Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Istilah-istilah virus Corona

Memahami Ragam Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Banyak dari kita pasti sudah menyadari pentingnya memiliki asuransi jiwa, tetapi banyaknya produk yang ditawarkan terkadang membuat kita menjadi bingung untuk memilih produk apa yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli asuransi jiwa, ada baiknya kita memahami jenis-jenis asuransi jiwa.

Pertama, adalah asuransi yang memberikan masa pertanggungan dalam jangka waktu tertentu misalnya 5, 10 atau bahkan 20 tahun sesuai dengan kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Asuransi seperti ini disebut dengan asuransi jiwa berjangka. Pada umumnya, premi asuransi jenis ini dibayarkan di muka dan dilakukan setiap tahun selama jangka waktu tersebut. Namun, apabila polis lapse (tidak aktif), manfaat akan berhenti dan nilai premi akan hangus. Contoh asuransi term life yang sering kita temui adalah asuransi jiwa kredit (credit life insurance), yang memberikan perlindungan asuransi jiwa selama jangka waktu kreditJika risiko meninggal dunia terjadi pada tertanggung asuransi atau dalam hal ini kreditur, pihak asuransi akan melunasi sisa pinjaman kepada debitur, sehingga tidak memberatkan pihak lain.

Kedua adalah asuransi yang dapat memberikan manfaat perlindungan seumur hidup. Pada umumnya manfaat perlindungan mencapai Tertanggung berumur 99-100 tahun. Asuransi ini disebut dengan asuransi whole life.  Keunggulan asuransi jenis ini yang membedakan dengan asuransi jiwa berjangka adalah selain memberikan perlindungan, juga memberikan nilai tunai yang dapat berfungsi sebagai tabungan dan juga yang memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup dengan tarif premi tetap sehingga tidak meningkat sejalan dengan bertambahnya umur Tertanggung. Pada produk asuransi whole life, apabila polis tidak lagi aktif sampai Tertanggung meninggal, pemegang polis masih mendapatkan nilai tunai yang dijanjikan dikurangi dengan biaya-biaya penutupan polis dan pembayaran premi yang tertunggak.

Terakhir, adalah asuransi dwiguna atau yang sering kita dengar dengan asuransi endowment yang memberikan manfaat ganda baik proteksi dan juga terdapat unsur tabungan. Produk asuransi jenis ini sering kita temui pada asuransi pendidikan. Keunggulan dari asuransi dwiguna adalah manfaat asuransi  yang pasti dan dijamin baik Tertanggung masih hidup sampai tanggal jatuh tempo atau meninggal sebelum tanggal jatuh tempo. Yang membedakan asuransi dwiguna dengan asuransi whole life adalah polis pada asuransi dwiguna dapat membentuk nilai tunai lebih cepat dibandingkan dengan asuransi whole life. Hal ini disebabkan oleh, pada asuransi dwiguna nilai tunai biasanya akan sama dengan uang pertanggungan pada jatuh tempo polis jadi tidak perlu menunggu hingga mencapai usia 99-100 tahun. Untuk itu, penting untuk kita mengetahui kebutuhan sebelum memiliki produk asuransi agar tidak salah membeli produk asuransi yang diinginkan.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan