Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Mengenal Sejarah Asuransi di Dunia

#YUKPAHAMI 
Pentingnya Mengingat Polis
Asuransi Jiwa Unit Link yang Dimiliki

30 Juli 2021 | Allianz Indonesia

Setelah mendaftar dan memiliki Polis asuransi jiwa unit link, beberapa orang mungkin saja perlahan-lahan melupakannya dari ingatan setelah Polis disimpan di dalam tempat penyimpanan dan tidak dipernah dibuka lagi. Umumnya, hal ini bisa terjadi sebab banyak yang menganggap asuransi sebagai perlindungan jangka panjang yang akan berguna di masa depan sehingga tak sengaja terlupakan untuk saat ini.

Apabila kamu termasuk yang memiliki kebiasaan lupa akan Polis yang dimiliki, artikel ini penting untuk kamu baca!

Berbagai faktor memengaruhi mengapa seseorang dapat melupakan Polis asuransi yang mereka miliki. Biasanya, Polis asuransi sudah dimiliki selama bertahun-tahun lamanya, misalnya saja Polis asuransi jiwa unit link yang hadir memberikan solusi perlindungan untuk rencana keuangan masa depan melalui Manfaat Asuransi disertai manfaat investasi. Sebagai perlindungan jangka panjang yang tidak selalu dibutuhkan dalam keseharian, lebih mudah untuk lupa akan Polis asuransi jiwa unit link yang dimiliki.

Selain itu, mungkin juga seseorang memiliki banyak produk asuransi sehingga kurang teliti dalam mengetahui dan mengingat apa saja Polis asuransi yang dimiliki. Walaupun tidak terlihat signifikan, kebiasaan lupa punya Polis asuransi sebenarnya dapat merugikan Pemegang Polis. Dengan melupakan dan tidak memerhatikan Polis yang kita punya, hak-hak dan kewajiban antara Pemegang Polis dan perusahaan asuransi otomatis ikut terlupakan.

Padahal, memahami dan senantiasa mengingat berbagai ketentuan Pasal pada Polis asuransi dapat memberi rasa aman dan tenang akan perlindungan masa depan. Termasuk juga untuk para Pemegang Polis asuransi jiwa unit link.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak mudah melupakan Polis asuransi jiwa unit link yang dimiliki: 

1.      Pahami dan pelajari produk asuransi jiwa unit link yang dimiliki

Sudah seharusnya kita mempelajari terlebih dahulu detil produk asuransi jiwa unit link sebelum kita membeli produknya. Pasal-pasal pada Polis asuransi jiwa unit link juga wajib dipahami dengan teliti untuk memastikan hak-hak dan kewajiban yang terkandung di dalamnya. Perlu diperhatikan klausul-klausul seperti Manfaat Asuransi, Biaya, Dana Investasi yang ada pada Polis. Tidak perlu dilakukan secara terburu-buru, umumnya masa mempelajari Polis memiliki jangka waktu 14 hari kalender sejak tanggal diterimanya Polis oleh calon nasabah. 

Baca juga: #YUKPAHAMI Klausul Dalam Pasal di Polis Asuransi Jiwa Unit Link


2.       Pastikan data dan informasi diri telah diisi dengan benar dan lengkap

Sangat penting untuk memastikan bahwa data Pemegang Polis dan Tertanggung telah dicantumkan dengan benar dan lengkap.  Polis merupakan dokumen legal yang mengikat sehingga penting sekali untuk mencermati apakah data dan informasi yang diisi sudah sesuai dengan nilai manfaat pertanggungan yang diajukan serta kesesuaian identitas atas Pemegang Polis, Tertanggung dan Penerima Manfaat, maupun alamat korespondensi yang berlaku dan informasi lainnya.

3.      Catat detil kepemilikan Polis

Memiliki catatan pribadi atas kepemilikan Polis dapat membantu untuk senantiasa mengingat Polis asuransi yang kita miliki khususnya apabila kita memiliki beberapa Polis. Hanya cukup mencatat rangkuman Polis seperti nomor Polis, data Pemegang Polis, Tertanggung atau Penerima Manfaat, dan tanggal jatuh tempo Premi. Catatan ini dapat merangkum informasi penting dari Polis tanpa kita harus selalu mengingatnya.

4.      Ajak anggota keluarga

Sebagai solusi perlindungan masa depan, sebaiknya Pemegang Polis asuransi jiwa unit link turut melibatkan keluarga misalnya sebagai Penerima Manfaat atau Tertanggung. Hal ini agar anggota keluarga turut paham akan Polis asuransi yang dimiliki dan dapat membantu mengingatkan apabila terjadi risiko di masa depan saat Polis dibutuhkan.

5.      Simpan dengan aman di tempat yang sering dilihat

Tidak hanya wajib untuk disimpan di tempat yang aman, Polis asuransi jiwa unit link sebaiknya disimpan di tempat yang dapat selalu kita ingat atau yang sering terlihat. Dahulu, mungkin kita bisa menyimpannya di safety deposit box dengan dokumen penting lainnya namun sekarang, transformasi digital memudahkan kita untuk mengakses Polis secara online sehingga dapat lebih mudah diingat dan dicari.  Allianz Indonesia, melalui portal Nasabah Allianz eAZy Connect, memberikan akses mudah bagi Nasabah untuk memantau dan mengelola Polis secara online di mana dan kapan saja.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan