Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Demi Capai Resolusi Tahun Baru Tanpa Gagal

31 Januari 2020 | Allianz Indonesia
Boleh fokus dengan semua resolusi di tahun ini, tapi jangan sampai lengah! Ada hal-hal tertentu juga yang harus kamu pertimbangkan agar bisa capai resolusi tahun baru tanpa gagal.

Biasanya, tahun baru banyak dijadikan orang untuk mengambil langkah besar dalam hidupnya. Mau menata hidup lebih baik, mau makin sering liburan, punya badan ideal dan sehat, hingga mau dapat promosi di kantor. Tidak ada salahnya bukan punya mimpi setinggi mungkin. 

Awal tahun ini memang saat yang tepat untuk kamu memulai semua hal baik. Entah memulai dengan langkah kecil, atau juga langsung marathon hingga akhir. Semua bergantung dengan usaha dan komitmenmu.

Nah, sebelum kamu “berlari” mengejar semua mimpi di tahun ini, apa sudah tahu hal-hal yang bisa jadi penyebab semua rencanamu kadang tidak terlaksana sesuai rencana? Hal-hal tersebut tidak hanya datang dari luar diri kita saja lho. Terkadang justru tanpa disadari kegagalan terjadi karena hal kecil yang kita lakukan sendiri. 

Apa saja sih yang harus dipertimbangkan demi mencapai kesuksesan resolusi tahun baru kamu tanpa perlu gagal? Yuk, cari tahu!

 

Baca juga: Ini Daftar Liburan Tahun 2020, Mau Liburan Ke Mana?

 

1. Satu Hal dalam Satu Waktu

Dalam setahun, kamu hanya punya waktu selama 12 bulan. Dari 12 bulan ini berapa hal yang ingin kamu capai? Mau mengubah semua aspek dalam hidupmu sekaligus? Rasanya, itu bukan keputusan yang bijak. Bila kamu ingin mengubah hidup atau gaya hidupmu selama ini, jangan mencoba mengubah semuanya sekaligus.

Tak perlu punya banyak daftar, ada banyak aspek dalam hidupmu. Jalani satu resolusimu dalam satu waktu. Bila satu selesai, baru lanjutkan ke resolusi lainnya. Dengan melakukan perubahan kecil satu demi satu dari setiap aspek kehidupan kamu, kesempatanmu untuk mencapai gol besar akan lebih besar. 

2. Rencanakan Lebih Dahulu

Tak ada sukses, tanpa rencana. Jadi, salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan adalah jangan bergerak tanpa rencana. Paham dong seberapa pentingnya rencana? Rencana yang kamu buat ini harus dimulai dengan langkah awal yaitu proses penggalian semua informasi. Dari sana kamu baru bisa menentukan misi-misi apa yang harus kamu lakukan. 

Misalkan, kamu ingin memulai hidup sehat dengan membiasakan diri berolahraga. Sebagai langkah awal, kamu sebaiknya membaca banyak informasi metode apa yang lebih sesuai dengan kebiasaanmu selama ini. Lalu, sebelum berolahraga tentunya kamu juga harus mempersiapkan perlengkapan seperti pelatih (bila diperlukan), baju olahraga, tempat olahraga, dan lainnya. Kalau sudah terencana semua akan berjalan aman. Smooth!

 

Baca juga: 5 Tips Memotivasi Diri Usai Libur Akhir Tahun

 

3. Siap Antisipasi

Kemungkinan selalu ada. Dari setiap rencanamu, siapkan berbagai masalah yang bisa saja terjadi. Bisa antisipasi masalah bisa juga antisipasi kalau resolusi kamu berjalan dengan cepat. 

Dengan pemetaan masalah yang mungkin nantinya akan kamu hadapi, jika masalah itu benar-benar terjadi kamu sudah siap untuk melakukan antisipasinya. Kalau tidak ada antisipasi yang kamu persiapkan, alhasil nantinya kamu akan panik dan tidak efektif mengambil solusi.

4. Mau Mulai Kapan?

Nah, mau mulai kapan resolusi tahun ini? Tidak harus kamu mulai di awal tahun, lho. Setiap misi dari setiap gol itu harus punya timeline dan jadwal sendiri. Dan tak perlu semuanya diburu-buru.

Jadi kapan waktu yang tepat? Tentu saja ini bergantung dari kesiapan rencana dan langkah antisipasi yang kamu buat dari setiap resolusimu. Kalau keduanya sudah siap, waktunya menunggu kesiapan dirimu pribadi untuk memulai dan berkomitmen. You’ll know when it is when the time comes.

 

Baca juga: Yuk, Mulai Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat

 

5. Jangan Benci Kegagalan

Gagal itu biasa. Banyak orang sukses merasakan kegagalan berkali-kali. Jadi, saat kamu mengalami kegagalan jangan malah menyalahkan dan membenci dirimu. Cari apa pemicu yang membuatmu akhirnya melakukan hal yang membuat rencana itu gagal. Misal, kamu ingin menabung untuk membeli mobil, tapi suatu hari diskon besar malah membuatmu berbelanja dengan uang tabungan itu. 

Lain waktu, bila kamu belum kuat menahan godaan, sebaiknya hindari mendatangi toko-toko yang kamu suka barangnya dan rela berbelanja dalam jumlah besar. 

Salah satu kunci sukses adalah ketekunan. Jadikan kegagalan sebagai pemantik semangatmu.

6. Rewards Yourself

Setiap hasil tentu karena ada usaha. Kalau usaha yang kamu lakukan berhasil, jangan ketinggalan memberikan hadiah untuk dirimu sendiri. Self-rewarding ini juga sebagai wujud perhatianmu pada diri sendiri, lho. Hadiah kecil ini akan jadi dorongan semangat untuk kamu memulai misi-misi yang baru lagi. 

Apa pun resolusi dan keinginanmu di tahun ini, berdoalah untuk hal-hal yang terbaik bagi mimpimu. Teruslah bermimpi dan berusaha sekuatmu. Percayalah, setiap hasil yang kamu dapatkan tidak akan pernah mengkhianati usahamu. Tetap semangat ya!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan