Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

HIIT, Jenis Latihan yang Mudah Sekaligus Efektif Membakar Lemak, Pernah Coba?

25 Juni 2019 | Allianz Indonesia
Tak perlu risau dengan timbunan lemak yang tak kunjung hilang pasca Lebaran. Kamu bisa melakukan High Intensity Interval Training (HIIT) untuk menghilangkan lemak-lemak di tubuhmu.

Perayaan Lebaran sudah usai, begitu juga dengan THR yang sudah melayang. Masalah bertambah lagi, karena timbunan lemak di badan mulai menggumpal.

Nah, buat kamu yang ingin berolahraga tapi hampir nggak memiliki waktu jangan khawatir. Dengan melakukan HIIT, kamu akan membakar lemak berlebih di tubuh dalam waktu singkat. HIIT atau High Intensity-Interval Training adalah latihan kardio intensitas tinggi dan intensitas sedang/rendah dengan kombinasi gerakan dalam interval tertentu.

Bagi new comer, gerakan HIIT biasanya terdiri dari beberapa gerakan. Di antaranya ada jumping jack, yakni melompat dengan membuka kaki diikuti gerakan tangan lurus dan bertepuk di atas kepala.

Gerakan selanjutnya adalah plank. Dimulai dari posisi push up, tekuk bagian lenganmu membentuk siku 90 derajat sehingga lengan bawah menyentuh lantai sebagai tumpuan. Gerakan ini dapat membantu kamu memperkuat otot-otot tubuh bagian tengah sehingga kamu memiliki keseimbangan tubuh yang mantap.

Lalu selanjutnya ada gerakan squat thrust, yakni berdiri, jongkok, posisi push up, jongkok, lalu berdiri lagi dan melompat. Ini bagian gerakan paling berat dibandingkan yang lain, karena gerakannya kompleks dan memaksa seluruh bagian tubuhmu aktif bergerak. Biasanya, setelah gerakan tersebut kamu bisa kembali melakukan plank.

Selanjutnya adalah gerakan squat jump, yakni diawali dari posisi berdiri, lalu melompat dan langsung menuju posisi jongkok dengan salah satu kaki ada yang berada di depan dan di belakang, ulangi secara bergantian. Gerakan ini akan memaksa otot kaki kamu, khususnya otot paha, untuk bekerja ektra keras.

Lalu lakukan ladder exercise, yaitu naik-turun satu anak tangga. Biasanya, orang memakai pembatas trotoar atau taman. Nah, yang erakhir adalah sit up yang akan memperkerjakan otot perut kamu.

Kombinasi gerakan di atas tidak perlu berurutan, tapi harus berulang secara kontinyu. Lakukan setiap gerakan sekitar satu menit dan jangan lupa istirahat sekitar 10 detik tiap ganti gerakan. Jangan lupa juga untuk pemanasan dan pendinginan ya. Meski hanya dengan lima menit, jika dilakukan dengan gerakan yang benar dijamin kamu akan langsung mengeluarkan keringat.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan