Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

#YUKPAHAMI Asuransi Jiwa Unit Link

#YUKPAHAMI
Asuransi Jiwa Unit Link: Perhatikan Manfaat Asuransi nya

11 Mei 2021 | Allianz Indonesia

Saat ini masih banyak dijumpai bahwa masyarakat membeli produk asuransi jiwa unit link karena tertarik dengan manfaat investasinya. Alhasil, kebanyakan masyarakat yang membeli produk asuransi jiwa unit link sibuk memperhatikan pergerakan Nilai Investasinya dibandingkan Nilai Manfaat Asuransi dalam Polis asuransi jiwa unit link yang dimilikinya. Padahal pada dasarnya, unit link adalah produk asuransi jiwa dengan keutamaan manfaat asuransi untuk perlindungan jangka panjang.

Karena unit link adalah produk asuransi jiwa, yang perlu benar-benar kita perhatikan adalah apa saja Manfaat Asuransi nya, seperti Uang Pertanggungan manfaat meninggal dunia ataupun pilihan Pertanggungan Tambahan untuk penyakit kritis, cacat tetap, penggantian biaya rawat inap di rumah sakit dan lain sebagainya (apabila ada) sesuai kebutuhan perlindungan asuransi. Jika ditilik lebih lanjut, justru dengan mengoptimalkan sisi perlindungan asuransi sebenarnya kita mengantisipasi terhadap kerugian finansial apabila risiko kehidupan menimpa di kemudian hari. Perlu diingat bahwa potensi Nilai Investasi yang terbentuk tidak dijamin nilainya dan tergantung dari kinerja Dana Investasi yang dipilih serta risiko pasar. Potensi Nilai Investasi yang telah terbentuk secara jangka panjang dapat digunakan untuk kebutuhan keuangan di masa depan, contohnya untuk dana di masa tua.

Sebagai Pemegang Polis asuransi jiwa unit link, kita diwajibkan untuk mengetahui apa saja manfaat dan ketentuan yang tercantum dalam Polis, serta membayar Premi rutin untuk tipe unit link dengan pembayaran Premi Berkala. Yang harus kita ketahui terutama untuk unit link dengan tipe pembayaran Premi Berkala adalah bahwa Premi yang kita bayarkan akan dikenakan Biaya Akusisi untuk tahun Polis tertentu, dan sisa nya dialokasikan ke dalam unit investasi sesuai Dana Investasi yang dipilih dan profil risiko investasi kita. Unit investasi akan dikenakan Biaya Asuransi, Biaya Administrasi dan biaya lainnya apabila ada. Biaya Asuransi akan meningkat sepanjang meningkatnya usia Tertanggung dalam Polis. Unit link pun memiliki fitur fleksibilitas berupa pengalihan Dana Investasi sesuai keinginan.

Nah, setelah kita lebih memahami asuransi jiwa unit link, diharapkan kita pun dapat bijaksana dalam mengukur apakah nilai Manfaat Asuransi dalam Polis sudah cukup untuk perlindungan jangka panjang.

Sangat bisa dipahami bahwa masyarakat di Indonesia masih merasa lebih penting berinvestasi atau menabung dalam menyisihkan pendapatannya. Namun, tentunya dengan memiliki perlindungan dari asuransi juga mutlak dibutuhkan agar apapun tujuan finansial tidak terganggu saat risiko kehidupan menimpa yang mungkin membutuhkan biaya besar.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan