Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Pertimbangan Membeli Asuransi Kendaraan pada Mobil Pertama

14 Maret 2019 | Allianz Indonesia
Yakin mobilmu tidak memerlukan perlindungan asuransi? Cek dulu beberapa risiko yang bisa menghantui kendaraan kesayanganmu.

Memiliki mobil pribadi saat ini seakan bergeser dari kebutuhan tersier menjadi primer. Semakin tingginya tingkat taraf hidup masyarakat Indonesia, tidak heran membuat permintaan terhadap pembelian mobil juga semakin meningkat.

Belum lagi, memiliki kendaraan pribadi masih menjadi impian banyak orang. Hal ini membuat mobil menjadi kendaraan yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik.

Ada beberapa alasan masyarakat semakin berani mengambil keputusan membeli mobil pribadi bahkan untuk pertama kalinya. Munculnya merek-merek tepercaya, harga kompetitif, promo dan diskon besar-besaran, hingga tenor panjang yang membuat down payment dan cicilan terasa ringan, membuat masyarakat semakin tergiur untuk meminang mobil pertama.

Namun, bagi sebagian pemilik mobil pertama, mereka kerap tidak menyadari bahwa setelah membeli mobil sangat dianjurkan untuk melengkapinya dengan asuransi kendaraan. Pasalnya, asuransi kendaraan memiliki manfaat langsung dan tidak langsung seperti pemaparan berikut.

Melindungi dari risiko pencurian

Harga beli mobil tidaklah murah, jadi sebisa mungkin Anda akan sangat menjaga kendaraan tetap aman dan terhindar dari berbagai risiko seperti kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Dengan memberikan perlindungan asuransi kendaraan, pemilik kendaraan yang mengalami kerugian akibat kejadian tidak terduga seperti tabrakan, kehilangan akibat dicuri dan lain-lain, mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi dengan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan.

Memberikan rasa aman

Meski pemilik mobil sudah berhati-hati dalam berkendara dan memosisikan kendaraannya secara aman ketika parkir, tidak ada ruginya melengkapi mobil kesayangan Anda dengan asuransi. Pasalnya, perlindungan tambahan pada mobil dapat memberikan rasa aman, ketenangan batin, dan meningkatkan kepercayaan diri bagi pemiliknya selama berkendara.

Bertanggung jawab pada pihak ketiga

Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga (orang lain yang terdampak kecelakaan), biasanya si pengendara mengalami kesulitan dalam menghadapi situasi dan kerap membutuhkan dana yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadap pihak ketiga tersebut.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Anda membutuhkan asuransi kendaraan yang mengambil alih tanggung jawab pemilik atau pengendara jika terjadi kecelakaan itu.

Mendapatkan layanan tambahan

Saat mengalami suatu hal yang diinginkan selama perjalanan, beberapa perusahaan asuransi menawarkan berbagai layanan tambahan, misalnya perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, melindungi kendaraan dari huru-hara, serta penyelesaian penggantian tunai.

Selain beberapa manfaat yang telah dijelaskan di atas, penting juga untuk mempertimbangkan asuransi kendaraan yang menawarkan kemudahan pendaftaran dan klaim, serta jaringan bengkel yang luas, seperti yang ditawarkan oleh Allianz MobilKu

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan