Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Asuransi Secara Online

31 Agustus 2021 | Allianz Indonesia
Saat ini untuk membeli asuransi sudah terbilang cukup mudah. Hanya secara online kamu sudah bisa membeli asuransi yang kamu butuhkan. 

Di era serba digital, hampir semua barang/jasa bisa dipesan secara online. Tidak hanya itu, kini beragam produk keuangan, seperti emas, reksadana, dan saham bisa dibeli secara online. Termasuk produk asuransi. Riset terbaru dari Swiss Re Institute terhadap 1.000 konsumen di Indonesia, Malaysia, dan India pada Juni 2020 mengatakan, 76% responden asal Indonesia tertarik membeli produk asuransi secara online.

Kondisi pandemi Covid-19 juga semakin meningkatkan aktivitas pembelian asuransi secara online. Berdasarkan studi oleh Bain & Company di tahun 2020, ada tiga hal yang menjadi faktor utama calon nasabah asuransi memilih dan membeli produk asuransi pasca terjadinya pandemi, pertama faktor harga, kedua akses dan ketersediaan produk maupun layanan secara digital, dan ketiga fleksibilitas untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli nasabah.

Sama seperti ketika membeli produk asuransi secara offline, membeli produk asuransi secara online juga membutuhkan riset yang cermat agar tidak salah pilih produk asuransi. Sebelum itu, kamu juga perlu memahami cara kerja asuransi. Asuransi adalah produk keuangan yang berguna untuk melindungi diri dari berbagai risiko kerugian finansial ketika musibah datang menghampiri.

 

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Asuransi yang Dapat Menjawab Kebutuhan di Setiap Langkah Hidup

 

Agar dapat membeli produk asuransi secara online dengan aman, perhatikan tips berikut ini ya:

Pahami Produk Asuransi
Membeli produk asuransi bisa membantu kamu terhindar dari kebangkrutan atau utang yang menggunung ketika risiko finansial yang tidak terduga terjadi. Nah, asuransi terdiri dari beberapa jenis, antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi umum yang mencakup asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi perjalanan. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan objek yang dilindunginya. Jadi, jangan lupa pastikan kamu memilih produk jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perlindunganmu.

Tentukan Produk dan Bandingkan
Setelah mengenal jenis asuransi, kamu bisa menentukan produk yang cocok. Membeli proteksi asuransi secara online memungkinkan nasabah melakukan perbandingan dengan cepat, manfaatkan hal ini. Biasanya, orang akan melihat dari sisi harga premi dan promo pemotongan harga, namun yang paling penting, perhatikan plafon nilai pertanggungan yang kamu butuhkan dan manfaat perlindungan apa yang akan didapat.

Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Pastikan perusahaan asuransi tercatat dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu juga bisa langsung mengecek kondisi sebuah perusahaan asuransi. Caranya dengan melihat rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC) sebuah perusahaan asuransi. OJK mengatur bahwa perusahaan asuransi harus memiliki RBC minimal 120%, baik bagi asuransi jiwa maupun asuransi umum. Semakin besar RBC, maka kondisi keuangan perusahaan semakin sehat.

Cari yang Praktis
Membeli asuransi secara online seharusnya memudahkan calon nasabah. Pilihlah platform yang memberikan kemudahan pembelian dan praktis untuk digunakan. Sebagai perusahaan asuransi terkemuka di dunia, Allianz Indonesia baru-baru ini meluncurkan OptimAll, sebuah portal distribusi asuransi digital yang menyediakan pilihan produk asuransi, salah satunya untuk asuransi kesehatan. Dengan OptimAll, calon nasabah dapat melakukan pembelian asuransi secara online tanpa perlu tatap muka dengan tenaga pemasar. Proses pembelian hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Polis elektronik juga akan diterima nasabah langsung via e-mail.

Pastikan Data Aman
Pastikan kamu melakukan pembelian asuransi pada situs dan portal yang melindungi data nasabah dengan aman. Pastikan kamu masuk ke URL resmi. Jangan salah ketik atau klik link URL dari sumber yang tidak terpercaya untuk menghindari penipuan.

Di portal OptimAll, keamanan data kamu terjamin aman karena sudah tersertifikasi ISO 27001:2013. Nasabah tidak perlu khawatir terhadap keamaan data mereka. Seluruh proses registrasi dilakukan dengan e-form dan dokumen pendukung cukup disertakan dalam bentuk elektronik berupa foto. Polis dikirimkan dalam bentuk elektronik melalui e-mail. Proses klaim dapat dilakukan secara online melalui website Allianz eAZy Connect.

Jangan Sungkan Bertanya
Membeli produk asuransi secara online memang memudahkan, namun terkadang informasi yang dilakukan secara jarak jauh sering menyebabkan salah pengertian. Maka itu, jangan sungkan bertanya kepada costumer service. Bila dirasa informasi belum cukup, mintalah detil dokumen asuransi tersebut atau lihat pada laman informasi produk pada situs asuransi.

Pilih yang Punya Layanan Nasabah 24 Jam
Kondisi darurat bisa terjadi kapan saja. Karenanya, kamu bisa saja sewaktu-waktu membutuhkan informasi terkait klaim. Supaya lebih tenang, kamu bisa memilih penyedia produk asuransi yang memiliki layanan asuransi kesehatan bagi nasabah yang tersedia 24 jam.

 

Baca Juga: Cara Agar Pembayaran Klaim Dapat Cepat Diterima

 

Untuk mengunjungi OptimAll dan informasi produk lengkap yang tersedia dari Allianz Indonesia, kamu dapat mengaksesnya melalui tautan berikut: https://alz.id/optimall

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan