Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Butuh Asuransi Kesehatan dengan Manfaat Rawat Jalan? Perhatikan Hal Berikut

09 November 2020 | Allianz Indonesia
Banyak orang sudah menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Sesuai namanya asuransi kesehatan berfungsi untuk memproteksi keuangan kamu dari risiko finansial berupa biaya saat kamu sakit.

Jadi, ketika suatu saat kamu sakit dan membutuhkan biaya pengobatan atau perawatan, asuransi yang akan membayar biayanya. Namun, masih banyak pula kalangan yang bingung memilih asuransi kesehatan yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan budget. Nah, asuransi kesehatan seperti apa yang kamu butuhkan?

Dahulu orang mungkin banyak yang lebih concern membeli asuransi untuk memproteksi diri dari risiko biaya rawat inap di rumah sakit yang memang relatif mahal. Namun, belakangan ini manfaat rawat inap dalam asuransi kesehatan dirasa kurang mencukupi kebutuhan.

Pasalnya, makin banyak penyakit yang cukup mengganggu tapi belum cukup parah hingga mengharuskan penderitanya opname. Namun, kendati tidak perlu sampai opname, penyakit-penyakit tersebut nyatanya cukup menguras kantong juga dengan rawat jalan. Perhatikan beberapa hal penting di bawah ini bila hendak memilih asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan:

1. Jenis rawat jalan yang kamu butuhkan

Manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah ingin manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu baru berjenjang ke dokter spesialis dalam kondisi khusus? Bila mengutamakan kenyamanan dan kecepatan tindakan, memilih manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis akan lebih efektif bagi kebutuhan kamu.

Namun, tentu saja itu akan berpengaruh terhadap besar premi yang harus kamu bayarkan. Pasalnya, tarif dokter umum dan dokter spesialis berbeda.

Cek juga plafon pemeriksaan rawat jalan ke dokter tersebut. Kira-kira plafonnya memadai atau tidak untuk pemeriksaan dokter yang kamu butuhkan. Misalnya, bila yang kamu butuhkan adalah rawat jalan langsung dengan dokter spesialis, pastikan plafonnya sesuai dengan tarif dokter spesialis saat ini. Karena bila plafon terlalu kecil, maka kamu harus siap menambah kekurangannya dari kantong pribadi.

 

Baca juga: Dapatkah Kita Mengubah Jumlah Tanggungan dan Plan Manfaat pada Asuransi Kesehatan?

 

2. Provider yang bekerjasama

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah provider yang bekerja sama dengan asuransi. Apakah asuransi kesehatan yang kamu pilih bekerja sama dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang biasa kamu datangi, atau yang dekat dengan domisili tempat tinggal kamu.  

Pilih asuransi kesehatan yang memiliki jaringan provider luas sehingga kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan tersebut kapan saja dan di mana saja kamu beraktivitas.

3. Pahami alur klaim seperti apa

Pilih asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan yang menerapkan cara klaim paling praktis. Misalnya, bersistem cashless sehingga kamu tidak perlu keluar uang lebih dulu untuk menalangi keperluan berobat jalan. Lalu, pastikan juga kamu memahami alur klaim manfaat rawat jalan yang menjadi ketentuan polis asuransi kesehatan tersebut.

Misalnya, apakah kamu bisa langsung memakai asuransi tersebut untuk rawat jalan ke dokter spesialis? Atau, kamu masih harus menemui lebih dulu dokter umum? Pilih sesuai kebutuhan sehingga manfaat berasuransi bisa optimal.

 

Baca juga: Mengenal Beberapa Manfaat Asuransi Terkait Kesehatan

 

4. Alokasi budget yang kamu siapkan

Yang terakhir dan yang terpenting, berapa alokasi budget pembayaran premi yang kamu siapkan? Semakin lengkap fitur asuransi kesehatan, biasanya preminya akan semakin mahal. Misalnya, asuransi yang memiliki manfaat rawat jalan, rawat inap hingga rawat gigi, tentu lebih mahal dibanding premi asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap saja.

Alokasi pembayaran premi asuransi bisa kamu siapkan sebesar 10% dari pendapatan rutin. Jadi, misalnya pendapatan bulanan kamu Rp8 juta per bulan, sebesar Rp800 ribu bisa kamu alokasikan untuk menutup kebutuhan asuransi. Dengan batasan budget yang jelas, kamu bisa terpacu lebih selektif memilih asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan yang paling tepat. 

Dengan memperhatikan 4 hal di atas, semoga kamu mendapatkan gambaran lebih jelas tentang serba serbi asuransi kesehatan manfaat rawat jalan dan bagaimana memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Tidak susah, bukan?

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan