Kamu masih single? Ini Saat yang Tepat Untuk Mulai Investasi!

by Allianz Life | terakhir dibaca 25 Maret 2020 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Masa lajang merupakan masa yang indah untuk eksplorasi banyak hal. Akibatnya, gaya hidup boros seringkali terjadi di kalangan kawula muda. Bagi kamu yang masih muda dan single, jangan hanya menghamburkan uang. Banyak hal di masa depan yang sebaiknya dipersiapkan sejak dini seperti biaya menikah, cicilan rumah atau apartemen, bahkan dana pensiun. Hal ini bisa dilakukan dengan berinvestasi sedini mungkin. 

Sebelum mulai berinvestasi, lakukan dulu beberapa hal ini.

Pertama, perhitungkan pemasukan dan pengeluaranmu, sehingga kamu tahu berapa dana yang kamu miliki saat ini. Saat single, tanggungan hidup cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah. Hal ini memudahkanmu menyisihkan dana untuk investasi. Terlebih, sekarang investasi bisa dilakukan hanya dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja.

 

Kedua, tentukan tujuan investasi; apakah hanya untuk tabungan, atau untuk biaya menikah dan berkeluarga, atau untuk biaya pembelian properti. Hal ini membantumu mengenali cara untuk mencapai tujuanmu.

 

Terakhir, kenali profil risiko-mu, yakni kemampuan untuk menanggung suatu risiko dalam berinvestasi berupa nilai investasi yang fluktuatif. Untuk kamu yang agresif dan suka tantangan, bisa coba untuk berinvestasi di saham. Untuk kamu yang moderat, bisa mulai untuk mencoba obligasi. Tapi untuk kamu yang konservatif dan ingin merasa aman, berinvestasi di deposito bisa menjadi solusi.

 

Nah, buat kamu yang masih muda dan single, yuk rencanakan masa depan sejak dini dan jangan tunda lagi investasi. Semakin ditunda, semakin banyak kebutuhan yang diperlukan, bukan? ;)

 

Tentang penulis

Allianz Life






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:13:53

Investasi dalam Asuransi Jiwa Syariah

Mekanisme investasi dalam Asuransi jiwa syariah jenis unit link, pada intinya tidak jauh berbeda dengan asuransi jiwa konvensional, hanya penempatan fund saja yang lebih selektif. Seperti apa? Cek di sini yuk.

04 Juni 2018 15:13:41

Mengkaji Ulang polis Asuransi Jiwa

04 Maret 2019 18:31:49

Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber