Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Rayakan Anniversary ke-25, Allianz Life Indonesia Terus Tumbuh dan Sediakan Asuransi ke Lebih Banyak Masyarakat

16 Agustus 2021 | Allianz Indonesia
Di usia 25 tahun ini, Allianz Life Indonesia tetap berkomitmen terus tumbuh dan menyediakan asuransi ke lebih banyak Nasabah dan masyarakat Indonesia. Lalu apa saja yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut?

Pandemi berdampak terhadap terhadapa semua industri, termasuk asuransi. Meskipun demikian, pandemi juga bantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya punya asuransi, sehingga permintaan produk proteksi pun meningkat.

Sepanjang tahun 2020 lalu PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) berhasil membukukan Pendapatan Premi Bruto (Gross Written Premium/GWP) sebesar Rp16,9 triliun di tahun 2020, atau tumbuh 27,8% dibandingkan tahun 2019. Adapun laba bersih Allianz Life Indonesia di tahun 2020 mencapai Rp1,3 triliun, atau meningkat 16% dari laba bersih tahun sebelumnya.

Bahkan, lini bisnis asuransi kesehatan perorangan yang mencakup asuransi kesehatan murni dan asuransi tambahan (rider) kesehatan yang melengkapi asuransi jiwa unit link mengalami peningkatan signifikan. Di tahun 2020, GWP dari lini bisnis ini mencapai Rp1,1 triliun, atau meningkat 102,1%.

Pertumbuhan ini tidak lepas dari kepercayaan Nasabah terhadap Allianz Life Indonesia. Karena itu, Allianz Life Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada Nasabah. Sepanjang tahun 2020, Allianz Life Indonesia telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp11,2 triliun kepada Nasabah.

 

Baca juga: Tips Mudah Menyusun Catatan Keuangan Pribadi ala Perencana Keuangan

 

Adaptasi menjadi kunci pertumbuhan

Peningkatan kinerja pun berlanjut hingga kuartal I tahun 2021, di mana Allianz Life Indonesia membukukan pertumbuhan GWP sebesar 14%. Angka ini di atas rata-rata peningkatan GWP pasar yang sebesar 8%.

Salah satu faktor pendukung peningkatan kinerja Allianz Life Indonesia ini ialah transformasi digital yang sudah dirintis sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun pandemi mendorong Allianz Life Indonesia harus melakukan beberapa perubahan, namun perusahaan menangkap hal tersebut sebagai peluang untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bagi Nasabah.

Terus bertumbuh saat memasuki usia ke-25

Keinginan untuk terus memberikan layanan terbaik bagi Nasabah telah menjadi tujuan Allianz Life Indonesia sejak pertama hadir di Indonesia tahun 1996. Menginjak usianya yang ke-25 tahun di Indonesia, Allianz Life Indonesia pun berkomitmen untuk terus tumbuh dan menyediakan asuransi ke lebih banyak Nasabah dan masyarakat Indonesia. Hal ini telah diwujudkan dan akan tetap dilanjutkan dengan beberapa strategi berikut.

1. Transformasi digital

Berfokus pada pengembangan inovasi digital dengan memanfaatkan teknologi, Allianz Life Indonesia terus berupaya agar tetap relevan dengan dinamisnya perkembangan di era disrupsi digital. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi karyawan, mitra bisnis dan tentunya Nasabah.

Allianz Life Indonesia melakukan transformasi digital yang memudahkan Nasabah dalam hal pembayaran premi, solusi untuk customer onboarding, program loyalitas Nasabah berbasis digital yang disajikan secara lebih personal, serta akses yang lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang produk dan layanan.

Dengan digital service tools, Allianz Life Indonesia memberikan berbagai kemudahan akses dan pengalaman berasuransi yang mengesankan untuk Nasabah. Serangkaian tools tersebut memungkinkan pelayanan kepada masing-masing Nasabah menjadi efisien, cepat, dan praktis. Perjalanan Nasabah dimulai dari aplikasi penjualan digital Allianz Discover yang menjadi pembuka dari rangkaian layanan digital Allianz. Aplikasi ini merupakan gabungan dari solusi digital dan interaksi langsung antara tenaga pemasar dan Nasabah untuk memahami serta menentukan sendiri jenis perlindungan asuransi sesuai kebutuhan sebelum membeli produk.

Dokumen pengajuan polis asuransi diterima melalui platform digital khusus Allianz Life Indonesia, kemudian calon Nasabah dapat menerima ilustrasi, mengajukan aplikasi asuransi, dan mendapatkan hasil keputusan underwriting hanya dalam hitungan menit. Penerbitan polis juga dilakukan secara elektronik (e-policy) yang lebih cepat diterima dan aman tersimpan di akun e-mail Nasabah.

Setelah menerima polis, Nasabah mengaktifkan akses dan dapat dengan mudah mengakses informasi umum seputar polis, informasi tertanggung, penerima manfaat, agen, manfaat tambahan (rider), riwayat transaksi dan pembayaran premi, sampai mengunduh laporan transaksi berkala melalui portal Nasabah online Allianz eAZy Connect.

Allianz Life Indonesia menyediakan digital service tools yang memberikan berbagai kemudahan akses yang efisien, cepat, dan praktis dan pengalaman berasuransi yang mengesankan untuk Nasabah. Sampai bulan Juni 2021, penggunaan digital service tool Allianz Life Indonesia menunjukkan peningkatan. Pengajuan online untuk asuransi jiwa menyumbang 99% dari total pengajuan dari semua jalur distribusi. Selanjutnya, e-policy menyumbang 56% dari polis yang baru diterbitkan. Sedangkan untuk klaim asuransi kesehatan online, lebih dari 28% diselesaikan dalam waktu 24 jam.

Berbagai strategi inovasi digital yang dilakukan turut menargetkan Nasabah milenial atau mereka yang berusia 24 tahun hingga 39 tahun. Adaptasi layanan yang telah dilakukan secara online banyak dimintai oleh generasi milenial karena dianggap memudahkan transaksi. Strategi Allianz Life Indonesia dalam melakukan transformasi digital dan juga menyasar Nasabah milenial ini terbukti efektif. Tahun 2021, perusahaan menerima berbagai penghargaan di antaranya Indonesia Best Business Transformation Award 2021 dari Majalah SWA dan Indonesia Excellent Millennial’s Brand Choice 2021 dari Warta Ekonomi.

2. Produk & Layanan

Selama 25 tahun keberadaannya di Indonesia, Allianz Life Indonesia senantiasa berkomitmen memberikan produk dan layanan terbaik untuk Nasabah. Bermacam produk yang ditawarkan kian disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan perlindungan Nasabah dan keluarga tercinta secara komprehensif.

Hadir di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, turut mendorong Allianz Life Indonesia untuk memperkuat Unit Usaha Syariah (Allianz Life Syariah) melalui proteksi asuransi Syariah. Berpegang pada prinsip tolong menolong pada asuransi Syariah, Allianz Life Syariah menggelar kampanye tahunan #AwaliDenganKebaikan yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia berbuat kebaikan dengan memberangkatkan umroh para sosok sederhana di sekitar masyarakat.

Selain itu, Allianz Life Syariah juga mengedukasi masyarakat tentang konsep tolong-menolong yang terdapat di asuransi syariah, khususnya melalui wakaf.

Wakaf merupakan salah satu ibadah untuk mengumpulkan amalan jariyah, di mana seseorang menyerahkan sebagian harta benda, agar dimanfaatkan untuk keperluan ibadah dan kesejahteraan umum. Allianz Life Syariah sendiri telah meluncurkan fitur Wakaf pada produk asuransi jiwa unit link AlliSya Protection Plus sejak 2019. Dengan fitur tersebut, Nasabah bisa mewakafkan manfaat asuransi yang berupa santunan asuransi atau dana investasi kepada orang lain.

Selain itu, Customer Experience adalah salah satu fokus strategi bisnis Allianz Life Indonesia dalam membuktikan komitmennya memberikan perlindungan dan layanan terbaik untuk Nasabah. Customer touch points menjadi faktor terpenting dalam membangun customer experience, di mana area ini menjadi penentu kualitas pengalaman berasuransi yang akan didapatkan Nasabah.

Sebagai lini terdepan dan representatif perusahaan yang berinteraksi dengan Nasabah, tim Customer Relation Management Allianz Life Indonesia siap memberikan layanan melalui empat customer touch points yaitu call center, e-mail, walk-in center dan media sosial. Di masa pandemi yang menantang seperti saat ini, Allianz Life Indonesia juga menyediakan digital service tools, untuk pilihan kemudahan akses secara mandiri yang dapat dipilih oleh Nasabah sesuai kebutuhan.

 

Baca juga: Harus Kerja di Kantor Selama PPKM? Simak 7 Tip Ini untuk Lindungi Diri!

 

3. Employee Engagement

Perkembangan Allianz Life Indonesia tidak terlepas dari dukungan karyawan yang hingga akhir 2020 lalu mencapai lebih dari 1.000 orang. Karena itu, di masa pandemi yang tak menentu ini, perusahaan tak hanya berfokus pada pengembangan produk, tetapi juga pengembangan karyawan sebagai modal terbesar. Dalam rangka menjamin keamanan, sebanyak 95% karyawan Allianz Life Indonesia bekerja dari rumah sejak awal pandemi. Perusahaan juga menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan di lingkungan kantor, untuk memastikan karyawan yang bekerja di kantor merasa aman dan nyaman. Selain itu, perusahaan juga meluncurkan Allianz Employee Assistance Program (EAP) yang menawarkan jasa konsultasi dengan psikolog professional untuk dapat membicarakan berbagai permasalahan pribadi maupun profesional, khususnya akibat masa pandemi yang menantang ini. Di tengah pandemi, berbagai ragam aktivitas telah dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan dan anak-anak karyawan sebagai sarana implementasi work-life integration.

Atas inovasi dan fasilitas yang diberikan kepada karyawan ini, Allianz Life Indonesia baru-baru ini memperoleh penghargaan Indonesia HR Excellence Award 2021 untuk kategori “Learning & Development” dan “Talent Acquisition” dengan predikat AA – Very Good dari Majalah SWA. Penghargaan ini semakin memotivasi Allianz Life Indonesia dan karyawan untuk terus memberikan kualitas produk dan layanan terbaik bagi Nasabah.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan