Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Inilah Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh Melawan Virus Corona

02 April 2020 | Allianz Indonesia
Apa benar beberapa jenis makanan bisa meningkatkan imun tubuh dan membantu tubuh melawan virus corona? Penasaran dan mau informasi selengkapnya? Yuk, baca artikel ini!
Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejak virus COVID-19 menyebar, kita sudah banyak mendengar imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, tetap menjaga kebersihan diri, dan terus menjaga diri untuk menghindari sakit. Semua imbauan itu memang penting, lho!

Namun, adakah cara tertentu untuk kita semua meningkatkan imun tubuh? Kamu pasti tahu kan kekebalan imun tubuh memang berperan sangat penting untuk melawan virus secara efektif.

Tapi, kekebalan tubuh ini juga bisa dengan mudah dilawan, yang sayangnya secara tidak langsung lawannya adalah kebiasaan buruk kita sendiri seperti stres, kurang olahraga, dan tidak mengkonsumsi makanan yang sehat. Alhasil, tubuh tidak bisa secara efektif melawan berbagai virus ataupun bakteri yang menyerang.

Dengan kondisi saat ini di mana virus COVID-19 tengah menjadi wabah di berbagai negara ini, sangat penting lho untuk kita menjaga kekebalan imun tubuh. Tercatat per tanggal 7 Mei 2020 sudah terdapat 12.776 pasien positif virus corona dengan menyebabkan kematian terhadap 930 pasien sementara 2.381 tercatat telah sembuh. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu yang mampu meningkatkan ketahanan imun tubuh. Apa saja sih jenis-jenis makanannya?

Baca juga: Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Menghadapi Pandemi COVID-19

Nah, sebelum kita membongkar kulkas dan mendata semua makanan yang bisa bantu kamu, kita cari tahu dahulu tujuh vitamin dan manfaatnya untuk tubuh.

  1. Vitamin A, C, dan E meningkatkan sel darah putih dan membantu menangkap radikal bebas yang menghancurkan sel-sel kekebalan tubuh.
  2. Vitamin B membantu sistem kekebalan tubuh merespon lebih cepat.
  3. Vitamin D berkontribusi sintesis dan produksi zat anti-auto-imun.
  4. Seng dan Selenium membantu pembelahan sel darah putih.

Jenis Makanan Sehat yang Harus Kamu Konsumsi

Bawang Putih

Bawang putih sejatinya banyak kamu gunakan dalam bumbu masakan sehari-hari. Namun gak banyak yang tahu jika bawang putih memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ya, bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Kamu bisa memakannya mentah, dihaluskan, atau bisa ditambahkan ke sup. 

Bunga Lawang

Rempah berbentuk bunga ini mengandung shikimic acid yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi Tamiflu, obat yang biasa digunakan untuk mengatasi virus influenza. Jadi, bunga lawang Ini sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rebus saja bunga lawang dalam air dan tambahkan ke teh kamu seperti teh hijau atau teh hitam.

Jahe

Satu makanan lain lagi yaitu jahe. Jahe ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tumbuk jahe dan bunga lawang, dan larutkan dengan air hangat dengan menambahkan sedikit madu.

Baca juga: Kenali Serba-serbi New Normal agar Kamu Siap Menghadapinya

Minyak Kelapa

Kamu pasti biasa menemukan minyak kelapa di rumah. Nah, coba memasak makananmu dengan minyak kelapa murni dingin atau bahkan mentah. Asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalamnya sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

Resveratrol

Makanan yang kaya akan resveratrol juga baik untuk dikonsumsi. Seperti kacang tanah, pistachio, anggur merah, anggur putih, blueberrycranberry, stroberi, dan bahkan cokelat dan cokelat hitam sangat membantu memerangi infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stres, dan cedera.

Baca juga: Yuk,Mengenal Istilah-istilah Ini untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

Konsumsi Makanan Kaya vitamin C

Makanan kaya vitamin C seperti buah amla, paprika merah, paprika kuning, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan flu, hingga penyakit yang lebih berat seperti kanker dan jantung.

Coba deh buat sup dengan kombinasi satu buah ubi jalar, satu bawang putih, beberapa helai daun bawang, peterseli secukupnya, dan rosemary secukupnya. Campuran semua bahan ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu.

Herbal Anti-virus

Ramuan anti-virus seperti oregano, tulsi, thyme kering sangat bagus untuk kekebalan tubuh, dan dapat digunakan dalam teh atau kari untuk kesehatan pernapasan termasuk masalah lendir yang dapat menjadi "tempat berkembang biaknya bakteri dan patogen".

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor Setelah Lama WFH

Ikan untuk Meningkatkan Asupan vitamin D

Sebagai bantuan untuk meningkatkan asupan vitamin D, kamu harus konsumsi ikan seperti salmon, sarden, pilchard, trout, herring, kippers, dan belut yang mengandung vitamin D. Oh ya, sereal sarapan dan yogurt juga bisa jadi menu sarapanmu untuk menambahkan vitamin D.

Jadi, setelah ini kamu sudah tahu kan jenis-jenis makanan apa saja yang harus kamu konsumsi sebagai peningkat imun untuk melawan berbagai penyakit termasuk yang diakibatkan oleh virus corona. Selalu jaga konsumsi makananmu ya dan juga selalu jaga kesehatan di mana pun kamu berada.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan