Ayo Kenali Profil Risiko Kita

by Jurnal Allianz | terakhir dibaca 09 April 2020 19:50:52 UNDUH BACA NANTI

Karakter kita dalam mengatur keuangan sangat berpegaruh untuk melakukan perencanaan investasi yang matang. Apakah kamu tipe yang moderat, agresif, atau konservatif? Temukan jawabannya di sini.

Di antara kita pasti sudah menyadari pentingnya berinvestasi. Untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, berinvestasi menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. Apa sih yang pertama kali harus kita ketahui?

Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengenal diri kita terlebih dahulu, seperti apa kita melihat sebuah risiko. Hal ini lazim disebut dengan “Profil Risiko”. Setiap jenis investasi selalu memiliki risiko walaupun besar-kecilnya berbeda-beda. Secara garis besar profil risiko bisa dibagi menjadi 3 tipe:

  1. Tipe Konservatif: Orang dengan tipe ini akan cenderung menghindari risiko tinggi dan memilih jenis investasi dengan risiko yang serendah-rendahnya meskipun sadar bahwa keuntungan yang didapatnya tidak terlalu tinggi. Produk finansial yang cocok dengan profil ini adalah produk tabungan, deposito  dan reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang.
  2. Tipe Moderat: Tipe ini lebih menekankan antara keseimbangan risiko dengan keuntungan yang diperolehnya.  Yang penting modal investasi aman, kalaupun ada kerugian berharap akan ada peluang keuntungan lagi dalam jangka menengah atau panjang. Produk yang cocok biasanya adalah jenis reksa dana campuran dengan muatan kombinasi saham dan obligasi.
  3. Tipe Agresif: Bagi tipe ini risiko adalah hal yang harus diambil bila ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi. Jenis investasi yang cocok adalah saham.

Tentang penulis

Jurnal Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

22 Maret 2019 16:29:17

Agar Bebas Stres, Buat Perencanaan Keuangan Sebelum Punya Anak

Sudah seharusnya kehadiran anak menambah kebahagiaan di rumah. Jangan sampai si kecil terkesan menambah beban, buat perencanaan keuangan keluarga mulai sekarang.

04 Juni 2018 15:13:30

Pembayaran Premi pada Asuransi Unit Link

04 Juni 2018 15:13:41

Mengkaji Ulang polis Asuransi Jiwa