Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Keuntungan Memasak Sendiri selama Pandemi COVID-19

 18 Agustus 2020 | Allianz Indonesia
Memesan atau makan di luar rumah selama new normal diberlakukan, sebenarnya belum betul-betul aman. Masak sendiri tidak seribet yang dibayangkan, kok. Justru ada banyak manfaat dari memasak sendiri selama pandemi COVID-19. 

Memesan makanan atau membeli makanan siap santap memang praktis. Namun, ada banyak keuntungan dari memasak sendiri, terutama selama pandemi COVID-19.

Meski terkesan sederhana, manfaat memasak sendiri telah banyak dibuktikan melalui penelitian. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa makan masakan rumah, cenderung lebih bahagia, lebih sehat, dan mengonsumsi gula yang lebih sedikit.

Memasak sendiri juga berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik dan bahkan dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Manfaat bagi kesehatan mental tersebut meningkat ketika menikmati masakan rumahan dengan orang lain. Kedekatan emosional yang terjalin, bahkan bisa berdampak dalam menurunkan gejala depresi.

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Samping Kesehatan Fisik saat Pandemi COVID-19

 

Tidak hanya itu saja, berikut sederetan manfaat memasak sendiri:

Meminimalkan Kontak dengan Orang Lain

Saat ini memang sudah tersedia pilihan contactless delivery dalam hal memesan makanan lewat jasa pesan antar. Contactless delivery berarti pesanan digantungkan di pagar atau ditinggalkan di depan pintu rumah, agar kamu tidak melakukan kontak langsung dengan kurir.

Meski demikian, memasak sendiri tetaplah lebih aman. Karena kamu tidak tahu bagaimana kebersihan kurir atau juru masak, dan yang terburuk bagaimana jika ternyata mereka terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala (OTG).

Kualitas Bahan Makanan Terjamin

Dengan memasak sendiri, kamu terlibat dalam keseluruhan prosesnya. Mulai dari pemilihan bahan makanan hingga pengaturan bumbu.

Kamu bisa memilih sayuran organik, daging tanpa lemak, mengeliminasi penyedap rasa, minyak kolestrol rendah, dan memilih kualitas terbaik yang masuk dalam wajan.

Higienitas Terjamin

Baru-baru ini, sebuah restoran di Bogor diberitakan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Hal ini karena pemilik restoran dan keluarganya diketahui terinfeksi virus Corona.

Peristiwa ini bisa menjadi contoh bahwa makan di luar rumah ataupun memesan makanan dari restoran tidak selalu aman. Masak sendiri merupakan salah satu pencegahan agar kamu sekeluarga terlindungi dari infeksi COVID-19.

 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Keamanan Makanan dari WHO

 

Lebih Sehat

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Public Health Nutrition, orang yang rutin memasak sendiri, mengonsumsi kalori yang lebih sedikit daripada mereka yang jarang masak di rumah. Ini baik sekali bagi kamu yang sedang diet.

Selain karena bisa dengan bebas memilih bahan-bahan berkalori rendah, memasak di rumah membuat kamu lebih mudah mengontrol porsi makanan. Berbeda dengan makan di restoran di mana makanan disajikan dalam porsi besar dan kamu merasa harus menghabiskannya karena sayang jika disisakan.

Mengasah Kreativitas

Saat ini resep-resep sehat dan kreatif dapat dengan mudah didapatkan di internet. Dengan bahan seadanya ditambah kreativitas, kamu sangat bisa membuat masakan lezat yang disukai keluarga. Bukannya tidak mungkin kalau kamu malah akan membuat sendiri resep andalan dan menjadi chef rumahan yang digemari pemirsa Youtube.

Mendekatkan Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat sangat baik untuk kesehatan mental, terutama di masa pandemi, di mana angka depresi cenderung meningkat. Memasak bersama bisa menjadi kegiatan yang mendekatkan keluarga.

Bagi yang memiliki anak kecil, kegiatan memasak bisa menjadi alternatif untuk mengusir kebosanan. Ketika terbiasa makan masakan rumah, saat anak-anak telah dewasa nanti, masakan rumahlah yang akan membuat mereka rindu untuk pulang.

Lebih Hemat

Coba buat food preparation dengan menuliskan rencana menu, daftar bahan makanan selama seminggu, dan estimasi harga. Kamu akan terkejut, karena dengan bujet terbatas, kamu bisa makan sehat jika masak sendiri.

Kelebihan bujet bulanan bisa kamu anggarkan untuk membeli asuransi kesehatan, yang akan sangat bermanfaat dalam melindungi kamu dan keluarga dari COVID-19.

Menyantap makanan yang bersih dan sehat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus. Nah mulai sekarang, yuk rencanakan menu dan rasakan manfaat dari menyantap masakan sendiri.

 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan