Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Ingin Menambah Penghasilan Di Masa Pandemi? Yuk, Coba Hobi-Hobi Ini

27 April 2021 | Allianz Indonesia
Kamu ingin menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan semasa pandemi ini? Nah, berikut hobi-hobi yang bisa membantu untuk meningkatkan pemasukanmu.

Sudah setahun lebih kita hidup di tengah-tengah pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri kalau hadirnya pandemi ini memberikan dampak yang cukup besar tidak hanya di sektor kesehatan tetapi juga ke sektor lain seperti ekonomi.

Seperti yang kita ketahui bahwa perekonomian dunia banyak yang menghadapi resesi karena pandemi dan berimbas banyaknya pekerja yang harus kehilangan pekerjaan mereka atau kekurangan pendapatan. Hal ini membuat masyarakat akhirnya memilih untuk mencari penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk menambah penghasilan itu adalah dengan menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tambahan. Selain bisa memberikan kebahagiaan yang dapat meningkatkan imunitas, hobi juga bisa membantu kita untuk meningkatkan pendapatan. Dan berikut beberapa hobi yang bisa menambah isi kantong.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Keuanganmu Sudah Terarah? Ini Tandanya!

 

Berkebun dan Mengoleksi Tanaman Hias

Di masa pandemi ini, mengoleksi tanaman hias dan berkebun menjadi hobi yang kembali banyak digeluti oleh masyarakat. Selain bisa melawan rasa bosan, berkebun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berkebun dan memelihara tanaman membuat kamu dapat berinteraksi dengan alam dalam situasi pandemi yang membuat kita lebih banyak menghabiskan aktivitas di dalam ruangan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Agnes E van den Berg, dkk dalam risetnya yang berjudul “Allotment Gardening and Health: A Comparative Survey Among Allotment Gardeners and Their Neighbors Without an Allotment" mengungkap bahwa berkebun memberikan efek positif bagi kebahagiaan, kepuasan hidup, serta dapat mengurangi rasa kesepian dan stress.

Tidak sampai di situ, berkebun dan mengoleksi tanaman hias juga bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi ini. Dengan popularitas hobi tanaman hias yang sedang meningkat, membuat banyak kolektor memburu tanaman hias tersebut. Jika kamu memiliki koleksi yang banyak dicari, kamu dapat menjualnya dan mendapatkan keuntungan tambahan.

Memasak

Kamu punya hobi memasak atau meracik kopi? Nah, kalau kamu suka bereksperimen di dapur dan membuat berbagai macam menu masakan mungkin kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan.

Kamu bisa membuat makanan ringan, kue, donat ataupun makanan-makanan lain dan membagikannya kepada orang-orang terdekatmu untuk mencoba. Kalau mereka suka dengan masakanmu tak ada salahnya kalau mencoba menjualnya untuk pemasukan tambahan bagi kantongmu.

Apalagi saat ini zaman sudah semakin berkembang, dengan adanya media sosial dan jasa delivery online akan memudahkan kamu untuk promosi sampai menjualnya. Dan kalau sudah semakin banyak yang menyukainya bukan tidak mungkin kamu bisa membuka bisnis catering atau coffee shop online yang bisa menjadi sumber pendapatan baru.

 

Baca Juga: Keuntungan Memasak Sendiri selama Pandemi Covid-19

 

Kerajinan Tangan

Mungkin banyak yang sudah bosan karena sudah setahun ini beraktivitas dari rumah saja. Untuk melawan kebosanan tersebut, kamu dapat juga mulai mencoba untuk membuat kerajinan tangan seperti tas daur ulang, membuat kartu ucapan, menyulam, membuat hiasan dinding seperti macrame atau membuat sabun dari bahan-bahan alami.

Setelah membuatnya kamu juga bisa mulai menjualnya secara online untuk menambah penghasilan. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mendukung kerajinan ataupun bisnis lokal, sehingga keunikan hasil karya yang diciptakan tentunya bisa menarik perhatian banyak orang dan membuat kamu mendapat pemasukan tambahan.

Menulis

Memiliki hobi menulis untuk mengisi waktu luang kini dapat menjadi peluang baru untuk menambah penghasilan sebagai penulis lepas. Saat ini banyak media online yang mau menerima dan menerbitkan berbagai bentuk karya tulis seperti puisi, artikel, cerita, atau karya tulis lain. Dan ketika karyamu dimuat oleh media tersebut, tentunya pundi-pundi uang pun akan bertambah.

Kesempatan lain untuk menambah penghasilan dari hobi menulis ini adalah dengan menjadi penulis review produk atau menjadi editor lepas di suatu perusahaan. Memiliki pengalaman menulis di berbagai bidang akan menambah pengalaman dan reputasi kamu sebagai penulis sehingga kamu bisa mendapat penghasilan yang lebih tinggi lagi.

Menjahit

Keterampilan dalam menggunakan mesin jahit juga bisa menjadi sumber pendapatan baru. Di tengah pandemi ini semua orang membutuhkan masker demi menjaga kesehatan mereka. Dengan desain yang unik dan banyaknya peminat, tentu masker kamu akan menarik perhatian masyarakat untuk membelinya. Bukan hanya berkreasi, hasil jahitanmu pun bisa menjadi sumber rezeki baru.

Selain beberapa hobi di atas, tentunya masih banyak hobi lain yang bisa membantu kamu untuk mendapat penghasilan tambahan. Zaman yang sudah canggih pun bisa mempermudah kamu untuk mempromosikan berbagai macam karya yang kamu buat. Yuk, jadikan hobimu sebagai sumber penghasilan baru.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan