Klaim asuransi mobil

Bisakah Klaim Asuransi Mobil Akibat Kerusuhan?

12 September 2025 | Allianz Indonesia
Kerusuhan, huru hara, maupun terorisme dan  sabotase merupakan risiko yang seringkali tidak terduga. Dalam kondisi seperti ini, kerusakan pada kendaraan bisa terjadi, mulai dari kaca yang pecah, body mobil penyok, hingga kehilangan kendaraan akibat diambil paksa. Jika tidak memiliki perlindungan finansial yang memadai, seperti asuransi kendaraan untuk mobil, kerugian akibat huru-hara bisa sangat memberatkan.

Maka dari itu, di sinilah pentingnya memiliki asuransi kendaraan dengan perlindungan yang komprehensif, sehingga kamu dapat berbagi risiko atas beban finansial akibat adanya kerusakan mobil dengan pihak asuransi.

Pelajari selengkapnya tentang apa saja yang ditanggung dalam sebuah polis asuransi kendaraan serta tips memilihnya.

Secara umum, asuransi kendaraan biasanya mencakup perlindungan dasar terhadap risiko seperti kecelakaan, pencurian, atau kerusakan akibat tabrakan. Menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), asuransi kendaraan merupakan perlindungan terhadap kerugian dan kerusakan pada kendaraan bermotor.

Sementara itu, perlindungan akibat huru-hara, kerusuhan, maupun terorisme dan sabotase bisa dipilih sebagai perlindungan tambahan atas polis dasar. Dengan begitu, jawaban atas pertanyaan “Apakah Asuransi Kendaraan Bisa Menanggung Kerusakan Akibat Kerusuhan?” adalah “Ya”.

Asalkan kamu sebagai pemilik kendaraan sudah memilih polis asuransi kendaraan yang komprehensif dan menambahkan perluasan khusus yang mencakup risiko kerusuhan, huru-hara, terorisme, maupun sabotase. 

Dengan begitu, jika kendaraan rusak akibat aksi massa, kamu tetap dapat mengajukan klaim asuransi mobil sesuai ketentuan yang berlaku dalam polis.

Dikutip dari AAUI, menambahkan perlindungan kerusuhan dalam asuransi kendaraan memberikan beberapa manfaat penting, di antaranya:

Biaya perbaikan akibat kerusuhan atau huru-hara sering kali lebih tinggi dibanding kecelakaan biasa. Perlindungan tambahan dari asuransi kendaraan akan membantu meringankan beban biaya tersebut.

Memang tidak ada orang yang mengharapkan atau membayangkan mobilnya akan jadi korban kerusuhan atau huru-hara. Namun, dengan menambahkan perlindungan ini, kamu tidak perlu khawatir ketika mobil menjadi sasaran dari pihak ketiga jika terjadi kejadian yang tak terduga. Pasalnya kerusakan yang ditimbulkan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Tidak semua produk asuransi mobil menawarkan perlindungan yang sama. Untuk memastikan kendaraan kamu benar-benar terlindungi, pastikan polis yang dipilih memiliki ciri-ciri berikut:

  • Perlindungan luas: Tidak hanya kecelakaan, tetapi juga mencakup banjir, pencurian, kebakaran, serta risiko pemogokan, kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaringan bengkel yang luas: Memudahkan kamu melakukan perbaikan dengan standar kualitas yang terjamin.
  • Bantuan darurat 24 jam: Sangat penting jika mobil kamu mogok atau mengalami kerusakan di tengah jalan.
  • Layanan klaim mudah dan transparan: Prosedur yang jelas membuat pengajuan klaim asuransi kendaraan lebih cepat dan tidak berbelit.

Setelah mengetahui ciri-ciri asuransi kendaraan yang komprehensif, saatnya kamu memahami dengan baik tips memilih asuransi kendaraan yang tepat.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips saat mencari asuransi mobil terbaik, menurut Money Helper:

Coba pikirkan dan jawab pertanyaan ini; Apakah mobil digunakan setiap hari di kota besar dengan risiko tinggi, atau hanya sesekali di daerah yang relatif aman? Selain itu, apakah wilayah perumahan kamu atau mobilitas kamu sering melewati daerah rawan banjir?

Jawaban kamu akan memengaruhi jenis polis yang sebaiknya dipilih.

Tidak ada salahnya untuk membandingkan beberapa produk asuransi sebelum memilih. Pelajari ragam manfaat, premi, serta syarat dan ketentuan setiap polis sebelum memutuskan.

Baca dengan saksama bagian pengecualian agar kamu tahu risiko apa saja yang tidak ditanggung. Seperti yang telah dipaparkan di atas, perlindungan atas kerusuhan dan huru-hara adalah jaminan tambahan, dengan kata lain tidak ada dalam polis dasar.

Pastikan perusahaan memiliki reputasi baik, layanan klaim responsif, serta jaringan bengkel luas. Proses klaim asuransi kendaraan yang cepat dan mudah akan memberikan ketenangan, serta memastikan mobil mendapatkan perhatian maksimal jika terjadi hal-hal tak terduga.

Contohnya seperti perlindungan atas huru-hara. Selain itu kamu mungkin juga membutuhkan perlindungan terhadap bencana alam, banjir, atau tanggung jawab pihak ketiga.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, memang ada asuransi kendaraan yang mencakup manfaat tersebut? Ada, kok! Allianz MobilKu menawarkan perlindungan komprehensif, mulai dari pencurian kendaraan, perlindungan banjir, perlindungan terhadap kerusuhan, huru-hara, pemogokan, terorisme dan sabotase, bantuan darurat 24 jam, hingga jaringan bengkel resmi yang tepercaya. Kamu juga bisa memilih paket perlindungan, di antaranya:

  1. Mobilku Eco: perlindungan ekonomis yang sesuai kebutuhan.
  2. Mobilku Grand: perlindungan lengkap dan tanpa ribet.
  3. Mobilku Non Paket: perlindungan yang paling fleksibel, di mana kamu bisa memilih manfaat sesuai kebutuhan.

Selain pilihan paket tersebut, Allianz Mobilku juga menawarkan dua macam pilihan perlindungan, yaitu comprehensive dan  total loss only (TLO). Asuransi kendaraan comprehensive memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Sedangkan, total loss only hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat akibat kecelakaan dan membutuhkan biaya perbaikan di atas 75% dari harga kendaraan, dan kehilangan kendaraan.

Produk ini juga memberikan layanan lengkap, termasuk  layanan klaim digital Allianz MobilKu, layanan Emergency Road Assistance 24 jam,  jaringan bengkel yang luas dan AllianzCare yang siap melayani 24 jam 7 hari. 

Itu dia pemaparan tentang pentingnya memiliki asuransi mobil. Kerusuhan dan huru-hara merupakan risiko nyata yang bisa merugikan pemilik kendaraan. Tanpa perlindungan yang tepat, biaya perbaikan mobil bisa sangat membebani.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Jul 11, 2025

Jul 10, 2025