Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Bahaya yang Mengintai Pengendara Mobil Saat Musim Hujan

15 Juli 2019 | Allianz Indonesia
Jangan asal terabas. Salah-salah, mobil kesayangan bisa mogok di tengah jalan dan akhirnya bisa membahayakan keselamatanmu.

Pengguna kendaraan bermotor terutama mobil wajib berhati-hati saat di jalan raya. Sebab, berbagai risiko kecelakaan khususnya ketika musim hujan dapat mengintai siapa pun, tak terkecuali pengguna kendaraan roda empat.

Meski terbilang cenderung aman dibandingkan dengan kendaraan roda dua, namun tetap tidak ada jaminan pengguna mobil bebas dari mara bahaya saat berkendara di musim hujan. Pasalnya, ada beberapa faktor yang patut diwaspadai ketika mengendarai mobil di tengah hujan.

Pertama, pengendara harus mewaspadai tiap genangan air yang meninggi. Pasalnya, di balik genangan air tersebut dikhawatirkan adalah jalan berlubang yang membahayakan serta dapat mengganggu kinerja dan performa mobil.

Kedua, pengendara harus memperkirakan ketinggian air terhadap ambang batas mesin mobil. Bila mobil dipaksa melibas banjir yang sudah melebihi ruang mesin, risiko paling berbahaya adalah masuknya air ke dalam ruang mesin (water hammer) yang mengakibatkan kerusakan komponen mesin.

Selain itu, pengendara juga harus mewaspadai gejala aquaplaning yang sangat besar terutama ketika melintas di jalan yang memiliki genangan air. Masalah aquaplaning terjadi di mana posisi ban tidak dapat menapak dengan permukaan aspal akibat tertekan genangan air.

Aquaplaning umumnya terjadi karena ban tidak mampu mengurai air dengan baik, sehingga laju mobil terasa berjalan melayang dan meningkatkan risiko bagi pengendara seperti kehilangan kendali dan mobil mudah tergelincir. Belum lagi bila Anda tak mawas diri saat berkendara di tengah hujan, maka bukan tidak mungkin Anda berpeluang mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi setelahnya.

Selain berkendara dengan sangat hati-hati, hal wajib lain yang juga perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan kesayangan berupa asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan tidak hanya akan melindungi mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, tetapi juga risiko yang timbul akibat pemakaian wajar ketika musim tidak bersahabat.

Seiring bertambahnya berbagai kebutuhan akan perlindungan, asuransi kendaraan pun berevolusi. Kini, asuransi kendaraan menawarkan berbagai kemudahan berupa layanan tambahan di luar perlindungan kendaraan, misalnya perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, perlindungan kendaraan dari huru-hara, dan penyelesaian penggantian tunai.

Selain manfaat di atas, Anda juga harus mempertimbangkan asuransi kendaraan yang menawarkan kemudahan pendaftaran dan klaim, serta jaringan bengkel yang luas.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan