Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Pandemi Membuat Kesadaran Masyarakat akan Asuransi Kesehatan Meningkat

19 Agustus 2021 | Allianz Indonesia
Mengapa penting memiliki asuransi kesehatan khususnya di masa pendemi ini? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut!

Pandemi yang masih berlangsung menyadarkan banyak orang, kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga. Dengan begitu banyak kasus positif setiap harinya, maka kesehatan dan keamanan diri sendiri dan keluarga tercinta sudah menjadi harta yang tidak ternilai.

COVID-19 yang menelan banyak korban masih menjadi ancaman, bukan hanya dari segi kesehatan, tetapi juga dari segi finansial. Pemerintah memang menanggung biaya pengobatan penyakit pandemi. Persoalannya, fasilitas kesehatan milik pemerintah terbatas. Dalam kondisi kritis, banyak pasien COVID-19 rela mengeluarkan dana sendiri untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Betapa tidak? Obat-obatan untuk terapi COVID-19 pasokannya terbatas, serta alat-alat medis yang mengalami permintaan tinggi, membuat harga kedua komponen ini menjulang tinggi. Itu sebabnya, pengobatan pasien COVID-19 bisa menelan biaya yang sangat tinggi.

 

Baca juga: Kondisi COVID-19 Semakin Genting, Saatnya Ambil Bagian di Masa Pandemi

 

Asuransi kesehatan sangat penting, terutama saat pandemi

Mahalnya biaya pengobatan COVID-19 membuat banyak orang menyadari bahwa asuransi kesehatan sangatlah penting, apalagi saat pandemi. Inilah kesimpulan yang terkuak dari hasil riset Inventure Indonesia bersama Alvara Research Center, November 2020 lalu.

Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 78,7% dari responden setuju bahwa dengan adanya pandemi, seseorang perlu memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Pandemi membuat banyak orang merasa kesehatan dan nyawanya terancam. Itu sebabnya, keselamatan jiwa dan kesehatan kembali menjadi prioritas.

Di sinilah asuransi kesehatan menjadi produk finansial yang banyak dicari sebagian masyarakat yang tadinya menganggap asuransi adalah kebutuhan masa depan yang tidak mendesak. Hal ini bisa tercermin dari akumulasi premi asuransi kesehatan tahun ini yang mengalami peningkatan. Mengutip Kontan, Juli 2021, akumulasi premi industri asuransi kesehatan pada Mei 2021 mencapai Rp9,53 triliun atau meningkat 7,5% dari Mei 2020 yang sebesar Rp8,86 triliun.

Pandemi ternyata menciptakan peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap berbagai risiko kehidupan. Hal ini turut terlihat dari pertumbuhan lini bisnis asuransi kesehatan perorangan perusahaan asuransi terdepan, Allianz Life Indonesia. Sepanjang tahun 2020, pendapatan premi bruto asuransi kesehatan perorangan Allianz Life Indonesia mencapai Rp1,1 triliun, atau meningkat 102,1% dari tahun 2019.

Mohamad Andoko, perencana keuangan dan presiden direktur OneShildt Financial Planning mengatakan, asuransi kesehatan menjadi produk finansial yang dicari saat pandemi karena dapat melindungi tertanggung dari pengeluaran yang besar saat sakit, terlebih di musim pandemi seperti sekarang ini.

“Manajemen risiko dan perencanaan asuransi merupakan salah satu pilar dalam perencanan keuangan yang bertujuan memproteksi aset. Saat ini, di mana orang mudah terinfeksi COVID-19, maka banyak orang menyadari pentingnya asuransi kesehatan,” ujar Mohamad Andoko kepada Allianz Indonesia, Juli 2021.

Tantangannya, saat ini tingkat keterisian rumah sakit pemerintah yang melebihi kapasitas membuat pasien harus dilarikan ke rumah sakit swasta untuk mendapatkan pertolongan. Jika pasien tidak punya asuransi kesehatan, maka ia akan menutup biaya rumah sakit ini dari koceknya sendiri.

“Yang saya cermati, saat seseorang tidak punya asuransi kesehatan, maka ia akan mengambil tabungan dan investasi untuk menutup biaya rumah sakit. Jika dua aset itu tidak punya, maka ia akan berutang ke orang lain atau utang kartu kredit,” ujar Andoko. Mengambil tabungan dan investasi untuk kebutuhan pengobatan tentu akan membuat tujuan keuangan di masa mendatang berpotensi tidak akan tercapai. Sementara berutang untuk menutup biaya kesehatan akan menimbulkan beban finansial, yang juga bisa mengganggu rencana keuangan di masa depan.

Mohamad Andoko, perencana keuangan dan presiden direktur OneShildt Financial Planning

Asuransi kesehatan yang perlu dimiliki saat pandemi

Oleh karena itu, Andoko berpendapat setiap orang yang sudah berpenghasilan perlu memiliki asuransi kesehatan. Ada beberapa kriteria asuransi kesehatan yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

1. Mencakup perlindungan penyakit pandemi

Pilihlah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan penyakit pandemi. Ini akan menghadirkan ketenangan bagi nasabah saat terkena penyakit pandemi, karena perusahaan asuransi akan memberikan penggantian biaya pengobatan sesuai ketentuan yang berlaku dalam polis. Sehingga, nasabah bisa fokus pada pengobatan agar segera pulih dari sakit.

2. Memberikan perlindungan yang tidak ditanggung kantor

Dewasa ini kantor juga menyediakan perlindungan kesehatan bagi karyawan berupa BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan swasta. Periksalah batasan perlindungan yang diberikan oleh tunjangan kesehatan dan asuransi kesehatan kantor. Setelah itu, jika dana memadai, carilah asuransi kesehatan pribadi yang memberikan perlindungan lebih lengkap dari yang ditawarkan kantor.

“Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, banyak perusahaan besar yang limbung. Sehingga, untuk berjaga-jaga, karyawan juga perlu menyiapkan perlindungan sendiri. Jangan tunggu sampai terkena penyakit berat baru beli asuransi, karena asuransi kesehatan tidak akan memberikan perlindungan terhadap pre-existing condition,” jelas Andoko.

3. Melindungi keluarga

Jika sudah berkeluarga, kamu juga perlu mencari asuransi kesehatan yang melindungi anggota keluarga, termasuk pasangan dan anak. Dewasa ini, beberapa asuransi juga menawarkan potongan premi jika terdapat beberapa tertanggung di dalam satu polis.

4. Memberikan santunan tunai

Beberapa perusahaan asuransi mengenakan sistem plafon dalam penggantian biaya rumah sakit. Ini menyebabkan manfaat asuransi hanya bisa menutup 80% hingga 90% dari total klaim. Untuk menutup kekurangan biaya, kamu bisa membeli asuransi kesehatan yang menawarkan cash plan atau santunan harian.

Santunan harian ini merupakan penggantian penghasilan yang hilang karena tertanggung sakit. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menutup sisa biaya yang belum diganti oleh asuransi kesehatan utama.

 

Baca juga: Pahami Cara Kerja Asuransi yang Dapat Menjawab Kebutuhan di Setiap Langkah Hidup

 

Alasan perlu memiliki asuransi kesehatan

1. Sudah bekerja

Sudah bekerja dan punya penghasilan merupakan alasan utama mengapa kamu perlu asuransi kesehatan. Sebab, saat punya penghasilan, kamu akan merencanakan masa depan dan mempersiapkan tabungan serta investasi untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga, asuransi kesehatan penting untuk mencegah kamu menggunakan aset tersebut saat sakit dan butuh biaya pengobatan.

Membeli asuransi kesehatan pribadi juga perlu dilakukan karyawan karena umumnya perlindungan yang ditawarkan asuransi kesehatan dari kantor terbatas. Lagipula, kamu tidak akan mengetahui sampai kapan kamu akan bekerja di perusahaan tersebut. Memiliki asuransi kesehatan pribadi akan membuatmu tidak terlambat memiliki proteksi.

2. Menjadi pengusaha

Sebagai pengusaha atau self-employed, di mana tidak ada perusahaan yang menyediakan proteksi kesehatan, menjadi alasan penting bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini tak hanya menyelamatkan finansialmu, tapi juga bisa menyelamatkan uang bisnis.

3. Sakit bisa menimpa siapa saja

Banyak orang berpikir asuransi kesehatan bukanlah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi selagi masih muda. Faktanya, tidak ada yang bisa mengetahui kapan akan sakit. Namun, kita bisa meminimalisir kerugian yang timbul jika sakit.

Terlebih di masa pandemi ini, di mana COVID-19 bisa menginfeksi semua kalangan masyarakat dari segala usia, baik tua maupun muda. Maka, ini menjadi alasan tepat bagimu untuk melindungi diri dengan memiliki asuransi kesehatan.

4. Sudah berkeluarga

Menikah, punya pasangan, lalu punya anak juga merupakan alasan mengapa kamu perlu asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bertanggung jawab memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga tercinta ketika jatuh sakit.

 

Baca juga: Memperingati Hari Keluarga Nasional, Saatnya Memilih Asuransi Keluarga yang Tepat

 

Jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan Allianz Indonesia yang menyediakan berbagai bentuk perlindungan disesuaikan dengan kebutuhan diri dan keluarga tercinta. Mari, lindungi masa depan diri sendiri dan keluarga. Jangan sampai terlambat!

 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan