Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Memaksimalkan Manfaat Lewat Deductible

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Yang perlu diketahui selain manfaat dasar dan perluasan manfaat, dalam asuransi kendaraan juga terdapat komponen deductibleDeductible atau bisa juga disebut dengan own risk | risiko sendiri, menjelaskan jumlah tertentu yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi klaim.

Ketika membeli asuransi kendaraan, siapapun akan menginginkan manfaat perlindungan yang maksimal dengan biaya premi yang terjangkau. Semakin lengkap manfaat yang kita inginkan akan mempengaruhi premi asuransi yang harus dibayarkan. Yang perlu diketahui selain manfaat dasar dan perluasan  manfaat, dalam asuransi kendaraan juga terdapat komponen deductibleDeductible atau bisa juga disebut dengan own risk/ risiko sendiri, menjelaskan jumlah tertentu yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi klaim.

Sebagai contoh, ketika mobil kita mengalami kecelakaan dengan total kerugian sebesar Rp 5 juta rupiah dan deductible yang telah disepakati sebesar Rp 300 ribu, perusahaan asuransi akan membayarkan Rp 4,7 juta rupiah. Sebagai pemegang polis, kita harus membayar sebesar Rp 300 ribu sebagai risiko yang ditanggung sendiri.

Deductible biasanya diaplikasikan untuk setiap kejadian. Yang dimaksud dengan kejadian adalah ketika kerusakan terjadi dalam serangkaian peristiwa yang tidak terputus. Jika terdapat beberapa panel atau bagian mobil yang rusak dan kerusakan tersebut berlangsung dalam satu kejadian, akan diberlakukan satu kali deductible. Jika dalam penyampaian klaim didapati beberapa kejadian, biasanya akan diterapkan lebih dari satu kali deductible.

Dalam prakteknya, petugas klaim dapat menentukan berapa banyak deductible yang akan diterapkan. Pemilik polis harus menyampaikan kronologi sesuai kondisi dan informasi sebenarnya, sehingga dapat diketahui apakah kerusakan terjadi dalam serangkaian peristiwa yang tidak terputus atau ada beberapa peristiwa terpisah. Petugas klaim juga akan menjelaskan dasar penerapan deductible kepada pemegang polis. 

Penerapan deductible akan ditinjau kembali setiap kali perpanjangan polis. Biasanya, penyebab dan besarnya klaim di tahun sebelumnya akan menjadi bahan pertimbangan besaran deductible yang akan dikenakan. Fungsi deductible adalah menciptakan rasa tanggung jawab pemilik polis, karena perusahaan asuransi tidak menanggung seluruh risiko yang mungkin dialami. Dengan adanya risiko yang ditanggung sendiri oleh pemilik polis, otomatis kewaspadaan dan rasa tanggung jawab dalam berkendara akan selalu dijaga. Pastikan kita selalu mendapatkan informasi dengan lengkap sebelum memilih dan membeli produk asuransi kendaraan. 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan