Ini 6 Langkah Mencegah Stres di Tengah Kesibukan Kerja

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 06 Desember 2019 15:40:17 UNDUH BACA NANTI

Stres bisa mengancam setiap pekerja di kantor yang selalu rutin mengerjakan kesibukan yang sama di dalam sepekan. Namun, ada cara mudah mencegah stres di tempat kerja.

Bekerja di tempat impian tak menjamin kita bebas dari stres di tempat kerja. Rutinitas di kantor yang berlangsung dari pagi hingga sore hari selama sepekan bisa memicu stres. Apalagi, jika ada tugas tambahan yang mendadak atau masalah lain seperti kemacetan atau ada persoalan di rumah, potensi serangan stres semakin besar.

Saat stres menyerang, banyak efek negatif yang timbul. Pekerjaan menjadi kacau, kualitas hasil kerja berkurang, atasan pun bisa marah. Bahkan, stres di kantor bisa berlanjut hingga kita pulang ke rumah sehingga bisa berimbas ke kehidupan pribadi dan kesehatan fisik maupun mental. Tak jarang, orang jadi susah tidur nyenyak akibat stres, atau makan menjadi tidak terkontrol hingga obesitas yang bisa memicu beragam penyakit berbahaya seperti jantung.

 

Baca juga: Waspada, Penyakit Kritis Intai Anak Muda

 

Namun jangan khawatir, karena dengan beberapa cara berikut ini, paling tidak kita bisa mencegah stres yang datang di tengah rutinitas bekerja di kantor.

Pola makan yang sehat

Sibuk bekerja menjadikan banyak orang melupakan jadwal makan. Lalu, orang cenderung makan makanan secara sembarangan, termasuk konsumsi junkfood. Padahal, untuk menghadapi tuntutan pekerjaan di kantor, butuh badan yang fit dan energi cukup.

Kurangi makan atau minuman yang mengandung zat pengacau mood seperti kafein, alkohol, lemak trans, dan pengawet makanan. Perbanyaklah bahan makanan yang kaya asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, rumput laut, telur, dan ikan tuna karena bisa membantu menciptakan suasana hati yang baik.

 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

 

Patuhi jadwal dan target kerja

Pekerjaan yang menumpuk sangat mudah menimbulkan stres. Karena itu, jangan suka menunda menyelesaikan tugas di kantor. Buat lah jadwal dan target di setiap pekerjaan. Anda harus komitmen menjalani semua jadwal agar tugas selesai tanpa melewati deadline.

 

Baca juga: Susun Perencanaan Keuanganmu dalam 6 Aspek Ini

 

Ciptakan ruang kerja yang rapi

Sering kali orang membiarkan kertas-kertas, surat-surat dan dokumen-dokumen tak penting berserakan di meja kerja. Ini menyulitkan kita mencari dokumen tertentu yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Pencarian dokumen yang memakan waktu, bisa mengganggu konsentrasi dan bahkan timbul stres.

Oleh karenanya, usahakan meja kerja selalu bersih dan rapi. Simpan semua dokumen dengan rapi, pisahkan mana yang penting dan tidak penting. Lengkapi juga meja kerja dengan foto orang yang disayangi untuk booster semangat kerja.

Gunakan aroma terapi

Aroma terapi menjadi salah satu zat yang banyak digunakan dalam pengobatan alternatif. Karena aroma terapi bisa membantu orang lebih rileks, menciptakan mood, hingga membantu pernafasan.

Oleh karena itu, lengkapi ruang kerja dengan aroma terapi. Ketegangan akibat beban kerja bisa berkurang dengan mencium aroma khas dari ekstrak minyak esensial tersebut.

Dengarkan musik pilihan

Mendengarkan musik menjadikan pikiran lebih rileks dan menciptakan mood yang baik. Di tengah kesibukan bekerja, dengarkanlah musik pilihan yang kamu sukai untuk mengurangi tekanan pekerjaan dan stres.

Bahkan, jika penat mulai muncul di tengah kerja, ambillah waktu 5-10 menit untuk mendengarkan musik dan bernyanyi. Mood akan membaik, kita bisa kembali konsentrasi bekerja.

Istirahat yang cukup

Cukup tidur di malam hari akan menenangkan pikiran dan badan menjadi lebih fit. Stamina badan yang bagus sangat penting sebagai modal untuk menghadapi tanggung jawab pekerjaan di kantor.

Setelah pulang kerja, jangan berlama-lama menonton televisi atau handphone dan laptop. Cahaya gadget akan menekan produksi melatonin tubuh dan menganggu kualitas tidur.

Satu jam sebelum tidur, matikan semua gadget, lalu tenangkan pikiran dan lakukan relaksasi otot-otot tubuh seperti dengan bermeditasi atau mendengarkan musik yang lembut. Jangan lupa, redupkan lampu kamar tidur.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ayo cegah stres supaya produktivitas bekerja di tempat kerja semakin meningkat.

Saat stres menyerang, banyak efek negatif yang timbul. Pekerjaan menjadi kacau, kualitas hasil kerja berkurang, atasan pun bisa marah. Bahkan, stres di kantor bisa berlanjut hingga kita pulang ke rumah sehingga bisa berimbas ke kehidupan pribadi dan kesehatan fisik maupun mental.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

21 Oktober 2019 12:39:07

Begini Pertimbangan Bijak Sebelum Membeli Asuransi untuk Bayi

Daya tahan tubuh si kecil belum sekuat orang dewasa. Bila demikian, apakah Anda membutuhkan asuransi kesehatan untuk bayi? Yuk,  bijak menimbang agar kamu mengambil keputusan finansial tepat.

04 Juni 2018 15:13:30

Bisakah Memiliki Asuransi Kesehatan Setelah Didiagnosa Penyakit?

04 Juni 2018 15:13:36

Mengenal Beberapa Manfaat Asuransi Terkait Kesehatan