi ke prinsip yang ada bahwa produk proteksi yang ditawarkan secara online tetaplah produk dari industri asuransi yang didasari oleh niat baik atau utmost good faith.

 

Baca Juga: Ini 6 Langkah Mencegah Stres di Tengah Kesibukan Kerja

 

3. Manfaat lebih kecil

Sesuai dengan karakternya yang tidak membutuhkan persyaratan yang rumit, maka asuransi online umumnya menawarkan manfaat yang lebih kecil dibandingkan asuransi konvensional. Contoh, pada asuransi konvensional, kamu bisa memiliki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan (UP) hingga Rp5 miliar. Sementara pada asuransi online, kamu bisa menemukan asuransi mikro yang menawarkan manfaat UP berkisar puluhan juta Rupiah dengan membayar premi sebesar puluhan ribu rupiah per bulan.

4. Premi lebih murah

Mengingat manfaat yang ditawarkan oleh asuransi online kebanyakan tidak sebesar produk konvensional, maka premi yang harus dibayar oleh nasabah pun biasanya tidak sebesar premi asuransi konvensional. Premi yang lebih murah pada asuransi online ini mencerminkan efisiensi ketika kamu membeli suatu produk asuransi secara digital, dibandingkan proses yang normal yang melibatkan agen.

5. Bantuan dalam bentuk digital

Kendati asuransi online tidak melibatkan peran agen pemasar, namun tidak berarti calon pembeli tidak bisa mendapatkan informasi tambahan selain penjelasan yang sudah tertera di website dan brosur.

Untuk membantu calon pembeli asuransi online, perusahaan asuransi menyediakan call center yang siap membantu dan menjawab setiap pertanyaanmu. Call center ini biasanya berbentuk chat box yang akan muncul ketika kamu mengunjungi website asuransi atau marketplace.

Bantuan lain yang bisa digunakan oleh calon pembeli asuransi digital adalah kalkulator simulasi produk yang berguna untuk menghitung nilai manfaat UP dan premi yang perlu dibayarkan. Dengan begitu, kamu tinggal membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya dengan mudah.

 

Baca Juga: Tahun Baru, Saatnya Evaluasi Kondisi Keuangan Selama Setahun Terakhir

 

6. Ada program reward untuk menjaga loyalitas

Seperti produk lainnya yang ditawarkan melalui aplikasi, umumnya asuransi online juga memiliki program membership, reward, dan point. Reward dan point ini kemudian bisa kamu tukar untuk membeli barang di merchant tertentu. Tentu program semacam ini hanya bisa dinikmati bagi mereka yang sudah membeli produk asuransi online tersebut.

7. Proses yang mudah dan lebih cepat

Fakta lain yang bisa kamu lihat dari asuransi online adalah, waktu pemrosesan yang lebih cepat. Ini bisa terjadi karena proses pembelian dan klaim dilakukan secara digital. Jadi, calon nasabah tak perlu mencetak formulir dan mengirim dokumen hardcopy ke perusahaan asuransi ketika ingin membeli asuransi. Begitu pula ketika sudah menjadi nasabah, maka mereka tak perlu lagi mengisi dan mengirim dokumen hardcopy ketika mengajukan klaim.

Itulah tujuh fakta seputar asuransi online yang perlu kamu ketahui. Asuransi online merupakan salah satu inovasi di industri asuransi yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan proteksi. Mengingat produk asuransi online biasanya menawarkan manfaat yang sederhana, pastikan kamu membeli proteksi yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai perusahaan asuransi terkemuka di dunia, Allianz Indonesia telah meluncurkan OptimAll, sebuah portal distribusi asuransi digital yang menyediakan pilihan produk asuransi, salah satunya untuk asuransi kesehatan. Dengan OptimAll, calon nasabah dapat melakukan pembelian asuransi secara online tanpa perlu tatap muka dengan tenaga pemasar. Proses pembelian hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Polis elektronik juga akan diterima nasabah langsung via e-mail. Untuk mengunjungi OptimAll dan informasi produk lengkap yang tersedia dari Allianz Indonesia, kamu dapat mengaksesnya melalui tautan berikut: https://alz.id/optimall

Jadi, jika seandainya kamu memerlukan produk yang lebih kompleks dan manfaat yang lebih luas dari yang ditawarkan oleh asuransi online, maka kamu tetap perlu mempertimbangkan membeli asuransi secara konvensional dengan menghubungi tenaga pemasar bersertifikat. Selamat memilih!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023