Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kendaraan

04 April 2019 | Allianz Indonesia
Supaya uang yang kamu keluarkan tepat guna, pelajari lebih jelas cara memilih asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kebutuhan asuransi mobil menjadi sebuah kebutuhan yang cukup krusial. Tingginya angka kecelakaan di Indonesia menjadi satu dari berbagai alasan pengemudi mobil membutuhkan perlindungan tersebut.

Meski demikian, dalam memilih asuransi mobil membutuhkan perhatian. Dengan beragam perusahaan asuransi mobil, kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim menjadi wawasan yang harus dimiliki calon pembeli.

Untuk menghindari penyesalan ketika membeli produk asuransi kendaraan, pastikan memperhatikan hal-hal berikut agar mendapatkan asuransi mobil yang tepat.

Pilih sesuai kebutuhan

Pemilik kendaraan harus mengetahui bahwa ada dua jenis asuransi, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk merupakan perlindungan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan sebagian, maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan asuransi TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan secara langsung. Untuk TLO usia kendaraan sendiri dibatasi hingga maksimum 15 tahun.

Memilih perusahaan tepercaya

Saat ini jumlah perusahaan asuransi cukup banyak. Namun, pastikan kamu memilih asuransi yang sudah diakui lembaga resmi dalam mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengetahui kejelasan polis dengan baik

Pengguna asuransi cenderung tak membaca polis dengan benar. Padahal dalam polis terdapat penjelasan terperinci mengenai apa saja yang dapat diklaim atau tidak, hingga menjadi perluasan.

Selain penjelasan di dalam polis, pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. Jangan sampai saat pengajuan klaim justru ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak dapat diklaim.

Jaringan bengkel yang luas

Salah satu pertimbangan memilih asuransi kendaraan adalah memiliki jaringan bengkel luas dan berkualitas. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan pelanggan dalam menjangkau bengkel mobil terbaik ketika melakukan reparasi.

Selain itu, ada baiknya bengkel rekanan tersebut sudah memiliki standardisasi pabrik dan bersertifikat sehingga hasil dan kualitas dapat dipertanggungjawabkan.

Proses klaim mudah

Saat memilih produk asuransi, pastikan sudah dilengkapi dengan kemudahan sistem yang sudah terintegrasi dengan teknologi. Dengan begitu, pelanggan dapat melakukan klaim via aplikasi dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan mobil, isi data pribadi, dan memilih waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel.

Untuk memilih asuransi kendaraan, pastikan memilih layanan melindungi kendaraanmu dari kerusuhan, perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, serta opsi penyelesaian secara tunai (cash settlement) terhadap beberapa perbaikan kendaraan.

Tak hanya itu, pastikan asuransi kendaraan yang kamu pilih memberikan solusi perlindungan kendaraan yang paling lengkap dan tidak ribet, ekonomis dan sesuai kebutuhanmu, dan memberikan perluasan perlindungan kendaraan sesuai pilihan dan keinginanmu.

 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan