Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

5 Tips Memotivasi Diri Usai Liburan Akhir Tahun

30 Januari 2020 | Allianz Indonesia

Setelah liburan panjang akhir tahun, pasti banyak dari kamu yang sedikit kehilangan motivasi untuk kembali ke aktivitas seperti semula.

Setelah liburan panjang akhir tahun, pasti banyak dari kamu yang sedikit kehilangan motivasi untuk kembali ke aktivitas seperti semula. Kamu yang bersekolah, pasti merasa malas untuk kembali belajar. Begitu pun kamu yang bekerja, pasti kamu merasa liburan berlangsung dengan sangat cepat hingga malas untuk kembali ke kantor.

Tapi jangan khawatir! Jika kamu merasa sedikit tidak semangat pasca-liburan ini, cobalah satu atau lebih dari 5 cara ini untuk memotivasi diri di tahun yang baru ini.

1. Buat jadwal kegiatan rutin

Rasa malas merupakan hal yang wajar terjadi saat masuk bekerja dan kembali beraktivitas lagi. Oleh karena itu cobalah buat to-do-list. Mulai dari daftar kegiatan secara harian, mingguan, bulanan, dan seterusnya.

Dengan bantuan jadwal kegiatan tersebut, maka hidupmu akan jadi lebih teratur. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat.

2. Sempatkan waktu untuk berolahraga

Jika kamu melakukan meditasi dan berolahraga setiap pagi, tubuh kamu akan terasa lebih fit dan segar sehingga mampu menjalani hari-hari dengan lebih semangat. Bila kamu sudah merasa mulai terbiasa, akan lebih baik berolahraga dijadwalkan secara rutin untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

 

Baca juga: Yuk, Mulai Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat!

 

3. Segera menyesuaikan diri dan kembali aktif bersosial

Tetapkan hari pertama kerja dengan fokus untuk mengejar ketinggalan alih-alih mengerjakan tugas-tugas baru. 

Seusai bekerja, kamu bisa meluangkan waktu untuk berkumpul dengan teman. Kalian bisa sharing pengalaman-pengalaman selama libur yang menyenangkan, sekaligus menceritakan harapan atau target yang ingin dicapai di tahun baru ini. Sharing bersama seperti ini akan membantu proses memotivasi diri.

Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kamu. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

4. Persiapkan Rencana Liburan Berikutnya

Meski liburan baru saja usai, tidak ada salahnya untuk mulai menyusun kembali rencana liburan selanjutnya. Target jalan-jalan yang belum tercapai bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan agenda liburan selanjutnya. Dengan demikian, kamu pun pasti akan termotivasi kembali untuk giat bekerja.   

Tapi jangan lupa untuk persiapkan dana, waktu, dan dengan siapa kamu berlibur ya. Jika persiapan liburan telah matang, otomatis liburan juga terasa sangat menyenangkan. Apalagi jika kamu berhasil merencanakan keuangan dengan baik. 

 

Baca juga: Begini Trik Aman Memakai Kartu Kredit saat Liburan

 

5. Jangan lupa istirahat cukup

Bukan berarti setelah liburan panjang, kamu harus berada di depan meja kerjamu terus. Istirahat yang cukup juga sangat disarankan untuk memulihkan stamina yang terkuras setelah liburan. Jika kondisi badan sudah prima, kamu akan semangat kembali dalam memulai aktivitas.

Misalnya, bila sering tidur larut malam saat libur panjang, maka cobalah tidur pada jam normal atau lebih awal. Kamu perlu membiasakan ritme tubuh kembali normal untuk mengurangi rasa kantuk yang dapat mempengaruhi kemalasan saat memulai aktivitas rutin kembali.

 

Baca juga: Tahun Baru, Saatnya Evaluasi Kondisi Keuangan Selama Setahun Terakhir

 

Nah, itulah beberapa cara untuk memotivasi diri kamu usai liburan panjang. Mudah-mudahan kelima tips tersebut bisa memunculkan semangat agar kamu lebih giat lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika diawali dengan niat yang kuat, pastinya kamu jadi lebih mudah untuk untuk menjalankan tips-tips tersebut.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan