Sistem Penggantian dalam Asuransi Properti

 04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Pada asuransi properti, manfaat utama yang akan kita dapat adalah perlindungan fisik bangunan dari kejadian-kejadian seperti kebakaran, tersambar petir, asap, kejatuhan pesawat terbang, dan kejadian lainnya. Meski demikian, manfaat perlindungan yang bisa kita dapat bisa diperluas lebih dari itu. Salah satu perluasan manfaat yang bisa kita pilih adalah perlindungan terhadap isi properti atau isi rumah kita.

Berkaitan dengan penggantian atas risiko pada properti maupun isi properti, hal yang perlu kita diperhatikan adalah penentuan nilai penggantian yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi, jika barang yang kita asuransikan rusak. Misalnya, kita mempunyai asuransi properti dengan perluasan manfaat atas barang yang ada di dalamnya. Kemudian, terjadi kebakaran yang menyebabkan TV, Kulkas, dan laptop kita hangus terbakar.

Apakah perusahaan asuransi akan mengganti ketiga barang tersebut? Tentu iya, tetapi nilai barang yang akan diganti disesuaikan dengan nilai barang saat terjadi risiko. Jika kita membeli TV seharga Rp 5 juta rupiah pada tahun 2012, maka penggantian yang akan diberikan oleh perusahaan Asuransi tidak akan sebesar harga saat Anda membeli barang tersebut. Penggantian akan disesuaikan dengan nilai penyusutan pada tahun terjadi risiko tersebut.

Kita harus memahami bahwa penggantian terhadap benda-benda yang kita miliki, oleh pihak asuransi, nilainya tidak akan sama dengan saat kita membeli benda-benda tersebut. Hal ini terjadi karena nilai barang menurun seiring waktu dan penggunaan barang tersebut.

Pemahaman ini penting agar pemegang polis bisa ikut memperkirakan nilai barang yang dimiliki di masa sekarang, sehingga kita bisa memeriksa kembali apakah penggantian dari perusahaan asuransi sudah sesuai atau belum. 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023