Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Ingin Pergi Traveling, Sudah Siapkan 7 Hal Ini Belum?

23 Agustus 2019 | Allianz Indonesia
Di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan, berkumpul bersama teman dekat dan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus mencari pengalaman menarik dan mengesankan. Tak jarang, untuk menuntaskan rasa jenuh tersebut, kita pergi traveling.

Tentunya saat bepergian dibutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan. Apabila kamu memutuskan untuk solo traveling, prioritas utama adalah keselamatan diri sendiri. 

Namun lain halnya jika kamu traveling bersama keluarga atau sahabat, di mana kamu dituntut untuk saling menjaga satu sama lain. Nah, supaya kegiatan traveling kamu semakin menyenangkan, berikut kami berikan tips mempersiapkan diri agar bisa tenang dan aman dalam perjalanan.

Berikut 6 tips agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

 

Baca juga: Susun Perencanaan Keuangananmu dengan 6 Aspek Ini

 

1. Persiapan fisik

Alangkah baiknya bila sebelum berjalan, kita persiapkan fisik. Apalagi jika kamu berniat untuk jalan-jalan di tempat yang bernuansa alam, seperti naik gunung. Dengan begitu, stamina saat perjalanan kita dapat terus terjaga. 

Saat kita berjalan-jalan dengan menggunakan kendaraan dan mengemudi sendiri pun, kita harus pastikan tubuh dalam kondisi fit. Tidur yang cukup dan berkualitas menjadi syarat mutlak sebelum memulai perjalanan.

Bila kita berjalan dalam jangka waktu panjang, berolahraga yang teratur sebelum perjalanan tentu akan lebih baik. Tentu saja, istirahat yang cukup diperlukan agar saat perjalanan kita tak merasa kelelahan.

2. Persiapkan pakaian beberapa hari sebelum perjalanan

Ada baiknya kita persiapkan isi tas pakaian kita jauh-jauh hari. Tentu saja sesuaikan dengan kondisi cuaca lokasi yang kita tuju. Misalnya saat berpergian ke negara dengan udara dingin, kamu bisa bawa pakaian tebal agar tubuh menjadi lebih hangat. Kuncinya, jangan membawa pakaian terlalu berlebihan karena justru malah akan merepotkanmu di perjalanan.

 

Baca juga: Banyak Rencana Liburan Setahun? 4 Hal Ini Membantumu untuk Melaksanakannya!

 

3. Bawalah obat-obatan dan P3K

Bila kamu alergi terhadap makanan tertentu atau punya penyakit khusus jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Siapkan juga obat umum, seperti obat sakit kepala, obat maag, atau obat mual. Bila perlu, bawa vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh.

 

4. Bawalah makanan dan minuman ringan

Dalam perjalanan, kita tidak tahu kapan waktu untuk berhenti makan. Bila kondisi demikian, wajib untuk membawa makanan ringan dan juga minuman agar terhindar dari dehidrasi. Hindari makan terlalu kenyang. Hal ini akan menyulitkan diri saat perjalanan karena dalam menempuh perjalanan yang jauh, bayangkan betapa tidak nyamannya bila perut kita terisi sangat penuh.

5. Sediakan uang secukupnya

Hanya kamu yang tahu berapa banyak uangmu. Bijaksanalah dalam mengatur biaya perjalanan. Siapkan budget yang sesuai, atau bahkan siapkan juga untuk biaya tidak terduga. Demi kenyamanan saat traveling ke luar negeri, sangat disarankan untuk menukarkan rupiah sebelum keberangkatan, mengingat rate-nya lebih murah.

6. Jangan lupa bawa dokumen pendukung

Saat traveling, identitas diri juga diperlukan untuk berjaga-jaga jika kita ditanyai oleh pihak yang berwajib. Apalagi jika kita hendak bepergian ke luar negeri. Dokumen seperti paspor dan KTP wajib hukumnya untuk dibawa. Dokumen lain seperti bukti tiket pesawat atau voucher penginapan juga jangan sampai ketinggalan. Kalau perlu, kumpulkan semua dokumen dalam satu tempat. Simpan di tempat yang mudah diingat dan dijangkau di dalam ransel.

 

Baca juga: 4 Manfaat Asuransi Perjalanan

 

7. Bekali diri dengan proteksi

Tentu saja kita tidak mau perjalanan kita terganggu akan hal-hal terduga. Namanya musibah, kita tidak tahu kapan datangnya. Nah, supaya hati kian tenang, ada baiknya kita lindungi diri kita lewat asuransi perjalanan.

Dengan membeli asuransi perjalanan, kita mendapat beberapa manfaat yang terdiri dari perlindungan medis, bantuan darurat di seluruh dunia, kecelakaan diri dan perlindungan dari ketidaknyamanan perjalanan. 

Peran asuransi perjalananan saat perjalanan kian menjadi penting. Baik bagi pengguna kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Tak hanya risiko fatal seperti sakit dan kecelakaan, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan terhadap barang bawaan kamu saat bepergian

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan