Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Sudahkah Orang tua Menyiapkan Warisan?

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Bagi para orang tua, sudahkah menyiapkan harta warisan untuk anak-anak Anda?  Jika masih bingung bagaimana caranya, cari tahu informasinya di sini.

Alangkah bahagianya jika setiap orang tua bisa memberikan warisan kepada anggota keluarga tercinta.  Biasanya orang tua ingin memberikan warisan berupa tanah, rumah, emas, bahkan perusahaan milikinya. Namun, tidak semua orang tua mampu memberikan warisan dikarenakan hal ini tidak direncanakan dari jauh hari..

Dengan perencanaan keuangan yang matang, segala impian kita sesungguhnya bisa terwujud. Bagi yang telah menjadi orang tua dan ingin menyiapkan warisan kepada anak-anak, ada alternatif yang bisa dilakukan.

Asuransi jiwa bisa menjadi salah satu pilihan, meski tidak semua asuransi jiwa bisa dijadikan warisan. Beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa dijadikan perencanaan warisan adalah whole life atau unit link.

Asuransi whole life (seumur hidup) merupakan salah satu jenis asuransi jiwa tradisional  yang memberikan uang pertanggungan saat terjadi risiko meninggal dunia.  Sementara itu, asuransi jiwa unit link merupakan asuransi jiwa yang menggabungkan antara manfaat proteksi dan juga investasi. Dengan produk asuransi unit link, uang pertanggungan dari manfaat proteksi dan nilai investasi yang terbentuk, dapat dijadikan sebagai warisan bagi keluarga kita.

Dengan menjadikan asuransi sebagai warisan, orang tua sebagai pemilik polis sekaligus tertanggung, dapat menentukan ahli waris atau penerima manfaat dari uang pertanggungan. Hal ini juga akan menghindarkan dari kemungkinan perselisihan dalam pembagian harta waris dikarenakan manfaat asuransi  diberikan kepada nama yang tercantum sebagai Ahli Waris dalam polis. Selain itu, warisan berupa harta tak bergerak, misalnya rumah atau tanah, lebih sulit untuk dibagi-bagi kepada ahli waris. Untuk mempermudah pembagian warisan, rumah atau tanah biasanya perlu dijual terlebih dahulu, dan uang hasil penjualan baru dibagi-bagi ke ahli waris. Pejualan rumah atau tanah memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Selain itu, warisan berupa tanah atau rumah terdapat biaya pengalihan hak. Manfaat asuransi jiwa (uang pertanggungan dan nilai tunai) mempunyai keunggulan karena berbentuk uang tunai, dan tidak dikenakan biaya lagi.

Yuk, mulai siapkan warisan kita.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan