Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Mengenal Sejarah Asuransi di Dunia

7 Bahan Makanan yang Wajib Stok saat Karantina di Rumah karena Virus Corona

07 April 2020 | Allianz Indonesia
Supaya karantina di rumah nyaman, jangan lupa siapkan bahan-bahan makanan yang penting agar kamu tidak perlu sering keluar rumah. Selain itu, kondisi tubuh harus senantiasa fit dan bugar agar kamu bisa menghalau penularan virus COVID-19.
Ini Ciri-ciri Gejala COVID-19 Terbaru dari CDC

Wabah virus corona sudah menjadi pandemik yang telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Sampai saat ini, belum ada vaksin yang bisa digunakan untuk melawan penyebaran virus berbahaya tersebut. Salah satu cara untuk menghindari penularan COVID-19 yang dinilai cukup efektif sejauh ini adalah dengan physical distancing dan membatasi aktivitas di rumah saja.

Imbauan work from home atau karantina di rumah demi menghindari penularan virus corona, sempat memicu orang terjebak panic buying membeli berbagai kebutuhan selama karantina, termasuk bahan makanan. Tidak perlu panik menyiapkan kebutuhan selama #dirumahsaja. Pada dasarnya kamu hanya perlu fokus pada beberapa kebutuhan penting saja. Yuk, simak apa saja makanan yang perlu kamu siapkan untuk mendukung kebutuhan selama karantina mandiri di rumah.

1. Beras

Beras sejauh ini masih menjadi makanan pokok utama mayoritas orang Indonesia. Bila kamu sehari-hari adalah pemakan nasi, penting untuk memastikan stok beras di rumah selalu aman. Sebelum membeli, hitung lebih dulu perkiraan kebutuhan minimal untuk makan selama dua pekan. 

Misalnya, selama ini kamu menghabiskan 10 kilogram beras untuk satu bulan. Supaya tidak perlu bolak balik membeli beras yang mengharuskan kamu keluar rumah, kamu cukup menaikkan stok beras menjadi 15 kilogram saja untuk kebutuhan 1,5 bulan. Tidak perlu menyetok terlalu banyak karena ada risiko beras berjamur bila disimpan terlalu lama. Kamu juga bisa menyetok makanan pokok lain yang biasa kamu konsumsi, seperti oatmeal, pasta atau roti-rotian.

2. Minyak goreng

Minyak goreng juga sangat penting untuk disiapkan selama masa karantina. Terlebih bila kamu penggemar makanan yang serba digoreng. Berapa yang perlu di-stok? Untuk kebutuhan selama dua minggu, cukup beli dua liter minyak goreng itu sudah cukup memadai. Bila kamu biasa memakai minyak jenis lain untuk jenis masakan tertentu seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, perlu juga disiapkan dalam jumlah secukupnya.

3. Telur

Telur adalah sumber protein yang murah meriah dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Supaya kebutuhan protein hewani kamu terpenuhi selama karatina, telur wajib dibeli minimal sebanyak 1 kilogram. Dengan jumlah sebesar itu kamu sudah bisa mendapatkan sekitar 15 butir telur. Apabila anggota keluarga kamu banyak, tambah jumlahnya sesuai kebutuhan. Telur bisa bertahan hingga satu bulan bila disimpan di suhu ruang.

4. Gula, garam, bumbu pelengkap

Jenis makanan ini wajib ada di setiap dapur karena dibutuhkan untuk memasak dan membuat minuman. Siapkan saja masing-masing satu kilogram. Adapun bumbu pelengkap adalah bumbu dapur yang banyak dibutuhkan seperti kecap, saos tomat, penyedap rasa, lada, dan lain sebagainya. Bila mau praktis, kamu juga bisa menimbang menyiapkan bumbu instan untuk menghemat waktu memasak. Tapi, jangan terlalu sering memakainya karena bisa membahayakan kesehatan.

5. Frozen food

Walau tidak terlalu disarankan oleh ahli kesehatan, dalam situasi seperti saat ini menyetok makanan beku bisa membantu kamu mengurangi mobilitas keluar rumah. Siapkan frozen food yang mendasar saja untuk kebutuhan makanan selama karantina, seperti bakso, sosis, nugget, daging ikan beku seperti fillet ikan dori, salmon dan lain-lain. Pastikan dulu kamu memiliki freezer yang memadai untuk menyimpan makanan beku supaya lebih tahan lama.

6. Buah dan sayur

Buah dan sayur mayur wajib kamu konsumsi agar daya tahan tubuh selalu dalam kondisi terbaik. Jadi, pastikan setiap hari kamu mengonsumsi buah dan sayuran yang bervariasi. Persoalannya, buah dan sayur bukanlah jenis makanan yang bisa disimpan terlalu lama. Paling lama 4 hari disimpan di lemari es agar terjaga kesegarannya. Maka dari itu, beli secukupnya lebih dulu untuk rencana menu selama seminggu. Saat stok habis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi belanja sayur dan buah online supaya tidak perlu keluar rumah untuk membeli.

7. Minuman

Minumlah yang cukup untuk membantu kelancaran metabolisme tubuh sehingga racun di dalam tubuh bisa terbuang efektif. Efek positifnya, daya tahan tubuh meningkat. Siapkan kebutuhan air mineral dalam galon selama masa karantina. Bila sehari per orang perlu minum minimal 2 liter air, kamu tinggal mengalikannya dengan jumlah orang di dalam rumah. Stoklah sebanyak kebutuhan yang ada agar tidak perlu bolak-balik membeli keluar rumah. 

Dengan memastikan kecukupan 7 kebutuhan bahan makanan di atas, masa karantina di rumah bisa kamu jalankan dengan nyaman. Semoga pandemi corona lekas berakhir, ya. Tetap semangat dan stay safe!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan