Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Fasilitas Pertama Kerusakan atau Kecelakaan Kendaraan

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Pada asuransi kendaraan biasanya selain pertanggungan perusahaan asuransi memberikan layanan yang sifatnya fasilitas. Apa saja fasilitas dari asuransi kendaraan? simak penjelasan berikut ini.

Ketika terjadi kecelakaan, apa fasilitas yang diberikan perusahaan asuransi terhadap pemegang polis asuransi kendaraan?

Pada asuransi kendaraan biasanya selain pertanggungan perusahaan asuransi memberikan layanan yang sifatnya fasilitas. Bentuk yang paling sering ditemui adalah road assistance atau car towing. Saat terjadi kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan, nasabah bisa menghubungi call center dari perusahaan asuransi dan petugas car towing akan datang ke tempat kejadian.

Saat tiba, selain sebagai mekanik, petugas car towing juga berfungsi sebagai surveyor. Ia akan mengecek langsung kondisi kendaraan dan akan melakukan penghitungan kerusakan. Ini terutama terkait dengan manfaat perlindungan dari asuransi kendaraan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan. Apakah kerusakan yang terjadi adalah akibat dari kecelakaan yang termasuk dalam pertanggungan yang terdapat dalam polis asuransi atau tidak.

Petugas yang akan datang berasal dari perusahaan asuransi ataukah bengkel rekanan?

Biasanya perusahaan asuransi punya petugas sendiri, namun terkadang juga perusahaan asuransi dapat bekerja sama dengan petugas dari bengkel rekanan atau partner yang khusus menangani hal-hal tersebut saat terjadi kecelakaan. Petugas yang dikirimkan juga dipengaruhi oleh lokasi dimana terjadinya kecelakaan atau kerusakaan.

Bagaimana dengan mobil mogok? Apakah akan mendapat fasilitas car towing juga?

Kalau kasusnya mobil mogok atau trouble, nasabah juga dapat menghubungi call center yang kemudian akan berkoordinasi dengan petugas roadside assistance yang akan menghubungi nasabah dan menanyakan mengenai  jenis/merek kendaraan yang kita gunakan, gejala apa yang terlihat sehingga bisa diantisipasi untuk perbaikan sementara di lokasi kejadian. Apabila tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan sementara maka biasanya perusahaan asuransi akan datang untuk membawa kendaraan tersebut ke bengkel rekanan terdekat.

Bagaimana apabila kita melakukan perjalanan di tempat yang lumayan terpencil, saat mudik misalnya, lalu kemudian terjadi kecelakaan?

Apabila kondisinya sampai seperti itu, laporkan saja kepada call center perusahaan asuransi, apabila perusahaan Asuransi tidak memiliki fasilitas terdekat dengan tempat kejadian maka,petugas akan membantu mencarikan layanan car towing yang tersedia di daerah tersebut.

Apabila kecelakaan yang terjadi dijamin oleh polis Asuransi dan ada biaya yang harus ditanggung terlebih dahulu oleh nasabah, maka nasabah dapat melakukan reimburse kepada perusahaan Asuransi.

 

Dari semua penjelasan di atas yang perlu diperhatikan oleh nesabah adalah membaca polis Asuransi kendaraan yang dimiliki, sehingga kita dapat mengetahui manfaat, fasilitas dan no call centre saat terjadi hal darurat.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan