Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Ini Alasan Mengapa Ikut Liburan Open Trip Lebih Menyenangkan

 07 November 2019 | Allianz Indonesia
Gencarnya promosi pariwisata membuat traveling atau liburan jadi prioritas utama masyarakat. Selain untuk melepas penatnya rutinitas pekerjaan tapi juga jadi ajang aktualisasi diri. Tak segan kaum milenials sekarang merogoh koceknya untuk berpergian ke luar negeri untuk mendapatkan kesenangan tersendiri.

Gencarnya promosi pariwisata membuat traveling atau liburan jadi prioritas utama masyarakat. Selain untuk melepas penatnya rutinitas pekerjaan tapi juga jadi ajang aktualisasi diri. Tak segan kaum milenials sekarang merogoh koceknya untuk berpergian ke luar negeri untuk mendapatkan kesenangan tersendiri.

Tapi saat ini makin banyak pilihan untuk dapat berwisata dengan murah namun tetap mendapat pengalaman berkesan. Misalnya lewat jalur open trip.

Apa sih sebenarnya open trip itu? Open trip adalah paket wisata yang memungkinkan kamu untuk berjalan-jalan ke berbagai tempat dengan orang lain. Sebagian tour agent punya minimal kuota untuk sekali open trip, sementara yang lain bebas dan pasti jalan. Nantinya kamu akan digabung bersama pelancong lain dalam menjelajah suatu tempat. Berikut manfaat ikut open trip!

 

Baca juga: Ingin Traveling, Sudah Siapkan Hal Ini Belum?

 

Hemat Budget.

Dengan mengikuti open trip, kamu bisa lebih berhemat. Perjalanan via open trip umumnya jauh lebih murah. Kamu bisa mendapatkan tarif grup untuk akomodasi atau penginapan. Sebab biasanya penginapan akan memberikan tarif diskon untuk rombongan tour yang mau menginap bersama-sama.

Selain itu kamu bisa mendapat tarif grup yang biasanya mendapatkan potongan harga khusus. Terutama untuk moda transportasi seperti bus dan kereta api. Selain itu tarif menjadi lebih murah ketimbang trip individu saat mengunjungi tempat wisata baik taman hiburan, museum, dan lain sebagainya.

Ingat, jika kamu dapat mengurangi biaya perjalanan maka tentu kamu akan memiliki uang ekstra yang bisa dimanfaatkan misalnya untuk belanja oleh-oleh.

 

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal Apakah Garansi Bepergian?

 

Memahami Obyek Wisata Lebih Mendalam

Lebih praktis karena kamu tak perlu siapkan itinerary dan juga pemilihan tempat tinggal. Tidak tahu mau ke objek wisata apa atau aktivitas apa yang bisa dilakukan? Tak perlu khawatir. Karena semua sudah diatur oleh tour leader atau pemandu wisata lokal yang akan membantumu. Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus perhatikan waktu agar tak ketinggalan jadwal yang sudah dibuat. 

Dengan bantuan tour leader maka biasanya kamu akan mendapat pengetahuan lebih mendalam mengenai lokasi yang dituju, mulai dari urban legend, maupun informasi sisi lain dari kota yang kamu tuju. Bahkan tak jarang kamu akan diajak ke tempat-tempat yang unik.

Lebih Aman

Safety in numbers. Pernahkah kamu mendengar pepatah lama itu? Bila kita berpergian ke tempat baru dan tempat yang tidak dikenal sendirian akan ada kemungkinan kita tersasar. Bahkan tak jarang kita mendengar banyak pencopet yang mengincar turis asing atau pengemudi taksi yang suka menipu pelancong.

Tapi ketika kita berjalan dalam satu kelompok, kita akan saling mengawasi satu sama lain. Ditambah lagi, kita berjalan bersama tour leader yang membawa kita ke tempat yang lebih aman. Selain itu dengan adanya tour leader, kendala komunikasi bahasa akan terselesaikan.

 

Baca juga: 4 Alasan Penting Membeli Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

 

Bonus Teman Baru

Banyak yang menunda liburannya karena tak mau berjalan sendiri atau susah mendapatkan teman perjalanan. Jadwal yang sulit disamakan selalu jadi jadi alasan utama. 

Bila kamu ikut open trip sudah pasti kamu akan berkenalan dengan orang baru. Tapi ingat sebagian besar orang akan berada di posisi yang sama dengan kamu.

Memang ada yang datang ke open trip sendirian, atau dengan teman, tetapi mereka semua ingin bertemu orang baru. Tujuannya sama dengan kamu. Bersenang-senang!

Seringkali banyak cerita peserta open trip akan mudah berteman dengan cepat dan bahkan masih tetap berhubungan beberapa bulan kemudian. Tetapi ingat seperti dalam kehidupan biasa, akan selalu ada orang yang tidak kamu sukai atau yang tidak menyukai kamu. Namun jangan biarkan itu merusak perjalananmu. Berpikirlah positif karena di perjalanan berikutnya kamu tidak akan bertemu orang itu lagi. 

Nah bila kamu siap untuk bertemu dengan teman baru, mau belajar tentang hal baru dan tak mau dipusingkan urusan transportasi dan mendapatkan pengalaman tak terlupakan maka kamu harus mencoba open trip. Tunggu apalagi? Mari liburan!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan