Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Baru

16 Juli 2019 | Allianz Indonesia
Buat kamu yang tengah mencari kendaraan ataupun berencana mengganti mobil, perhatikan tips berikut supaya kamu tidak menyesal karena salah pilih.

Mengingat harganya yang tidak murah dan kenyamanannya menunjang aktivitas keseharian, jangan sampai saat memilih mobil seperti membeli kucing dalam karung. Agar kendaraan yang kamu beli sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan, coba pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil.

Pilih segmen mobil yang sesuai

Jika kamu hendak melakukan perjalanan jauh dengan rute yang didominasi dengan aspal mulus, kamu dapat memilih mobil di segmen sedan, hatchback, city car, atau medium MPV (multi purpose vehicle) yang menunjang kenyamanan.

Sementara, bila rute yang hendak ditempuh mayoritas jalanan menanjak dengan kontur aspal tak rata atau belum teraspal, segmen mobil yang bisa kamu pilih adalah low MPV, SUV, atau mobil dengan jarak pijak yang tinggi karena memiliki daya tahan yang lebih baik.

Perhatikan kapasitas mesin

Perhatikan spesifikasi mesin sebelum membeli mobil baru. Hal tersebut akan memengaruhi konsumsi bahan bakar sepanjang perjalanan. Bila kamu melintasi rute yang didominasi jalur bebas hambatan dan jalanan umum yang cenderung luas, pilihlah mobil dengan kapasitas mesin lebih besar untuk melaju lebih cepat.

Sementara, jika rute yang hendak dilewati cenderung padat dan sering terjadi kemacetan, kamu dapat memilih mobil dengan kapasitas mesin lebih kecil dan dimensi bodi mobil lebih kompak. Tujuannya agar konsumsi bahan bakar lebih irit dibanding mobil berkapasitas mesin di atas 2.000 cc. Biaya perawatan mobil berkapasitas mesin lebih kecil juga cenderung lebih murah dan mudah.

Harga jual kembali

Tak dapat dipungkiri, jika mayoritas masyarakat Indonesia dalam membeli mobil adalah kepopuleran di jalan dan harga jual kembali yang tetap tinggi. Tujuannya adalah uang hasil dari menjual mobil lawas lebih besar dan bisa dijadikan uang muka mobil baru, sehingga cicilan per bulannya menjadi lebih ringan.

Bila kamu hendak menukar mobil lama dengan mobil baru, sebaiknya bersihkan bagian interior dan eksterior sebelum dijual. Bila ada fitur yang tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa memperbaiki hingga kondisi layak jual. Dengan begitu, kemungkinan kamu mendapatkan harga jual kembali yang tinggi lebih besar.

Pemilihan asuransi kendaraan yang tepat

Setelah mendapatkan mobil baru yang kamu idam-idamkan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan memilih asuransi kendaraan terbaik dan tepat untuk mobil baru kamu. Salah satu jenis asuransi kendaraan terbaik adalah menawarkan berbagai layanan tambahan, misalnya perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, melindungi kendaraan dari huru-hara, serta penyelesaian penggantian tunai.

Selain beberapa manfaat yang telah dijelaskan di atas, penting juga untuk mempertimbangkan asuransi kendaraan yang menawarkan kemudahan pendaftaran dan klaim, serta jaringan bengkel yang luas.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan