Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Ayo, Ikut Campaign “40 Seconds of Action” Dari WHO!

27 November 2019 | Allianz Indonesia
Kalau 40 detik dari waktu harianmu digunakan untuk berbagi kepedulian kepada sesama dengan ikut Campaign “40 Seconds of Action” dari WHO, apa kamu mau?

Biasanya, apa sih yang dapat kamu lakukan dalam waktu 40 detik? Mengirim chat? Mengecek e-mail? Ngobrol dengan teman? Atau malah bengong membayangkan kapan bisa liburan lagi?

Hmmm... ternyata banyak lho yang bisa kamu lakukan dalam waktu 40 detik. Terlebih, 40 detik dari waktumu ini bisa kamu gunakan untuk melakukan hal baik sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Memang bisa? Bagaimana caranya? 

 

Baca juga: Yuk, Pahami Asuransi Kesehatan Sebelum Membeli

 

Campaign “40 Seconds of Action” Dari WHO

Setiap tahunnya di bulan Oktober, seluruh dunia merayakan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober.

Khusus di tahun ini, tema yang digalakkan oleh World Health Organization (WHO) adalah pencegahan atas kasus bunuh diri. Berdasarkan data WHO, bunuh diri terjadi setiap 40 detik sekali di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, berdasarkan hasil Riskesdas pada 2018, menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional pada remaja berumur >15 tahun sebesar 9,8 persen. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2013 yaitu sebesar enam persen.

Apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai oleh WHO dengan menjalankan campaign ini? Melalui campaign ini, WHO mengajak seluruh warga dunia untuk menjalankan “40 Seconds of Action”, dengan tujuan:

  1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kasus bunuh diri sebagai bagian dari isu dunia.
  2. Meningkatkan pengetahuan kita untuk dapat melakukan pencegahan terhadap kasus bunuh diri.
  3. Mengurangi stigma berkaitan dengan kasus bunuh diri
  4. Menunjukkan kepedulian kepada semua orang bahwa mereka tidak sendirian.

 

Baca juga: Meski Sibuk Kerja, Lakukan Cara Ini agar Kolesterol Tak Naik

 

Aksi 40 Detik dari Kamu untuk Sekitar

Kalau seluruh warga dunia saja ingin ikut serta dalam campaign ini, tentunya kamu juga tidak mau ketinggalan gabung, kan? Apalagi, setiap aksi bisa memberikan dampak yang besar bagi setiap orang. Selalu ada cara untuk memulai hal besar dari hal kecil, kan?

Mulai hari ini, yuk kita bersama memanfaatkan waktu setidaknya 40 detik untuk melakukan aksi seperti:

1. Ceritakan tentang masalahmu kepada orang terdekat dalam waktu 40 detik sebagai awal. Berbagi cerita kepada orang-orang terdekat tentunya akan membuat perasaan kita lega. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan opsi solusi dari pihak lain yang bisa jadi pertimbanganmu untuk melalui masalah yang dihadapi.

2. Luangkan 40 detik untuk tanya kondisi orang-orang di sekitarmu. Kita semua menghadapi masalah pribadi sendiri. Dengan menanyakan kondisi temanmu di sekitar, kamu menunjukkan bahwa dirimu peduli terhadap hal-hal yang terjadi pada orang-orang di sekitarmu. 

3. Selama 40 detik bagi informasi-informasi mengenai kesehatan jiwa. Sharing is caring. Jadi, buang keragu-raguanmu dan sampaikan informasi terbaru atau informasi yang kamu tahu mengenai isu ini. Asalkan jangan menyebarkan berita hoax ya, dan pastikan sumber yang kamu share itu valid. 

4. Luangkan waktu 40 detik untuk memberikan pujian pada orang-orang sekitar. Pujian dapat membangun mood baik seseorang. Tidak ada salahnya lho untuk memberikan pujian atas hal-hal sekecil apa pun terhadap rekan kerja, teman, atau keluarga, juga orang sekitar. Mereka pasti akan bahagia dan mendapat tambahan semangat dari pujianmu untuk meneruskan aktivitas harian mereka.

Masih banyak lho yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Selama ini, apa yang biasa kamu lakukan saat memberikan perhatian kepada keluarga, teman, rekan kerja, atau orang-orang di sekitarmu? Share yuk, kepada kami semua!

 

Baca juga: Klaim Asuransi Ditolak? Jangan-jangan Ini Penyebabnya

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan