Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Memperingati Hari Keluarga Nasional, Saatnya Memilih Asuransi Keluarga yang Tepat

29 Juni 2021 | Allianz Indonesia
Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memperingati Hari Keluarga Nasional. Salah satunya adalah dengan memberikan proteksi melalui asuransi yang tepat kepada keluarga. 

Setiap tanggal 29 Juni, Indonesia memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas). Harganas perlu diperingati untuk mendalami pentingnya peran keluarga bagi masyarakat Indonesia demi terwujudnya bangsa yang kuat.

Nah, salah satu cara untuk menjamin masa depan keluarga dan meningkatkan kualitas kehidupannya adalah dengan mempersiapkan perlindungan dari berbagai risiko kehidupan yang mungkin terjadi, salah satunya dengan memiliki proteksi asuransi. Dalam rangka memperingati Harganas 2021, berikut informasi yang perlu kamu ketahui dalam memilih asuransi yang tepat bagi keluarga.

 

Baca juga: #YUKPAHAMI Asuransi Jiwa Unit Link Syariah

 

Tips memilih asuransi keluarga yang tepat

1. Buat daftar anggota keluarga yang perlu dilindungi

Setiap orang, baik yang sudah menikah maupun masih lajang, pasti memiliki keluarga. Sehingga, asuransi menjadi produk finansial yang dibutuhkan oleh semua orang, baik yang sudah menikah dan berkeluarga maupun para lajang. Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam memilih asuransi keluarga ialah dengan membuat daftar anggota keluarga yang perlu dilindungi.

Bagi kamu yang masih lajang, anggota keluarga yang perlu dilindungi misalnya kamu sebagai pencari nafkah, kemudian orang tua dan saudara kandung yang belum dilindungi oleh asuransi, dan kerabat lainnya yang bergantung secara finansial padamu. Sementara jika kamu sudah berkeluarga, maka selain anggota keluarga yang sudah disebut di atas, maka kamu juga perlu memasukkan suami atau istri dan anak ke dalam daftar anggota keluarga yang perlu dilindungi.

2. Tentukan jenis asuransi yang diperlukan

Langkah kedua, tentukan jenis asuransi yang diperlukan keluargamu. Setiap pencari nafkah dalam keluarga memerlukan asuransi jiwa sebagai proteksi finansial apabila terjadi risiko. Selain itu, asuransi kesehatan pun akan turut dibutuhkan oleh pencari nafkah dan anggota keluarga lainnya yang tergantung secara finansial pada pencari nafkah.

3. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Idealnya, kamu perlu menyisihkan 10% dari gaji bulanan untuk pembayaran premi asuransi. Untuk menghemat biaya premi, kamu bisa mempertimbangkan asuransi yang memberikan keringanan premi atau diskon jika jumlah tertanggung lebih dari satu orang dalam satu polis. Strategi lainnya, kamu juga bisa mempertimbangkan asuransi tradisional untuk perlindungan optimal dan premi lebih terjangkau.

4. Cek perlindungan yang tersedia dari kantor

Hal ini diperlukan agar asuransi yang akan kamu beli tidak tumpang tindih dengan perlindungan yang disediakan oleh kantor. Karena, jika terjadi tumpang tindih, maka bisa-bisa kamu mengalami overinsured, yakni kondisi di mana kamu membeli perlindungan lebih dari yang dibutuhkan. Biasanya, kantor akan memberikan tunjangan kesehatan berupa BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan dari kantor untuk karyawan (asuransi kumpulan) dari penyedia asuransi swasta.

Kamu perlu menghitung manfaat dan syarat tunjangan kesehatan yang diberikan oleh kantor tersebut. Selain itu, pastikan pula beberapa hal, seperti apakah asuransi dari kantor memberikan perlindungan terhadap anak dan orang tua, apakah berlaku di luar negeri, apakah memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis, asuransi mobil untuk kendaraanmu, asuransi pendidikan untuk anak-anakmu, dan sebagainya. Setelah mengecek dengan sejumlah pertanyaan di atas, saatnya fokus memberikan asuransi kepada anggota keluarga yang belum terlindungi oleh asuransi dari kantor.

 

Baca juga: HUT ke-494, Jakarta Masih Menyimpan Keunggulan untuk Meningkatkan Taraf Hidup

 

5. Lindungi aset dengan asuransi kerugian

Selain membuat daftar anggota keluarga yang perlu dilindungi, kamu juga perlu membuat daftar aset yang perlu dilindungi oleh asuransi. Misalnya, jika kamu memiliki mobil, maka kamu perlu melindungi diri dan mobil dengan asuransi mobil comprehensive. Begitu pula jika kamu memiliki rumah dan apartemen, maka kamu perlu melindungi rumah tersebut dengan asuransi kerugian.

6. Metode pembayaran klaim asuransi yang mudah

Pilihlah produk asuransi yang menawarkan proses klaim yang mudah. Salah satu proses klaim yang mudah ialah adanya pusat bantuan 24 jam dan menyediakan proses klaim online. Dewasa ini, banyak perusahaan asuransi menyanggupi untuk membayar klaim nasabah paling lama 14 hari sejak pertama kali dokumen klaim masuk secara online.

7. Cek profil perusahaan asuransi

Terakhir, namun tak kalah penting, kamu perlu mengecek profil dan reputasi perusahaan asuransi di internet. Kamu bisa mencari apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi tepercaya, selalu mengutamakan kepentingan nasabah dalam hal pelayanan yang mudah dan proses klaim yang baik.

 

Baca juga: Dapatkah Kita Mengubah Jumlah Tanggungan dan Plan Manfaat pada Asuransi Kesehatan?

 

Jika saat ini kamu sedang mencari asuransi keluarga yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan SmartMed Premier, asuransi kesehatan keluarga dari Allianz Indonesia. Sebagai asuransi keluarga, SmartMed Premier mengkangkau wilayah hingga di seluruh dunia, memberikan manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan seperti rawat gigi, rawat jalan, dan persalinan.

Mari lindungi masa depan keluarga dengan asuransi sebagai bentuk tanda cinta terbaik untuk keluargamu. Selamat memilih!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan