Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Inilah Tips Menyiapkan Liburan Akhir Tahun yang Membahagiakan

26 Desember 2019 | Allianz Indonesia
Libur telah tiba...libur telah tiba, hore...hore..... Begitu Tasya bernyanyi. Liburan memang menyenangkan, apalagi jika kita berjalan-jalan atau tamasya ke tempat impian.

Namun jangan sampai, setelah berlibur kita malah menyesal karena dompet terkuras, rekening tabungan kosong dan malah punya utang karena tidak ada perencanaan liburan.

Rasa sesal setelah liburan bisa terjadi jika Anda tidak menyiapkan perencanaan yang matang. Ini yang sering kali terjadi karena banyak orang berlibur secara spontan.

 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ikut Liburan Open Trip Lebih Menyenangkan

 

Agar liburan akhir tahun nanti membahagiakan, yuk lakukan hal-hal berikut ini:

Atur jadwal

Libur akhir tahun memang sudah di depan mata. Namun masih ada waktu untuk mempersiapkan jadwal, meskipun mepet. Segera saja tentukan tanggal liburan, ajukan cuti ke atasan di kantor.

Usahakan jangan memilih waktu berlibur saat akhir pekan. Karena, tempat wisata pada akhir pekan lebih ramai dibanding hari biasa.

Pilih tempat liburan

Setelah ada kepastian tanggal cuti, segera tentukan tempat tujuan berlibur. Anda bisa riset kecil-kecilan dengan bantuan Google untuk menentukan tempat liburan yang menyenangkan. Boleh juga meminta rekomendasi teman kerja atau tetangga. 

Jangan lupa tanyakan tempat penginapan yang aman dan nyaman, sarana transportasi jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, serta tempat kuliner yang yummy. Tidak lupa, persiapkan juga perlengkapan dan obat apa saja yang harus dibawa.

Tentukan biaya dan sumber dana

Setelah mengetahui tujuan berlibur, Anda bisa menghitung biaya-biaya yang dibutuhkan. Hitung seluruh biaya ya, mulai dari tiket perjalanan, tiket masuk ke tujuan wisata, biaya makanan dan hotel, biaya asuransi perjalanan, serta dana untuk belanja oleh-oleh. Untuk menekan pengeluaran, cermati situs penjualan tiket atau travel agency yang menawarkan promo liburan.

Lalu tentukan sumber dana untuk liburan. Lebih baik gunakan dana simpanan yang selama ini dipersiapkan untuk liburan. Jangan memaksakan untuk menggunakan dana pinjaman karena malah akan menjadi beban di kemudian hari.

Pastikan pekerjaan kantor beres

Sebelum cuti, Anda harus memastikan semua pekerjaan di kantor sudah tuntas. Menyelesaikan pekerjaan sebelum cuti akan menjadikan Anda lebih nyaman saat berlibur. Jika tidak, liburan Anda bisa terganggu oleh dering telepon dari teman di kantor untuk menanyakan sisa pekerjaan. Pikiran Anda juga tidak akan tenang karena menyusahkan teman di kantor.

Siapkan asuransi perjalanan

Meski kita akan pergi ke tempat wisata yang menyenangkan, bukan berarti tidak ada risiko. Kita tidak akan tahu apa yang bisa terjadi di tempat wisata ataupun selama perjalanan. Oleh karena itu, asuransi perjalanan harus dipersiapkan untuk berjaga-jaga dari hal-hal buruk.

 

Baca juga: Yuk, Berkenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

​​​​​​​

Jaga stamina

Liburan akan menjadi sia-sia jika badan tidak sehat. Oleh karena itu sebelum liburan tiba, Anda wajib menjaga kesehatan dan stamina. Jaga pola makan dan tidur yang cukup agar badan tetap sehat saat berlibur ke tempat wisata.

 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat

 

Ayo mulai siap-siap berlibur. Bikin perencanaan yang matang agar tidak ada sesal selama berlibur.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan