Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Awas Tertipu! Begini Trik Memilih Jasa Travel Umrah yang Aman

03 Januari 2020 | Allianz Indonesia
Tawaran jasa travel umrah berbiaya murah banyak bermunculan. Hati-hati jangan sampai tertipu hanya karena silau dengan harga murah.

Menjalankan ibadah haji ke tanah suci Makkah, Arab Saudi, adalah cita-cita setiap muslim karena merupakan bagian dari rukun Islam yang diwajibkan bagi yang telah mampu. Hanya saja, mewujudkan cita-cita berhaji sering kali tidak semudah yang dibayangankan.

Salah satu faktornya adalah adanya kuota pemberangkatan jamaah haji setiap tahunnya. Mengutip data Kementerian Agama RI, pada tahun 2019 Indonesia mendapat jatah kuota pemberangkatan haji sebanyak 231.000 jamaah. Kuota yang terbatas menyebabkan antrian pemberangkatan haji menjadi sangat lama bahkan hingga puluhan tahun.

Kondisi ini pada akhirnya membuat banyak orang yang memilih melakukan haji kecil atau umroh lebih dulu karena tidak perlu antri dan bisa dilakukan kapan saja. Biaya umrah juga relatif terjangkau dibanding biaya haji seiring waktu pelaksanaan yang lebih singkat. Minat umrah yang tinggi memunculkan banyak jasa travel yang berlomba menawarkan umrah berbiaya murah.

Sisi gelap dari fenomena ini adalah maraknya kasus penipuan umrah dengan iming-iming biaya murah tersebut. Kasus penipuan jasa travel umrah ini bahkan hingga memakan korban puluhan ribu orang dengan nilai kerugian mencapai triliunan rupiah.

Nah, bila kamu berniat umrah tahun depan, ada baiknya kamu cermat memilih jasa travel umrah agar tidak sampai terjebak tipuan oknum tak bertanggung jawab. Bagaimana jeli memilih jasa travel umrah agar terhindar dari jebakan tipuan? Simak jurus mudah berikut ini.

1. Periksa rekam jejak dan kredibilitas

Ada banyak penyedia jasa travel umrah yang menawarkan berbagai paket perjalanan umrah. Sebelum memutuskan memakai jasa, sebaiknya kamu periksa dengan jeli bagaimana rekam jejak mereka selama menyediakan jasa travel umrah tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melihat sejak kapan usaha travel tersebut menyediakan jasa travel umrah. Semakin lama usaha travel tersebut memberikan layanan perjalanan umrah, kemungkinan layanannya sudah cukup teruji.

Selain itu kamu bisa memeriksa estimony dari mereka yang sudah pernah memakai jasa travel umrah tersebut. Jangan berhenti membaca estimony yang tertera di websitemereka saja, akan lebih baik bila kamu bisa mendapatkan testimoni langsung dari konsumen.

 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ikut Liburan Open Trip Lebih Menyenangkan

 

Lalu, periksa juga apakah pernah terjadi kasus buruk berkaitan dengan layanan travel umrah di penyedia jasa tersebut. Informasi ini bisa kamu cari juga dengan berselancar di internet atau di forum-forum online yang banyak membahas tentang jasa umrah.

2. Lihat biaya jasa, rasional atau tidak?

Ada harga, ada rupa. Itulah yang perlu kamu ingat ketika mencari jasa travel umrah yang baik. Semakin murah biaya yang dikenakan, sulit untuk berharap layanan yang optimal dan rasional. Sebaliknya, umrah yang nyaman lebih mungkin kamu dapatkan bila mengenakan biaya yang wajar.

Perjalanan umrah rata-rata memakan waktu 9 hari hingga 12 hari. Dengan acuan tersebut, kamu sebenarnya bisa memperhitungkan sendiri berapa biaya jasa perjalanan umrah yang rasional dan wajar. 

Item biaya umrah umumnya terdiri atas biaya tiket pesawat pulang pergi, biaya akomodasi dan makan selama umrah di tanah suci, biaya pengurusan visa, biaya asuransi, sampai biaya oleh-oleh wajib seperti air zamzam.

Besar kecilnya biaya akan dipengaruhi oleh jenis kelas yang diambil. Bila memakai jasa maskapai kelas bisnis, tentu harga tiketnya lebih mahal ketimbang maskapai kelas ekonomi. Begitu juga pilihan hotel dan kedekatan lokasi hotel dengan tempat ibadah.

Dengan memahami biaya umrah yang rasional, kamu bisa terhindar dari iming-iming travel umrah yang menjual biaya super murah. Kasus penipuan travel umrah selama ini kebanyakan karena korban terpukau dengan tawaran harga murah yang tidak masuk akal. Nah, berapa biaya perjalanan umrah yang wajar? Saat ini, untuk perjalanan umrah selama 9 hari rata-rata ditawarkan di kisaran harga mulai Rp20 juta per orang.

Hal lain yang juga perlu kamu cermati adalah cara pembayaran biaya travel umrah. Untuk menghindari jebakan tipuan, pilihlah jasa travel umrah yang menyediakan opsi bayar cash and carrydi mana jeda bayar dan keberangkatan tidak terlalu lama.

Banyak oknum penipu jasa travel umrah mengimingi korban dengan cara bayar cicilan. Misalnya, bayar tahun ini dan baru berangkat tahun depan. Jeda keberangkatan yang terlalu lama melahirkan risiko kegagalan keberangkatan karena tidak ada jaminan pasti kamu bisa berangkat.

3. Teliti fasilitas yang ditawarkan

Seringkali jasa travel umrah tidak sekadar memberi layanan umrah di Mekkah, tapi juga sekaligus menawarkan perjalanan ke negara lain sebagai pelengkap. Misalnya, umrah di Mekkah sekaligus wisata rohani ke Palestina, atau jalan-jalan ke Turki. Ini tentu akan mempengaruhi besar biaya yang dikenakan. 

 

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

 

Kamu patut curiga bila penyedia jasa travel menawarkan biaya murah yang tak sebanding dengan fasilitas yang dijanjikan. Misalnya, fasilitasnya berupa maskapai ternama dengan akomodasi penginapan di hotel bintang 4 dan ditambah wisata ke negara lain, namun biayanya setara dengan biaya travel umrah regular. 

4. Bandingkan selalu dengan "toko sebelah"

Berusaha menekan biaya umrah dengan mencari jasa umrah murah, boleh-boleh saja. Tapi, kamu tetap harus realistis dengan harga pasaran yang berlaku saat ini. Maka itu, ketika mendapatkan tawaran perjalanan umrah dengan harga murah, sebaiknya tidak gelap mata langsung mengambilnya. Bandingkan lebih dulu dengan tawaran perjalanan umrah dari penyedia jasa yang lain. 

Teliti komponen harga yang dikenakan sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran harga jasa yang wajar. Manfaatkan internet untuk membandingkan harga jasa-jasa travel umrah sehingga kamu bisa menemukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

5. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Umrah merupakan jenis ibadah yang cukup menguras kekuatan fisik. Supaya bisa menjalankan ibadah umrah dengan baik, persiapan fisik perlu kamu lakukan. Memilih jasa umrah yang menawarkan akomodasi nyaman bisa membantu meringankan pelaksanaan umrah kamu. Hanya saja, umrah dengan fasilitas nyaman jelas membutuhkan biaya lebih mahal ketimbang yang standar. 

 

Baca juga: Raih Berkah dengan Fitur Wakaf dalam Asuransi Jiwa

 

Kamu tidak perlu memaksakan diri ikut umrah dengan tergesa-gesa sekadar ingin mengejar harga murah. Lebih baik menyiapkan kebutuhan biaya umrah jauh-jauh hari supaya kamu bisa lebih leluasa memilih jasa travel umrah yang cukup nyaman. Cara menyiapkan biaya umrah tidak sulit. Yang penting adalah komitmen dan kedisiplinan agar kamu bisa menabung biaya umrah secara konsisten. 

Sebagai contoh, kamu berencana umroh dengan asumsi kebutuhan biaya sekitar Rp25 juta. Kamu bisa menabung di bank syariah sebesar Rp500 ribu tiap bulan. Jika dilakukan secara konsisten maka dalam 4 tahun, kita sudah bisa melakukan ibadah umroh. Mudah, bukan?

Itulah 5 jurus yang bisa kamu terapkan bila hendak memilih jasa travel umrah supaya tidak terjebak tipuan. Selamat berencana.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan