Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

WFH Bisa Jadi Ajang Kamu Dukung Program Go Green

18 Mei 2021 | Allianz Indonesia
Ternyata selama WFH, tanpa sadar banyak dampak baik yang diberikan kepada lingkungan, lho. Mau tahu apa saja aksi go green yang tanpa sadar kamu lakukan?

Sejak awal pandemi hingga sekarang sudah berapa lama kamu bekerja dari rumah atau WFH? Sejak Januari akhir, COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak perusahaan di seluruh dunia beralih untuk bekerja dari rumah. Dan selama pandemi COVID-19 ini juga lah lebih banyak pekerja yang bekerja dari rumah daripada sebelumnya.

Ketika banyak orang berbicara atau ditanya mengenai manfaat apa saja yang mereka rasakan saat bekerja dari rumah alias WFH, yang biasanya dipikirkan lebih dahulu adalah kebebasan yang mereka dapat, kenyamanan, dan tentunya fleksibilitas. Apa kamu juga merasakan hal yang sama? Padahal kalau kamu pun ingin tahu juga, salah satu dampak besar yang mungkin tidak banyak disadari banyak orang adalah efek positif dari WFH mampu menyumbangkan manfaat besar terhadap lingkungan.

Mengubah rumah kamu menjadi tempat kerja selama masa WFH ini tidak hanya berarti kamu bisa bekerja dengan pakaian santai dan pengaturan waktu yang fleksibel. Selain itu, kita juga dapat merasakan beberapa dampak nyata pada lingkungan kita dan tentunya manfaat bagi bisnis.

Penasaran manfaat apa saja yang telah kamu berikan dari work from home mulai dari program go green untuk lingkungan, diri kamu sendiri, dan tentunya untuk bisnis perusahaanmu? Yuk, cari tahu bagaimana upaya ini dapat membantu kita semua untuk menuju lingkungan yang lebih hijau lagi di masa yang akan datang!

 

Baca Juga: Survei Membuktikan, WFH Punya Banyak Efek Positif!

 

1. Mengurangi Emisi Gas Juga Polusi

Salah satu cara yang dilakukan para pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta untuk pergi dari rumah ke tempat kerja atau kantor adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Apa kamu juga berkendara setiap hari saat pergi ke kantor dan pergi ke luar untuk meeting? Nah, sebagai informasi, mengemudi mobil adalah aktivitas yang paling banyak menimbulkan polusi udara yang dapat dilakukan orang pada umumnya. Aktivitas ini terjadi setiap hari dan hampir dilakukan oleh semua pekerja. Padahal, jika tidak diantisipasi dengan baik, polusi ini dapat memperburuk kondisi pemanasan global dan mengganggu kesehatan kita semua.

Polusi udara berhubungan dengan masalah kesehatan paru seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma atau asthmatic bronchiale, paru-paru basah atau pneumonia, bronchopneumonia, hingga serangan jantung. Artinya, dengan bekerja dari rumah, kamu juga ikut mengurangi kontribusi menyumbangkan penambahan polusi udara dan menurunkan risiko untuk kita semua terkena penyakit yang diakibatkan oleh polusi.

Secara keuangan, tentunya kamu bisa menambah pundi-pundi tabunganmu bila tidak harus berkendara. Bayangkan berapa banyak uang yang sudah kamu kumpulkan karena bisa menghemat dari biaya bahan bakar juga biaya bengkel bila ada kerusakan pada kendaraan selama WFH ini.

2. Semua Dokumen Menjadi Digital Jadi Bisa Mengurangi Penggunaan Kertas

Saat kamu berada di kantor, lalu kamu perlu mencetak sesuatu untuk dilihat, apa yang biasanya kamu lakukan? Sebelumnya, saat bekerja di kantor, kamu mungkin akan mudah saja langsung mencetak atau mengopi dokumen yang dibutuhkan dengan printer dan kertas perusahaan. Namun selama bekerja dari rumah dengan semua metode digital dan online, kamu mulai bisa mengurangi bahkan tidak memerlukan lagi penggunaan kertas sebanyak yang biasa kamu gunakan sebelumnya. Melalui metode kerja online selama WFH, para pekerja menerapkan sistem dokumen digital begitu juga tanda tangan digital. Aksi pengurangan penggunaan kertas ini adalah salah satu bagian dari aksi program go green yang akan menyelamatkan ekosistem yang menggunakan pohon dalam proses pembuatannya.

Terlebih lagi, dengan pekerja yang beroperasi dari rumah, perusahaan juga menghemat biaya yang terkait dengan kebutuhan akan kertas dan alat tulis ini. Memberikan kesempatan uang ini untuk diinvestasikan kembali ke perusahaan.

3. Banyak yang Memulai Hobi Berkebun dan Menanam Tanaman Hias di Rumah Selama WFH

Salah satu hobi baru yang begitu booming pada masa pandemi COVID-19 ini adalah banyak para pekerja yang memulai hobi berkebun dan menanam tanaman hias di rumah. Kamu juga pasti merasakan hal yang sama di tengah kondisi pandemi yang mengharuskan semua orang untuk tetap #diRumahAja, pasti akan ada waktu di mana kamu akan merasakan bosan. Terlebih karena tidak bisa ke mana-mana. Nah, hobi berkebun dan menanam tanaman hias di rumah ini jadi salah satu aktivitas para pekerja untuk mengisi waktu luang mereka.

Meski awalnya hobi ini dilakukan hanya untuk sekadar mengisi waktu luang, bila kamu lanjutkan tekuni lebih lama pasti kamu akan merasakan banyak sekali manfaatnya. Tak hanya ikut mendukung aksi go green, dengan kehadiran tanaman-tanaman di sekitar rumahmu udara jadi lebih bersih, rumah tidak terlalu berdebu, menyejukkan udara yang panas atau kering, hingga memberikan pemandangan yang cantik di rumah.

Lebih besar lagi manfaatnya, saat kamu sedang merasa lelah dengan setumpuk kerjaan dari kantor, kamu jadi punya satu ruangan dengan pemandangan alam yang segar. So, buat kamu yang belum memulai hobi ini mengapa tidak mempertimbangkan untuk mencobanya?

 

Baca Juga: Kenali Zoom Fatigue, Kelelahan yang Dialami Pekerja Kantoran Saat Pandemi

 

Selalu ada sisi baik dari semua hal. Termasuk juga metode bekerja dari rumah ini. Tak hanya sebagai salah satu usaha untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19, bekerja dari rumah atau WFH juga memainkan peran penting untuk lingkungan dan aksi go green. Dan tentunya, aksi go green ini membantu bumi kita menjadi lebih sehat. Mari terus bekerja dari rumah dan konsisten untuk aksi go green dari rumahmu untuk dampak positif yang lebih besar lagi. Dari kita untuk lingkungan kita!

 

Sumber:

https://www.bbc.com/news/world-51318246

https://www.allianz.co.id/explore/detail/ini-5-jenis-penyakit-yang-bisa-muncul-akibat-polusi-udara/87563

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan