Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Yuk, Mulai Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat!

08 Januari 2020 | Allianz Indonesia
Mau membuat resolusi tahun baru? Yuk, mulai berbagai kebiasaan sehat yang ringan, dan cari tahu bagaimana cara agar kamu bisa konsisten melakukannya.

Setiap tahun, semua orang pasti berlomba-lomba membuat resolusi untuk hidup sehat. Mulai dari mau diet, makan sehat, atau pokoknya harus lebih rajin berolahraga.

Tapi masalahnya, kebanyakan semua resolusi ini hanya bertahan paling lama hingga akhir Januari atau Februari. Setelahnya, mereka kembali dengan pola hidup yang sama.

Kesehatan itu mahal harganya. Nah, menjelang akhir tahun ini, apa yang sudah kamu pikirkan untuk kesehatanmu di tahun depan? Apa saja ya hal seru yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu di tahun depan?

Daripada PHP terus karena bikin resolusi segudang, tapi realisasinya lebih sering, “Diet mulai besok saja deh!” atau “Olahraganya besok saja ah, capek banget hari ini.” Mending mulai bikin resolusi untuk memulai kebiasaan sehat yang ringan, dan cari tahu bagaimana cara agar kamu bisa konsisten melakukannya.

 

Baca juga: Bingung Memilih Rumah atau Apartemen? Cek Pertimbangan berikut

 

Memang cara ringan memulai hidup lebih sehat apa saja, sih? Tentu saja hal-hal kecil yang sebenarnya selama ini sudah kamu lakukan, tapi sayangnya sering kali terlewat. Jadi, yuk, mulai hari ini janji untuk:

1. Minum segelas air putih setiap kali kamu baru bangun tidur.

Air merupakan nutrisi penting. Dari hasil penelitian yang dilakukan Jéquier E dari Department of PhysiologyUniversity of Lausanne, Pully, Switzerland, air dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuhmu dan menghilangkan kotorannya.

2. Sehari dalam seminggu kamu akan mencoba makan buah-buahan. 

Kebiasaan mengonsumsi buah memberikan banyak manfaat kesehatan. Menurut USDA Center for Nutrition Policy & Promotion, orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan cenderung mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuhmu. Mengonsumsi buah-buahan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, melindungi dari jenis kanker tertentu, dan dapat membantu meningkatkan asupan serat dan kalium yang merupakan nutrisi penting.

 

Baca juga: Ingin Naik Gaji, Gimana Strateginya?

 

3. Setiap kali acara ngopi atau ngeteh, kamu tidak akan menambahkan gula di gelasmu.

Dilansir dari Medical News Today, mengurangi asupan gula dan makan makanan yang sehat dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, memiliki lebih banyak energi sepanjang hari, memiliki kulit lebih cerah, terhindar dari perubahan suasana hati, mengurangi peradangan, mengurangi risiko kondisi pencernaan kurang baik, hingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Melakukan aktivitas di luar ruangan 10 menit setiap harinya.

Harvard Health Publishing mencatat bahwa aktivitas fisik membantu mengurangi stres dan mencegah beberapa kasus depresi. Apalagi bila ditambah dengan berolahraga yang akan bantu kamu mengurangi kecemasan. Karena, jika kamu rutin melakukan aktivitas di luar ruangan secara konsisten, itu akan membantumu mengurangi rasa cemas.

5. Buat daftar lagu yang upbeat yang bisa membuat tubuhmu ingin bergerak.

Ada hasil satu eksperimen menarik yang dilakukan oleh Waterhouse J, Hudson P, Edwards B, dari Research Institute for Sport and Exercise Sciences, Liverpool John Moores University, Henry Cotton Campus, Liverpool, Inggris. Ketika mendengarkan musik yang upbeat, musik tersebut bisa memotivasi kamu untuk berolahraga lebih semangat lagi.

Mudah, bukan? Nah, sekarang di tahapan kedua bagaimana caranya kamu bisa konsisten? Sebab, konsistensi inilah yang justru lebih penting. Jadi, yuk kita cari tahu caranya untuk bisa lebih konsisten di tahun baru. 

 

Baca juga: Awas Tertipu! Begini Cari Jasa Travel Umrah yang Terpercaya

 

Mencoba Realistis

Ingat kan pepatah satu ini: Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit? Contoh-contoh di atas itu goals yang dasar, tapi realistis buatmu. Jadi, jangan mengabaikan hal-hal kecil, sebab suatu hari kamu akan menuai hasilnya juga.

Perubahan Tidak Terjadi dengan Cepat

Asalkan dilakukan, meski kecil hal-hal tersebut nantinya akan memberikan dampak pada kesehatanmu. Kalau kamu sudah merasakan hasilnya, pasti kamu akan lebih bersemangat melakukan hal yang lebih. Perubahan tidak terjadi dengan cepat, kok. Terpenting, kamu harus tetap semangat ya memulai kebiasaan sehat di tahun depan!

Fokus dengan Apa yang Kamu Suka

Tak dipungkiri, kalau kita suka akan satu hal maka kita tidak akan merasa terpaksa melakukannya. Jadi kebiasaan sehat bisa kamu lakukan dengan hal-hal kecil yang kamu suka. Tak perlu lagi deh memaksakan dirimu untuk melakukan hal yang kurang suka. 

Lakukan Bersama Orang Kesayangan

Bukan berarti tidak mandiri, lho. Terkadang, bila kita melakukannya bersama orang lain terlebih orang yang kita sayang, ada semangat lebih untuk melakukannya. Asyiknya, kamu jadi punya waktu tambahan untuk menghabiskan momen bersama. 

Sekarang, sudah punya ide resolusi kesehatan yang akan kamu buat untuk tahun depan dong? Selalu semangat dan konsisten ya melakukannya. 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan