Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Sleep Hygiene untuk Bantu Kamu Atasi Insomnia

20 Oktober 2020 | Allianz Indonesia
Waktunya lawan insomnia. Yuk, coba sleep hygiene mulai hari ini!

Setiap malam, apa kamu masih berkutat di depan layar smartphone atau laptop karena tak bisa tidur hingga pagi? Insomnia memang musuh semua orang.

Jika kondisi ini terlalu familiar untukmu dan tak kunjung juga menemukan solusinya, kini waktunya kamu berjuang. Seperti yang kamu tahu bahwa insomnia dapat mengganggu kemampuanmu untuk berkonsentrasi, mengganggu suasana hati, dan menurunkan perasaan bahagia saat kamu menjalani kegiatan harian.

Tetapi, kamu mungkin tidak menyadari bahwa insomnia dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Seperti peningkatan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Jadi, yuk mulai sekarang jadikan tidur malam yang nyenyak adalah prioritas kesehatan utamamu!

Agar berhasil memejamkan mata di malam hari, ada salah satu siasat jitu dan solusi yang bisa kamu lakukan untuk memerangi insomnia. Memperhatikan sleep hygiene adalah salah satu cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatur diri agar bisa tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga: Meski Sibuk Kerja, Lakukan Cara Ini Agar Kolesterol Tak Naik

 

Apa Itu Sleep Hygiene?

Menurut, sleepfoundation.org, sleep hygiene yang kuat berarti memiliki lingkungan kamar tidur dan rutinitas harian yang mendorong tidur yang konsisten dan tanpa gangguan.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah perilaku kamu di siang hari, dan terutama sebelum tidur, dapat berdampak besar pada pola tidurmu. Kebiasan-kebiasaan yang kerap kamu lakukan ternyata bisa membuat kamu mendapatkan tidur yang sehat atau malah menjadi boomerang yang berkontribusi pada kesulitan kamu untuk tidur.

Sebagai contoh, rutinitas harian seperti apa yang kamu makan dan minum, obat-obatan yang kamu konsumsi, bagaimana jadwal harian dan kegiatanmu di malam hari dapat secara signifikan memengaruhi kualitas tidur.

 

Baca juga: Jurus Penting agar Tetap Sehat saat Bekerja Dari Rumah

Demi memulai kebiasaan sleep hygiene agar kualitas tidur kamu lebik baik, yuk lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Patuhi jadwal tidur yang teratur (waktu tidur dan waktu bangun yang sama), tujuh hari seminggu. Entah weekday atau weekend, cobalah bangun di jam yang sama, karena ini akan membantumu membangun ritme tidur yang konsisten.
  2. Berolahragalah sekurang-kurangnya 30 menit per hari hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga teratur di pagi atau sore hari akan bantu kualitas tidur kamu dengan menaikkan suhu tubuh beberapa derajat. Nah, saat termostat internalmu turun kembali ke kisaran normalnya, ini akan membantu memicu perasaan kantuk yang tentunya membantu kamu tertidur.
  3. Penuhi kebutuhan paparan cahaya matahari. Mengapa ini penting? Biasanya, kamu akan beraktivitas di pagi hari dalam kondisi terang. Cahaya matahari ini akan akan memberikan semacam signal kepada otak untuk tetap aktif, saat kamu berada di kamar dengan minim pencahayaan secara tidak langsung nantinya otak akan mengirimkan sinyal untuk tidak lagi aktif dan membantumu tidur.
  4. Mandi air hangat atau mandi sebelum tidur. Mandi air hangat di malam hari akan membantumu melepaskan panas tubuh.
  5. Latihan relaksasi sebelum tidur. Relaksasi akan membantu kamu menenangkan pikiran dan menyiapkan tubuh untuk tidur lebih cepat.
  6. Pastikan lingkungan tidurmu menyenangkan dan santai seperti mengatur lampu kamar dan suhu ruangan. Kamu bisa juga memakai penutup mata agar membantu kamu menghalangi cahaya yang dapat mengganggu kamu untuk tertidur.
  7. Matikan notifikasi dan e-mail di ponsel kamu. Tentu saja ini dilakukan agar kamu tidak merasa terganggu dengan bunyi notifikasi yang nantinya bukan membuat kamu tertidur malah asyik untuk membalas e-mail atau chat.
  8. Menulis jurnal untuk mengurangi pikiran saat kamu mencoba untuk tidur. Banyaknya hal-hal yang masih dipikirkan saat malam hari juga akan mengganggu tidur. Dengan menulis jurnal, kamu akan mengurangi beban pikiran dan akan merasa lebih relaks.
  9. Jika kamu tidak bisa tidur setelah sekitar 20 menit, tinggalkan tempat tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan seperti membaca lalu kembali tidur nanti.

Seperti pepatah bilang, bisa karena terbiasa. Jadi, mulailah kebiasaan-kebiasaan ini secara perlahan. Sebab bagaimana pun, kualitas tidur yang baik akan membantumu mendapatkan kesehatan prima. Dan itu hal yang berharga. Sleep tight!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan