Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Baik untuk Kesehatan Mental, Ini Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Terapi

21 Oktober 2020 | Allianz Indonesia
Apakah kamu masih ragu untuk mencari bantuan profesional untuk melindugi kesehatan mental? Temukan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan terapi.

Kampanye WHO: Hari Kesehatan Mental Sedunia

Setiap tahunnya, di bulan Oktober, WHO menggelar kampanye untuk merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Dengan kondisi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, WHO memfokuskan kepedulian kampanyenya kepada semua orang untuk meningkatkan investasi dalam kesehatan mental.

Pada masa ini, WHO menyadari bahwa banyak pihak-pihak yang begitu berjuang di tengah masa pandemi seperti tenaga kesehatan, pekerja yang akhirnya mengalami pemutusan kerja, dan orang-orang yang bersedih karena kehilangan orang yang dicintai. Tujuan utama investasi dalam kesehatan mental ini, diharapkan mereka bisa memiliki semangat baru demi upaya mendukung kesehatan mentalnya.

Bagaimana kondisi kesehatan mental kamu hari ini? Sudahkah kamu menanyakan kabar orang-orang terdekat di sekitarmu?

Well, stres harian yang kerap kamu alami mungkin bisa jadi dapat dengan mudah kamu kalahkan. Namun terkadang, rasanya masalah besar datang begitu bertubi-tubi hingga kamu merasa berada di titik tersulit dalam kehidupanmu. Terlebih saat ini, pandemi, penyakit kronis, kematian, kehilangan pekerjaan, kesulitan ekonomi situasi ini dapat membawa stres dan kesusahan yang luar biasa ke dalam hidupmu serta mengganggu kesehatan mental.

Permasalahan-permasalahan yang biasanya bisa kamu selesaikan dengan berbagi cerita pada teman terdekat, mungkin kini tak bisa kamu selesaikan lagi bersamanya. Well, tidak apa-apa kalau kamu merasa semua permasalahan yang dihadapi lebih berat dan membutuhkan bantuan profesional seperti psikolog.

Salah satu investasi dalam kesehatan mental, yang bisa kamu lakukan adalah jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga ahli terapi seperti psikolog atau psikiatris untuk dirimu atau orang-orang di sekitar demi mendukung kesehatan mentalnya.

Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungi tenaga ahli terapi seperti psikolog atau psikiatris untuk dirimu? Yuk, simak!

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Samping Kesehatan Fisik saat Pandemi COVID-19

 

Kamu akan belajar lebih banyak tentang diri kamu sendiri

Tentu saja, orang yang tahu semua hal tentang diri kamu adalah dirimu sendiri. Tapi, saat melakukan sesi dengan psikolog atau psikiater, ia akan mendengarkan ceritamu dan membantumu membuat koneksi dari berbagai kejadian yang terjadi dalam hidupmu. Mereka mungkin menawarkan panduan atau rekomendasi jika kamu merasa tersesat, tetapi mereka tidak memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan. Terapi dapat memandu kamu untuk mengambil tindakan sendiri.

Terapi dapat membantu kamu mencapai tujuanmu

Terkadang, kita merasa terlalu banyak mempertimbangkan banyak hal untuk memutuskan sesuatu. Bantuan psikolog atau psikiater ini dapat membantumu mencapai tujuan yang kamu inginkan. Jika selama ini kamu kerap merasa tidak yakin dengan tujuan hidupmu, sesi terapi dapat membantu kamu menjelaskan dan menetapkan langkah realistis untuk mencapai setiap tujuan yang kamu inginkan.

Terapi dapat membantu kamu memiliki hubungan yang lebih memuaskan

Baik kamu lajang atau dalam suatu hubungan, terkadang kamu mengalami kesulitan. Entah itu dalam hal membangun hubungan, komunikasi, atau membangun kembali kepercayaan kamu kepada pasangan. Bantuan psikolog atau psikiater dapat membantu kamu mengatasi kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain dengan mencari solusi terbaik bersama atau membangun kepercayaan diri kamu kembali.

Terapi dapat membantu kamu memiliki kesehatan yang lebih baik

Berbagai penelitian mendukung hubungan antara kesehatan pikiran dan tubuh. Saat kamu mengalami berbagai masalah kesehatan mental dan tidak ditangani, hal ini dapat memengaruhi kesehatan fisikmu. Dengan meminta bantuan psikolog atau psikiater demi mencapai kesehatan emosional yang lebih baik, manfaatnya kamu akan lebih mampu menghadapi masalah kesehatan fisik yang muncul.

 

Baca juga: 5 Tips Tetap Happy Ketika Kerja di Rumah di Saat Pandemi COVID-19

 

Terapi dapat mengarahkan kamu pada perbaikan di semua bidang kehidupan

Jika selama ini kamu merasa ada sesuatu yang menghalangimu untuk menjalani hidup seperti yang kamu bayangkan, terapi dapat membantumu mengatasi hal ini. Jika kamu tidak yakin apa yang menghalangi kamu untuk membuat perubahan, bantuan profesional ini dapat membantu kamu menemukan jawabannya.

Jangan ragu untuk meminta bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater bila kamu merasa membutuhkan bantuan mereka. Bila kamu mengalami kesulitan atau mungkin tidak bisa mengakses layanan terapi psikolog atau psikiater atau masih ragu untuk bertemu langsung terapi online bisa jadi solusi tepat.

Berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Andersson Gerhard, Pim Cuijpers, Per Carlbring, Heleen Riper, dan Erik Hedman, berjudul “Guided Internet-Based Vs. Face-To-Face Cognitive Behavior Therapy For Psychiatric And Somatic Disorders: A Systematic Review And Meta-Analysis”, menemukan bahwa terapi online sama efektifnya dalam mengurangi gejala seperti terapi yang diberikan secara tatap muka.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah biasanya psikolog atau psikiater menawarkan sesi pertama gratis atau konsultasi telepon untuk membahas masalah yang kamu hadapi. Dari sesi awal ini nantinya kamu bisa memutuskan apakah akan melanjutkannya atau tidak. Stay positive and always be happy!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan