Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

No Traveling? Bukan Masalah! Coba Ide Staycation Bersama Keluarga

29 Januari 2021 | Allianz Indonesia
Mau tetap bisa liburan di tengah pandemi? Coba semua ide seru untuk staycation bersama keluarga yuk!

Apakah kamu kerap merasakan penat dan ingin sekali merasakan liburan? Selama pandemi COVID-19 dan anjuran untuk #diRumahaja, menjaga jarak, dan pembatasan perjalanan mau tak mau akan memupuskan harapan kamu untuk bisa traveling jauh. Padahal keinginanmu untuk bisa kabur sejenak dari segala rutinitas dan bisa pergi ke tempat-tempat destinasi impian pasti jauh lebih besar saat ini dari sebelumnya.

Tenang... meski belum bisa liburan jauh, kamu tetap bisa bikin liburan lebih meriah penuh suka cita bersama keluarga. Sepanjang tahun ini, banyak lho liburan long weekend atau hari libur nasional lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai. Misalkan saja di tanggal 12 Februari 2021 adalah hari libur Tahun Baru Imlek, lalu 11 hingga 14 Maret 2021 bisa jadi long weekend perayaan Isra Mi’raj dan Nyepi. Bagaimana kalau mencoba berbagai ide untuk staycation bersama keluarga di rumah?

Tanpa kamu sadari selama pandemi COVID-19 ini, rumah kita telah berfungsi laiknya “tempat serba guna”. Sebut saja bisa jadi kantor selama kamu WFH, jadi kelas buat adik atau anak-anak sekolah di rumah, dan sekaligus bisa menjadi pusat kebugaran tempat kamu berolahraga selama beberapa bulan terakhir.

Kalau sudah begitu, mengapa tak sekalian untuk menyulap setiap sudut rumah kamu untuk jadi destinasi liburan? Ide staycation ini akan menjadi cara teraman untuk menikmati waktu luang kamu dan mengajak semua anggota keluarga untuk sementara waktu melepas rasa stres mereka. Sekaligus bisa jadi ajang penghematan kamu dan menyimpan dana liburan untuk tahun depan. Sudah penasaran mau tahu ide staycation apa saja yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah? Yuk, simak!

 

Baca juga: Dari PSBB menjadi PPKM, Berikut Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan

 

1. Spa Day

Kamu pasti sudah begitu lama merindukan untuk dapat memenjakan diri di spa. Berendam air panas, melepaskan stres dan ketegangan tubuh dengan sesi pijat. So, di hari pertama liburan staycation kamu di rumah mari mulai dengan memanjakan diri. Jadikan rumahmu laiknya sarana spa. Bersama anggota keluarga yang lain kamu bisa mulai untuk saling melakukan manikur dan pedikur. Setelahnya kamu bisa mengubah bak mandi di rumah sebagai tempat berendam. Siapkan garam mandi atau bath bomb favorit, tambahkan aromaterapi, redupkan lampu, dan pasang lagu yang menenangkan. Bersama pasangan kamu bisa mencoba sesi lulur dan berendam bersama. Menyenangkan bukan?

2. Berkemah di Rumah

Setelah memanjakan dirimu dengan spa day, hari berikutnya mari coba untuk menuntaskan rasa rindu kamu dan keluarga dengan hijaunya alam dan pengalaman berkemah. Sulap halaman belakangmu menjadi tempat berkemah.

Siapkan tenda, kantong tidur dan senter, dan putar musik alam di ponsel atau speaker agar semakin membangkitkan nuansa berkemah di halaman belakang rumahmu. Jangan lupa siapkan tikar dan bekal untuk kamu nikmati bersama seperti piknik di depan tenda.

 

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac, Vaksin COVID-19 Pertama yang Digunakan di Indonesia

 

3. Bikin Festival Kuliner Harian di Rumah

Hari pertama dan kedua, tubuh dan mata kamu sudah dimanjakan dengan agenda staycation di rumah. Nah, hari ketiga ini waktunya kamu memanjakan lidah dan perutmu. Yes, apalagi kalau bukan waktunya wisata kuliner! Tiap kali traveling tentunya kamu tidak akan mau ketinggalan untuk berwisata kuliner, bukan? Coba tanyakan pada seluruh anggota keluarga masakan khas dari destinasi liburan mana yang paling mereka rindukan. Setelahnya, kamu bisa mempersiapkan semua bahan dan memasaknya di rumah. Wisata kuliner kali ini bisa jadi festival kuliner di rumah kamu. Semakin banyak jenis masakan yang dihidangkan semakin mengobati rasa rindu makanan khas saat kamu bepergian. Yummy!

4. Daytrip dari Mobil

Di penghujung hari staycation tak ada salahnya lho kalau kamu sekeluarga city tour bersama. Ajak semua anggota keluarga menjelajahi kembali jalan-jalan sekitar daerahmu. Tapi harus tetap diingat ya bahwa semua anggota keluarga harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Dan sebaiknya, tetap di dalam mobil saja selama daytrip. Bila ingin sejenak menepi dan keluar dari mobil, sebaiknya carilah tempat atau taman terbuka yang sepi dan hindari tempat-tempat yang terlihat agak ramai.

Kami tahu sulit untuk menciptakan seratus persen pengalaman liburan yang biasanya kamu lakukan bersama keluarga. Namun, untuk mengisi waktu liburan kamu dan melepas segala penat dan stres, kamu bisa menjadikan ide staycation ini sebagai pilihan liburan yang menyenangkan. Hal terpenting, kamu masih bisa bersenang-senang dan membuat memori baru bersama keluarga. Happy staycation!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan