Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

4 Hal Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan untuk Menikah di Tengah Pandemi COVID-19

23 Juli 2020 | Allianz Indonesia
Tak perlu ditunda atau dibatalkan, kamu masih bisa menikah di tengah pandemi COVID-19. Asalkan, pertimbangkan juga hal-hal berikut ini!

Selama pandemi COVID-19, banyak rencana besar kamu yang mungkin batal atau tertunda. Mulai dari traveling bahkan hingga rencana your big day yaitu pernikahan. Padahal, untuk rencana menggelar pernikahan itu saja, banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Lalu, kalau harus ada perubahan di tengah jalan tentu saja bisa jadi kekecewaan besar. Belum lagi kalau harus menanggung risiko kehilangan biaya dari semua vendor yang dipesan.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kamu pasti memikirkan banyak hal dan harus melakukan apa saja untuk meminimalisir segala risiko buruk bila hari pernikahan harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Kalau sudah begini, apa yang akan kamu lakukan?

Well, kalau keputusanmu tak ingin menunda hari pernikahan dan tetap ingin menggelar pesta pernikahan di tengah pandemi artinya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Apa saja sih?

Demi membantu kamu untuk tetap menggelar hari besar bahagiamu ini, tentu saja kamu harus siap menguras tenaga dan waktu kamu dua kali lipat untuk menyusun semua rencana dengan matang. Kami sudah kumpulkan beberapa poin utama yang harus kamu prioritaskan mengenai hari besar ini.

 

Baca juga: Ini 4 Alasan Utama Pentingnya Menyiapkan Kebutuhan Dana Pensiun Sejak Muda

 

1. Pahami Segala Peraturan Keselamatan yang Ada

Kami tahu bahwa di hari bahagia kamu ini, kamu ingin tak hanya dirimu yang bisa merasakan kebahagiaannya. Namun, kamu juga ingin semua keluarga besar, teman terdekat, bahkan hingga rekan kantormu ikut bahagia. Tapi, hal prioritas dari semua itu adalah keselamatan dan kesehatan semua orang. Risiko besar bisa saja terjadi dan menyebabkan penyebaran semakin besar. Maka, sangat penting bila semua aspek pendukung di acara pernikahanmu ini patuh mengikuti segala peraturan keselamatan yang ada.

2. Buat Rencana Ulang dengan Semua Tim: Tempat, Katering, Pengisi Acara, Video dan Fotografer

Bisa jadi rencana pernikahanmu telah melibatkan banyak vendor mulai dari tempat resepsi, catering, pengisi acara, video dan fotografer. Bila pernikahan yang ingin kamu gelar tetap mengadakan pesta, maka kamu harus mulai kembali mempertimbangkan kehadiran mereka. Pastikan semua vendor pun nantinya menerapkan peraturan keselamatan dan kebersihan selama acara.

Agar semua tamu dan penyelenggara pun bisa nyaman, pastikan lokasi pernikahan sudah dilengkapi dengan hand sanitizer serta sarana mencuci tangan. Selain itu, lokasi pernikahan juga harus disemprot dengan desinfektan sebelum dan sesudah resepsi berlangsung. Dan sebaiknya hindari juga jamuan makan prasmanan.

 

Baca juga: Di Masa Transisi, Tak Perlu Buru-Buru Beraktivitas di Luar Rumah

 

3. Utamakan Keselamatan Tamu

Dalam keinginanmu, tentu kamu ingin mengundang semua kerabat dan keluarga besar untuk bisa hadir. Namun, di tengah pandemi dan larangan untuk bepergian tentu saja ada banyak keterbatasan. Kamu harus memaklumi bila keluarga yang ada di luar kota pun akhirnya tidak bisa datang. Demi mengikuti peraturan yang ada dan pembatasan pengumpulan orang, sebaiknya acara yang kamu gelar tidak lebih dari batas yang ditentukan yaitu sekitar 20-23 orang.

4. Pertimbangkan Virtual Wedding

Selama pandemi ini, tentu kamu tahu bahwa sebaiknya orang tua dan anak kecil tidak boleh bepergian dan berkumpul di tempat ramai. Sudah bisa dipastikan keluarga dekatmu yang lebih tua dan anak-anak pun tidak bisa ikut hadir. Belum lagi, beberapa tamu yang bisa jadi belum begitu nyaman untuk datang ke pesta. Beruntungnya di era teknologi sekarang, sangat mudah untuk kamu menggelar acara akad hingga resepsi pernikahan secara online.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Zoom atau live di beberapa media sosial selama acara berlangsung. Dengan begitu semua orang-orang terdekatmu masih bisa melihat semua acara berlangsung dan momen pernikahan kamu pun bisa tetap diabadikan.

Memang akan banyak sekali persiapan yang harus kamu lakukan dan juga hal-hal prioritas yang harus diperhatikan. Namun, demi hari bahagiamu bersama pasangan ini tentunya akan selalu ada cara untuk mengabadikannya.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan