Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Yuk, Mengenal Lebih Dekat Manfaat Asuransi Syariah dan Keuntungan Memilikinya!

03 Juni 2021 | Allianz Indonesia
Berbagai produk jasa keuangan berbasis syariah telah lama diminati banyak orang. Salah satunya adalah asuransi syariah. Mari cari tahu lebih dalam mengenai produk ini!

Apakah kamu sering mendengar tentang asuransi syariah? Atau kamu sedang mempertimbangkan untuk memiliki berbagai produk asuransi syariah dengan berbagai keunggulannya untuk kamu dan seluruh anggota keluarga?

Hingga saat ini, begitu banyak ragam produk keuangan syariah yang bisa kamu miliki. Mulai dari tabungan syariah, deposito syariah, pembiayaan syariah, asuransi syariah, hingga saham dan reksa dana syariah. Salah satu produk keuangan syariah yang memiliki banyak manfaat dan diminati adalah asuransi syariah.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita semua dihadapkan dengan berbagai risiko seperti kesehatan, kehilangan pekerjaan, hingga berbagai masalah finansial. Bila kita tidak memiliki perlindungan di tengah situasi yang tidak menentu seperti sekarang, terlebih ketika ada berbagai risiko kehidupan seperti sakit, kecelakaan dan dirawat di rumah sakit yang tentunya tidak pernah diharapkan, maka kita akan sulit untuk menghadapinya. Nah, kalau selama ini kamu mencari proteksi yang sesuai dengan syariat Islam, asuransi syariah adalah jawabannya. Mau tahu lebih dalam mengenai asuransi syariah ini? Mari kita bahas bersama berbagai informasi pentingnya untukmu.

Apa Itu Asuransi Syariah?

Asuransi syariah adalah usaha tolong-menolong dan saling melindungi di antara para peserta yang penerapan operasional dan prinsip hukumnya sesuai dengan syariat Islam. Tanpa bermaksud mendahului takdir, asuransi dapatlah diniatkan sebagai ikhtiar dalam menghadapi kemungkinan terjadinya risiko.

Sebagai informasi tambahan untukmu, asuransi syariah sudah dijamin Halal lho oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Dewan Syariah Nasional (DSN) dengan Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syari’ah.

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya asuransi syariah ini begitu dekat dan sesuai dengan kebudayaan kita di Indonesia? Joos Louwerier, CEO Allianz Life Indonesia menjelaskan bahwa kita semua, masyarakat Indonesia suka saling bertemu dan komunitas di Indonesia sangat kuat. Saat sesuatu terjadi musibah pada seseorang di dalam komunitas tersebut, masyarakat Indonesia terbiasa untuk berkumpul dan membantu orang tersebut. Baik secara finansial maupun dalam kebutuhan lain.

Sifat gotong-royong dalam kebudayaan Indonesia ini, menurut Joos serupa dengan awal mula munculnya asuransi pada ratusan tahun lalu. Sebuah komunitas petani di Irlandia, saling membantu dan melindungi komunitasnya dengan cara menyisihkan uang. Sehingga, bila sesuatu hal buruk terjadi mereka bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan mereka.

Jadi, dengan memiliki asuransi syariah, secara tidak langsung kamu juga ikut membantu seluruh masyarakat Indonesia yang sama-sama memiliki asuransi syariah. Iuran disetorkan tidak hanya untuk perlindungan diri sendiri tapi juga akan digunakan untuk membantu orang lain.

 

Baca Juga: Sebarkan Kebaikan Asuransi Syariah

 

Lalu, apa perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional?

Pertanyaan ini pasti muncul di benakmu: Apa sih sebenarnya perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional? Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, menjelaskan bahwa perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvesional secara sederhana dapat dilihat dalam dua poin. Pertama, desain produk. Sebagai salah satu produk jasa keuangan, kontrak polis asuransi syariah adalah gotong royong. Antara para peserta asuransi syariah kita semua secara bersama bersepakat untuk memberikan iuran yang di mana iuran ini akan digunakan secara bersama-sama untuk menyantuni siapa pun anggota yang terkena risiko sesuai dengan yang diperjanjikan. Poin kedua, bisa dilihat dari bagaimana cara dana iuran dikelola oleh perusahaan. Dalam asuransi syariah, pihak perusahaan asuransi tidak pernah memiliki dana iuran yang disetorkan oleh peserta dalam asuransi syariah ini. Dana tetap dimiliki oleh peserta. Posisi perusahaan asuransi, hanya sebagai pengelola.

Keunggulan Asuransi Syariah

Apa kamu semakin penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai asuransi syariah ini? Well, kali ini giliran kamu untuk tahu keunggulan dari asuransi syariah. Tentunya, dari berbagai produk jasa keuangan, pasti kamu ingin tahu apa yang bisa kamu ambil manfaatnya dari produk asuransi syariah. Menurut informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berbagai keunggulan yang dapat kamu rasakan dari asuransi syariah ini di antaranya:

1. Pengelolaan dana menggunakan prinsip syariah Islam

Dari sisi pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah, pengelolaan harus memenuhi prinsip-prinsip syariah. Sebagai contoh, dana tersebut tidak dapat diinvestasikan pada saham dari emiten yang memiliki kegiatan usaha perdagangan/jasa yang dilarang menurut prinsip syariah, seperti perbankan konvensional, perhotelan, termasuk perjudian atau kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa haram berdasarkan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

2. Transparansi pengelolaan dana pemegang polis (peserta)

Pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah dilakukan secara transparan, baik terkait penggunaan kontribusi dan surplus/deficit underwriting maupun pembagian hasil investasi. Pengelolaan dana tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan bagi pemegang polis (peserta) secara kolektif maupun secara individu.

3. Pembagian keuntungan hasil investasi

Hasil investasi yang diperoleh dapat dibagi antara pemegang polis (peserta), baik secara kolektif dan/atau individu, dan perusahaan asuransi syariah, sesuai dengan akad/kontrak yang digunakan.

4. Kepemilikan dana

Dalam asuransi syariah, kontribusi (premi) tersebut sebagian menjadi milik perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola dana dan sebagian lagi menjadi milik pemegang polis (peserta) secara kolektif atau individual.

5. Tidak berlaku sistem ‘dana hangus’

Dana kontribusi (premi) yang disetorkan sebagai tabarru’ dalam asuransi syariah tidak hangus meskipun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan. Iuran yang telah disetorkan oleh pemegang polis (peserta) tersebut akan tetap diakumulasikan di dalam dana tabarru’ yang merupakan milik pemegang polis (peserta) secara kolektif dan akan digunakan untuk membantu peserta lain yang mengalami risiko.

6. Adanya alokasi dan distribusi surplus underwriting

Dalam sektor asuransi syariah, dikenal istilah surplus underwriting yaitu selisih lebih dari total kontribusi pemegang polis ke dalam dana tabarru' setelah ditambah recovery klaim dari reasuransi dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis, dalam satu periode tertentu. Dalam asuransi syariah, surplus underwriting tersebut dapat dibagikan ke dana tabarru’, pemegang polis yang memenuhi kriteria, dan perusahaan asuransi sesuai dengan persentase yang ditetapkan di dalam polis.

 

Baca Juga: Hindari Salah Kaprah dalam Asuransi Syariah

 

Dilihat dari berbagai keunggulannya, memilih asuransi syariah sebagai proteksi untuk kamu dan seluruh anggota keluarga tentunya pilihan yang bijak, bukan? Ada banyak pilihan asuransi syariah yang bisa kamu miliki. Dan tentunya dengan keuntungan yang tak hanya proteksi, namun kamu juga bisa sekaligus berbagi kepada sesama.

Ada satu program baik yang bisa kamu ikuti yaitu Program Membantu untuk Sesama: Senyum, Donasikan, dan Tularkan. Bersama Allianz Syariah, #AwaliDenganKebaikan membantu sesama lewat perlindungan.

Melalui progam ini, kamu bisa membantu orang banyak hanya dengan posting senyuman. Senyum kamu akan didonasikan menjadi bantuan edukasi, asupan gizi, dan kesehatan di masa penuh tantangan ini bagi lebih dari 1.000 balita, ibu hamil dan lansia. Mau langsung ikutan? Yuk, cari tahu mekanisme programnya:

Upload foto senyum tulusmu dan ceritakan secara singkat latar belakang kebaikan apa yang kamu alami yang membuat kamu tersenyum. Sertakan hashtag #AwaliDenganKebaikan #1000SenyumKebaikan dan tag/mention akun media sosial Allianz Indonesia pada Instagram @AllianzIndonesia atau Facebook Allianz.

Klaim digital certificate-mu dengan klik Join pada halaman ini sebagai tanda terima kasih telah berdonasi senyum untuk menolong sesama.

1.000 posting senyum kebaikan dari kamu akan membantu program edukasi kesehatan lansia, ibu hamil, dan balita.

Selain Program Membantu untuk Sesama: Senyum, Donasikan, dan Tularkan, kamu juga bisa cek berbagai produk unggulan asuransi syariah dari Allianz Syariah. Ada apa saja sih?

AlliSya Protection Plus

Produk ini merupakan asuransi jiwa unit link syariah dari Allianz yang akan memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi baik saat kamu berada di samping keluarga tercinta bahkan ketika kamu sudah tiada. Cek produk ini selengkapnya di sini!

Fitur Wakaf

Melalui fitur wakaf pada produk AlliSya Protection Plus, Peserta dapat berbuat kebaikan sambil melindungi diri sendiri dan keluarga, serta berwakaf untuk pahala yang mengalir abadi. . Cek produk ini selengkapnya di sini!

Hospital & Surgical Care Premier Syariah Plus

Produk Asuransi kesehatan tambahan berbasis syariah yang memberikan beragam manfaat dan layanan plus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan anda dan orang terkasih dengan wilayah perlindungan sampai ke seluruh dunia. Cek produk ini selengkapnya di sini!

Allisya AMAN

Produk Asuransi Jiwa Tradisional Syariah yang memberikan solusi perlindungan meninggal dunia sampai dengan 500% santunan asuransi dan penyakit kritis guna memastikan keamanan kondisi finansial di masa depan. Cek produk ini selengkapnya di sini!

Melengkapi diri kamu dan seluruh anggota keluarga dengan proteksi adalah pilihan yang bijak. Kamu bisa menikmati masa depan dengan nyaman saat berbagai risiko tak terduga terjadi. Pelajari semua produk yang tersedia dengan baik. Dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu dan anggota keluarga. Saat ini, tanpa perlu ke luar rumah, kamu bisa mendapatkan polis dengan mudah! Kamu bisa kontak agen langsung dari rumah. Stay safe and healthy!

 

Sumber:

 

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10444

https://www.cnnindonesia.com/search/?query=Allianz+Syariah+di+Masa+Pandemi

https://www.allianz.co.id/event/detail/awali-dengan-kebaikan-1-000-senyum-kebaikan/226621

https://allianz.co.id/produk/asuransi-syariah/allisya-protection-plus

https://allianz.co.id/produk/asuransi-individu/asuransi-tambahan/payor-benefit-dan-spouse-payor-benefit

https://allianz.co.id/produk/asuransi-individu/asuransi-tambahan/hospital-and-surgical-care-premier-syariah-x

https://allianz.co.id/produk/asuransi-individu/asuransi-tambahan/flexi-ci-syariah

https://www.allianzlifechanger.com/agent/search

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan