Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Karakter kita dalam mengatur keuangan sangat berpegaruh untuk melakukan perencanaan investasi yang matang. Apakah kamu tipe yang moderat, agresif, atau konservatif? Temukan jawabannya di sini.

Di antara kita pasti sudah menyadari pentingnya berinvestasi. Untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, berinvestasi menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. Apa sih yang pertama kali harus kita ketahui?

Yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengenal diri kita terlebih dahulu, seperti apa kita melihat sebuah risiko. Hal ini lazim disebut dengan “Profil Risiko”. Setiap jenis investasi selalu memiliki risiko walaupun besar-kecilnya berbeda-beda. Secara garis besar profil risiko bisa dibagi menjadi 3 tipe:

    1. Tipe Konservatif: Orang dengan tipe ini akan cenderung menghindari risiko tinggi dan memilih jenis investasi dengan risiko yang serendah-rendahnya meskipun sadar bahwa keuntungan yang didapatnya tidak terlalu tinggi. Produk finansial yang cocok dengan profil ini adalah produk tabungan, deposito  dan reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang.

    2. Tipe Moderat: Tipe ini lebih menekankan antara keseimbangan risiko dengan keuntungan yang diperolehnya.  Yang penting modal investasi aman, kalaupun ada kerugian berharap akan ada peluang keuntungan lagi dalam jangka menengah atau panjang. Produk yang cocok biasanya adalah jenis reksa dana campuran dengan muatan kombinasi saham dan obligasi.

    3. Tipe Agresif: Bagi tipe ini risiko adalah hal yang harus diambil bila ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi. Jenis investasi yang cocok adalah saham.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan