Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

#YUKPAHAMI Pertanggungan Tambahan Non Kesehatan di Asuransi Jiwa Unit Link 

08 Juli 2021 | Allianz Indonesia
Selain Pertanggungan Tambahan kesehatan, terdapat pula pilihan Pertanggungan Tambahan non kesehatan yang tersedia untuk melengkapi kebutuhan perlindungan yang komprehensif di luar Manfaat Asuransi jiwa dasar dalam Polis asuransi jiwa unit link dengan tipe pembayaran Premi Berkala. Agar Premi yang dibayarkan sesuai dengan kebutuhan nilai perlindungan jangka panjang, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih Pertanggungan Tambahan non kesehatan yang tepat.

Apabila rencana keuangan jangka panjang Anda ingin dapat terlindungi dalam Manfaat Asuransi, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memaksimalkan nilai Uang Pertanggungan serta jumlah Pertanggungan Tambahan dalam Polis. Sebaliknya, apabila Polis asuransi yang dimiliki sudah cukup banyak, tentunya Anda harus lebih bijaksana dalam menentukan nilai Manfaat Asuransi agar sesuai dengan kebutuhan dan rencana jangka panjang. 

Pilihan Pertanggungan Tambahan Cacat Tetap Total

Pertanggungan Tambahan cacat tetap total dipilih sebagai antisipasi beban finansial seperti hilangnya penghasilan jika sudah tidak mampu bekerja saat menderita cacat tetap total. Cacat tetap total yang dimaksud adalah ketidakmampuan Tertanggung untuk ambil bagian dalam pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan selama lebih dari 180 hari sebagai akibat dari kecelakaan, penyakit atau kehilangan fungsi anggota tubuh seumur hidup. Kehilangan fungsi anggota tubuh berarti kehilangan fungsi secara total dan permanen dari anggota-anggota tubuh sesuai yang dipertanggungkan dalam Polis. Sebaiknya, dalam menentukan nilai Uang Pertanggungan cacat tetap total agar diperkirakan dulu kebutuhan kisaran biaya rehabilitasi (jika perlu) atau berapa lama biaya hidup bulanan dapat terpenuhi selama tidak bekerja. Perhatikan juga hal-hal yang dikecualikan untuk manfaat cacat tetap total, ketentuan klaim, serta ketentuan kehilangan fungsi anggota tubuh apa saja yang dipertanggungkan dalam Polis.

Baca juga: 
#YUKPAHAMI Manfaat Asuransi Jiwa Unit Link agar Sesuai Kebutuhan Perlindungan

Pilihan Pertanggungan Tambahan Jiwa

Pertanggungan Tambahan jiwa dipilih sebagai tambahan nilai warisan untuk antisipasi beban finansial saat pencari nafkah dalam keluarga meninggal dunia. Pertanggungan Tambahan jiwa ini tersedia dalam produk asuransi jiwa unit link tertentu dan memiliki Masa Asuransi Pertanggungan Tambahan yang lebih singkat dari Masa Asuransi jiwa dasar. Sebaiknya, dalam menentukan nilai tambahan Uang Pertanggungan jiwa agar diperkirakan dulu apakah nilai Uang Pertanggungan jiwa dasar sudah mencukupi kisaran berapa lama biaya hidup bulanan bagi keluarga yang ditinggal dapat terpenuhi saat pencari nafkah meninggal dunia. Perhatikan juga hal-hal yang dikecualikan untuk manfaat meninggal dunia dalam Polis dasar dan ketentuan klaim.

Pilihan Pertanggungan Tambahan Jiwa dan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan

Tersedia juga pilihan Pertanggungan Tambahan jiwa dan cacat tetap akibat kecelakaan sebagai solusi perlindungan ganda untuk tambahan nilai warisan atau antisipasi beban finansial jika menderita cacat tetap akibat kecelakaan (mana yang lebih dulu terjadi). Selain manfaat cacat tetap total, terdapat juga manfaat cacat tetap sebagian berupa persentase Uang Pertanggungan sesuai ketentuan kehilangan fungsi salah satu anggota tubuh yang dipertanggungkan dalam Polis. Perhatikan juga hal-hal yang dikecualikan untuk manfaat cacat tetap dan manfaat meninggal dunia, ketentuan klaim, serta ketentuan kehilangan fungsi anggota tubuh apa saja yang dipertanggungkan dalam Polis.

Pilihan Pertanggungan Tambahan untuk Pembayar Premi atau Pasangan

Saat Pembayar Premi atau pasangannya sebagai pencari nafkah meninggal dunia, Pertanggungan Tambahan ini dipilih sebagai antisipasi beban finansial agar pembayaran Premi tidak terputus. Manfaatnya berupa Premi yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi hingga seolah – olah Pembayar Premi atau pasangannya mencapai usia tertentu. Perlu diingat bahwa nama Pembayar Premi atau pasanganya yang dipertanggungkan harus berbeda nama dengan Tertanggung dalam Polis dasar. Perhatikan juga hal-hal yang dikecualikan dan ketentuan mulai berlakunya manfaat Pertanggungan Tambahan ini.

Hal lain yang perlu diingat untuk setiap penambahan Pertanggungan Tambahan sesuai nilai manfaat, usia dan jenis kelamin akan menimbulkan Biaya Asuransi yang dibebankan pada unit investasi serta berdasarkan kecukupan Premi. Biaya Asuransi pun akan meningkat sepanjang meningkatnya usia Tertanggung. Sehingga, sesuaikanlah kemampuan finansial dalam menentukan jumlah Premi.

Dalam asuransi jiwa unit link Syariah, pilihan Manfaat Tambahan juga tersedia. Hal-hal tersebut yang dapat jadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli asuransi jiwa unit link.

Baca juga:

#YUKPAHAMI Asuransi Jiwa Unit Link Syariah

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan