6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor Setelah Lama WFH

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 18 September 2020 15:48:57 UNDUH BACA NANTI

Kapan ya balik kerja lagi di kantor? Kalau sudah harus kembali masuk kantor setelah lama WFH sudah tahu apa saja yang mesti dipersiapkan?

Kapan ya pandemi COVID-19 akan selesai? Semua orang hingga saat ini pasti mempertanyakan hal yang sama. Kurang lebih sudah hampir tiga bulan sejak himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah dan menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sejak saat itu, Work from Home alias WFH menjadi sebuah tantangan baru.

Para pekerja harus mulai beradaptasi bekerja dari rumah dengan kebiasaan-kebiasaan baru: Daily standup di pagi dan sore hari, laporan harian, serta meeting melalui berbagai platform komunikasi jarak jauh, sementara harus juga bisa membagi waktu untuk tetap menyelesaikan pekerjaannya.

Lalu, bagaimana cara Anda bisa bertahan melakukan WFH selama ini? Apakah Kamu juga termasuk yang lebih memilih untuk bekerja di kantor saja dibanding WFH? Apakah Kamu sendiri sudah siap jika perusahaan mengumumkan Kamu sudah bisa kembali bekerja di kantor?

Sebagai informasi, menurut The New York Times, beberapa perusahaan besar di Dunia seperti Amazon malah akan membiarkan karyawannya untuk bekerja dari rumah hingga Oktober. Sedangkan, Facebok dan Google sendiri menyatakan bahwa seluruh karyawannya boleh bekerja dari rumah hingga akhir tahun, meski mereka akan membuka kantornya saat musim panas untuk mereka yang memang ingin bekerja di kantor.

Harus Kamu ketahui, keputusan untuk meminta kembali karyawannya bekerja di kantor adalah sebuah keputusan besar bagi para perusahaan di tengah masa pandemi seperti ini. Ada banyak persiapan yang mesti Kamu lakukan bila memang harus kembali mulai bekerja di kantor setelah lama menerapkan WFH. Mau tahu apa saja?

Cek Kesehatan Anda

Selama bekerja di rumah, mungkin Kamu merasa tidak ada gangguan kesehatan yang terjadi dan sehat. Namun, di situasi dalam ketidakpastian ini ada baiknya hasil tersebut memang keluar dari diagnosa profesional yaitu dokter. Lakukanlah cek kesehatan kamu secara online, kecuali jika mendesak bisa datang langsung ke rumah sakit, bila perlu kalau sampai saat ini Kamu belum pernah memeriksakan diri untuk rapid test dan pemeriksaan swab, mintalah untuk diperiksakan.

Dengan mengetahui kondisi pasti kesehatan Kamu, bila memang ternyata hasilnya Kamu memiliki gangguan kesehatan, Kamu bisa sekaligus meminta izin kepada perusahaan untuk beristirahat atau tetap bekerja di rumah dahulu. Dan bila kondisinya baik, Kamu bisa akan lebih tenang bekerja sekaligus tahu bahwa tidak akan menularkan ke rekan kerja.

 

Baca juga: Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Melindungi Diri dari Virus Corona?

 

Tetap Terapkan Protokol Menjaga Kebersihan

Sebaiknya, sejak malam sebelum hari pertama kembali kerja siapkan peralatan-peralatan penunjang kebersihan dan kesehatan di dalam tas seperti masker, hand sanitizer, tisu basah antiseptik, tisu kering, hingga bila perlu handuk kecil. Semua peralatan ini sangat Kamu perlukan terlebih bila Kamu harus menggunakan transportasi umum untuk sampai ke kantor.

Ingat juga ya untuk berhati-hati dan tidak berusaha untuk menyentuh benda-benda di ruang umum. Bila memang harus menyentuh, setelahnya gunakan hand sanitizer untuk membersihkan kedua tangan Kamu. Hindari juga kontak langsung dengan orang-orang di sekitar ya dengan menjaga jarak aman.

Sesampainya di kantor, jangan lupa untuk membersihkan meja kerja Kamu. Perusahaan mungkin sudah melakukan deep cleaning process sebelumnya, namun Kamu juga harus tetap menjaga kebersihannya.

 

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Makanan yang Meningkatkan Imun Tubuh Melawan Virus Corona

 

Jaga Jarak Meja Kerja

Berbeda dengan sistem kerja sebelumnya, bila Kamu bekerja di kantor dengan tipe ruangan terbuka di tengah pandemi seperti ini perusahaan mungkin akan menerapkan penempatan ulang lokasi kerja Kamu. Tujuannya untuk menjaga jarak aman antara Kamu dengan rekan kerja lainnya. Sama saja penerapannya seperti social distancing dan PSBB yang telah Kamu terapkan.

Mulai Biasakan Kembali Kerja di Kantor Bukan Seperti Bekerja di Rumah

Selama WFH, kondisi tersebut bisa jadi adalah zona ternyaman Kamu, bisa menggunakan baju santai karena meeting pun mungkin Kamu tak perlu menampilkan wajah Kamu. Atau bisa jadi Kamu hanya menggunakan atasan formal tapi bawahannya masih dengan celana rumah. Mengubah kebiasaan formal kembali mungkin akan sulit untuk sebagian orang.

Saat mulai kembali ke kantor, sebaiknya dari rumah, Kamu kenakan baju berlengan panjang dan juga jaket, juga sediakan baju ganti di tas. Sebagai preventif dengan menggunakan baju berlengan panjang, Kamu akan terhindar bila harus tanpa sengaja kontak langsung dengan seseorang di jalan. Nah, sesampainya di kantor bisa ganti baju agar lebih bersih dan Kamu merasa lebih nyaman.

 

Baca juga: Ini 7 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Tengah Pandemi COVID-19

 

Ikuti Semua Peraturan dan Cara Kerja Baru

Setiap perusahaan tentunya akan mengambil langkah penyesuaian mengenai sistem kerja sejak sebelum masa pandemi, selama masa pandemi, hingga Kamu kembali diminta untuk bekerja di kantor lagi. Bila rutinitas sistem kerja ini berubah dengan sistem kerja baru, Kamu harus cepat beradaptasi dengan sistem baru tersebut. Memang bukan proses yang mudah dan bisa instan dilakukan. Tapi, Kamu harus menerimanya.

Satu tip yang bisa Kamu lakukan demi mempertahankan efektivitas kerja Kamu adalah cobalah tetap mempertahankan rutinitas kerja yang selama ini Anda lakukan. Misalkan, rutinitas Kamu biasanya membuat daftar pekerjaan di pagi hari atau pekerjaan penting lainnya, maka coba minta waktu di pagi hari untuk bekerja sendiri. Setelahnya, Kamu bisa mengatur kebutuhan lain seperti meeting internal, bertemu klien, dan yang lainnya dari siang hingga sore hari.

Bergantian Istirahat Makan Siang dan Pertahankan Physical Distancing

Biasanya, memang mudah saja Kamu bisa berkumpul bersama rekan kerja lainnya dan menikmati hidangan makan siang di pantry kantor atau di kantin. Perhatikan juga ya, apabila kondisinya banyak sekali orang yang berkumpul di saat itu, sebaiknya tunggu hingga lumayan sepi.

Sebaiknya, Kamu membawa bekal dari rumah dan bergiliran menggunakan pantry untuk makan siang. Selain lebih higienis makanan yang Anda bawa sendiri dari rumah, physical distancing ini akan membantu Kamu mencegah penyebaran virus. Jangan lupa membersihkan kedua tangan, alat makan, serta sterilkan juga meja dan kursi yang Kamu gunakan di pantry ya.

Tetaplah berhati-hati dan menerapkan sistem kesehatan dan keselamatan selama Kamu kembali bekerja di kantor ya. Begitu juga ketika Kamu kembali ke rumah.

Tagged with:
karir covid-19 kantor

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

08 Juli 2020 14:15:25

Inilah Sektor Industri yang Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir semua sektor industri terdampak oleh pandemi COVID-19. Industri mana yang dapat bertahan dan mana yang justru meningkat?

11 Mei 2020 11:27:31

Gerakan Solidaritas Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19

20 April 2020 10:33:06

Ini Nomor dan Situs Web yang Perlu Diingat Terkait Pandemi COVID-19