Jangan Asal Menerima Kerja, Ini yang Perlu Kamu Pertimbangkan di 2022

7 Juni 2022 | Allianz Indonesia
Situasi dunia yang semakin menentu membuat banyak pencari kerja atau job seeker asal menerima tawaran kerja. Padahal, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertimbangkan tawaran yang datang. Simak apa saja yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja!

Bagi mahasiswa yang baru saja lulus, atau fresh graduate, menerima tawaran kerja bisa menjadi hal yang luar biasa. Namun, banyak yang tidak menyadari kalau tidak semua tawaran kerja bisa diterima begitu saja. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan.

 

Baca juga: 4 Cara Jitu Negosiasi Gaji saat Wawancara Kerja!

 

Kehadiran pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, krisis di Ukraina, naiknya harga kebutuhan pokok, dan lain sebagainya merupakan beberapa faktor yang dapat membuat fresh graduate sering merasa berkecil hati. Demikian juga dengan mereka yang baru mau menamatkan pendidikan. Ketakutan dan rasa panik seringkali muncul. Hasilnya banyak fresh graduate yang menerima tawaran pekerjaan tanpa adanya pertimbangan sebelumnya. Mereka kurang memikirkan secara baik-baik tawaran yang datang sehingga kemungkinan mereka bisa merasakan penyesalan di kemudian hari. Padahal, banyak sektor yang tetap tumbuh di tengah kondisi dunia yang terlihat kurang bersahabat.

 

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru Nikah

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menerima tawaran kerja

Bagi para pencari kerja, menganalisis tawaran pekerjaan yang datang merupakan hal yang patut diperhatikan. Berikut ini adalah sejumlah pertimbangan yang bisa kamu ambil dalam menerima lowongan kerja. Semoga bisa membantu ya!

●       Stabilitas perusahaan

Salah satu pertimbangan terpenting dalam memilih tawaran kerja adalah stabilitas perusahaan. Tak ada salahnya mencari tahu ulasan mengenai reputasi dan stabilitas perusahaan. Ulasan memang tidak selalu akurat. Namun setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai kondisi terkini di perusahaan.

●       Budaya kerja

Hal yang tidak kalah penting adalah budaya kerja di perusahaan tersebut. Sebisa mungkin, cari tahu bagaimana lingkungan kerja di perusahaan tersebut. Pasalnya, budaya kerja adalah salah satu yang bisa mempengaruhi motivasi dan kenyamanan bekerja, yang nantinya juga akan berpengaruh pada produktivitas dan hasil kerja yang baik.

●       Gaji

Salah satu motivasi dalam bekerja adalah mendapatkan penghasilan. Jadi, wajar jika mencari tahu mengenai gaji yang akan didapatkan di perusahaan tersebut. Pastikan gaji yang didapat sesuai dengan kebutuhan. Negosiasi gaji ini juga harus disertai dengan meyakinkan perusahaan bahwa angka tersebut layak didapatkan.

●       Jenjang karier

Sebelum menerima tawaran kerja, mengetahui jenjang karier di perusahaan tersebut tidak kalah penting. Dengan mengetahui hal itu, bisa menjadi motivasi tambahan dalam bekerja.

●       Manfaat yang ditawarkan dan diperoleh dari perusahaan

Setiap perusahaan memberikan tunjangan atau benefit yang berbeda untuk karyawannya. Jika ingin menerima tawaran kerja, penting juga untuk mengetahui benefit yang akan didapatkan. Bisa jadi kamu mendapat gaji yang lebih besar, namun ada yang menawarkan gaji lebih kecil dengan benefit yang cukup membantu kebutuhanmu.

●       Lokasi tempat kerja

Lokasi tempat kerja dari kediamanmu juga merupakan salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan tawaran kerja. Semakin jauh lokasi, makin besar pula biaya yang dikeluarkan. Selain itu, perhatikan juga kemudahan dalam mengakses transportasi untuk bepergian ke kantor dan pulang ke rumah dari bekerja.

●       Kebijakan selama pandemi

Pandemi Covid-19 masih belum dapat diprediksi kapan akan berakhir. Maka dari itu, kamu juga perlu mencari tahu bagaimana kebijakan perusahaan selama pandemi masih berlangsung, apakah tetap harus bekerja dari kantor, bekerja dari rumah, atau diterapkannya hybird working model.

 

Baca juga:  Tren Terbaru Masa Depan Lingkungan Kerja Hybrid

 

Demikian pertimbangan yang harus kamu pikirkan ketika memilih tawaran kerja. Semoga pertimbangan-pertimbangan di atas mampu membantumu memilih tawaran terbaik untuk kariermu. Setelah resmi bekerja dan punya penghasilan, jangan lupa lindungi dirimu dengan Asuransi Jiwa yang memberikan perlindungan finansial jika terjadi risiko kematian. Dengan memiliki Asuransi Jiwa, keluarga tercinta akan memperoleh santunan jika pencari nafkah tutup usia. Selamat menimbang!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023