Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

 Investasi Bersama Pasangan? Coba Cara Ini!

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Biaya kebutuhan hidup yang terus meningkat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para married couple. Belum lagi jika ada biaya tak terduga seperti sakit atau kecelakaan. Bagi kamu yang baru atau telah menikah dan belum memiliki anak, investasi bersama pasangan bisa menjadi cara untuk menambah pundi-pundi kalian. Bagaimana carannya?

Hitung pendapatan dan pengeluaran bersama, kemudian tentukan tujuan investasi kamu dan pasangan. Apakah untuk membeli tempat tinggal, adakah rencana memiliki anak, bagaimana perlindungan untuk keluarga, atau yang lainnya.

Selanjutnya, perkirakan jangka waktu untuk mencapai tujuan itu. Bisakah perlindungan keluarga diambil dalam jangka pendek, atau mungkinkah memiliki anak dalam jangka waktu menengah, atau mampukah cicilan properti jangka panjang.

Kemudian, perhitungkan profil risiko atau tingkat toleransi kamu dan pasangan terhadap risiko. Umumnya married couple termasuk dalam golongan moderat, karena sudah memiliki tanggungan walaupun belum banyak. Dalam tahap ini, investasi bisa dilakukan dengan agresif tapi tetap mencari aman.

Setelah melakukan tiga langkah tadi, baru kalian bisa menentukan instrumen investasi yang tepat. Kamu dan pasangan dapat menggabungkan beberapa instrumen seperti obligasi, saham dan pasar uang.

Untuk pasangan dengan golongan moderat, bisa mencoba investasi dengan porsi obligasi yang lebih besar.

Berikut contoh alokasi investasinya:  

Tapi, bagi pasangan yang memiliki profil risiko yang agresif bisa diperbesar porsi sahamnya dibandingkan obligasi dan pasar uang.

Berikut contoh alokasi investasinya:  

Berikut contoh alokasi investasinya:

Sedangkan untuk pasangan yang konservatif dan mau cari aman, di bawah ini contoh instrumen investasi yang tepat:

  1. Emas
  2. Deposito
  3. Berbagai macam produk reksadana (reksadana saham pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana pasar uang ataupun reksadana campuran)

Selain melalui produk produk reksadana, kalian juga bisa membeli produk unit link yang tidak sekedar memberikan hasil potesi return yang tidak kalah menariknya dengan produk reksadana tetapi juga memberikan perlindungan terhadap risiko dalam kehidupan. 

Sehingga untuk anda pasangan muda  yang cukup sibuk dengan aktivitas dapat terbantu rencana keuangannya dari sisi investasi maupun proteksinya.

Sangat dibutuhkan penyesuaian bersama pasangan dalam mengelola keuangan bersama, tapi kesiapan finansial sejak dini akan lebih baik. Selamat mencoba ;)

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan