Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Cara agar Tetap Semangat Ketika Bangun Sahur di Bulan Ramadan

12 Mei 2020 | Allianz Indonesia
Ketika memasuki bulan Ramadan, secara otomatis jadwal makan dan pola tidur akan ikut berubah.

Di luar bulan Ramadan kamu terbiasa makan tiga kali sehari, yakni pagi, siang dan malam, serta kamu dapat memenuhi kebutuhan istirahat yang diperlukan oleh tubuh tanpa harus bangun tidur pada dini hari untuk melaksanakan sahur. Sehingga ketika memasuki masa puasa di bulan Ramadan ini, kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan baik atas perubahan yang terjadi. 

Dilansir dari tribunnews.com, rasa kantuk dan malas merupakan faktor tak tertahankan yang dapat mengakibatkan bangun sahur terasa berat. Bagaimana pun, sahur adalah faktor yang dapat membuat tubuh tetap berenergi, sehingga kamu dapat beraktivitas secara normal pada saat berpuasa di bulan Ramadan.

Supaya kamu terhindar dari hal-hal yang menghambat bangun sahur, yuk simak bersama-sama cara agar tetap semangat ketika bangun sahur.

 

Baca juga: Tips Buka Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

 

1. Tidur lebih cepat

Waktu tidur merupakan faktor penentu apakah kamu akan terlambat atau tidak untuk bangun sahur. Di bulan Ramadan sahur, dianggap sebagai pengganti sarapan bagi kamu yang menjalani ibadah puasa. Untuk itu, usahakan tidak begadang agar dapat mengoptimalkan waktu tidur kamu dengan baik. 

2. Pastikan alarm dinyalakan

Sebelum tidur pastikan bahwa kamu telah men-setting alarm sesuai dengan waktu yang ditentukan untuk bangun sahur. Bagi kamu yang kesulitan untuk bangun tidur, maka kamu bisa mengoptimalkan volume dan sound pada alarm yang dinyalakan, serta letakkan alarm pada jarak yang tidak mudah dijangkau oleh tangan, sehingga ketika alarm berbunyi secara terpaksa kamu harus bangun dari kasur untuk mematikan alarm tersebut. 

3. Hindari mengonsumsi kafein 

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein setiap harinya, usahakan pada bulan Ramadan untuk mengurangi minuman kafein agar kamu bisa tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. 

4. Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh pada saat bulan Ramadan agar dapat membantu kamu memiliki pola tidur yang lebih baik dan lebih cepat dari biasanya.

Pada saat bulan Ramadan seperti ini, kamu bisa berolahraga di rumah dengan memanfaatkan benda-benda yang tersedia di rumah dengan optimal atau berpartisipasi menjadi bagian dari #punyapower Olahraga di Rumah #30menitsehari. Berikut ini beberapa referensinya.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan