Strategi Allianz Indonesia Kembangkan Bisnis Syariah dan Tingkatkan Pemahaman  Pentingnya Asuransi Syariah

Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus memperkuat strategi untuk mengembangkan bisnis syariah, dengan konsisten memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah.

3 Maret 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 3 Maret 2023 – Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus memperkuat strategi untuk mengembangkan bisnis syariah, dengan konsisten memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah.

“Allianz Syariah didukung oleh pengalaman Allianz, sebagai perusahaan asuransi yang besar di dunia beserta semua infrastruktur yang ada, untuk membantu setiap inisiatif edukasi asuransi syariah di Indonesia,” kata Achmad Kusna Permana, Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia.

Komitmen Allianz Life Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis syariah dimulai dari pelatihan dan pemantapan tenaga pemasar, yang akan mengedukasi dan meneruskan informasi mengenai asuransi syariah kepada nasabah. Di fase awal, tenaga pemasar akan diberikan rangkaian training intensif. Setelah mendapatkan lisensi resmi dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, para tenaga pemasar juga akan mendapatkan workshop dan training lanjutan untuk terus menambah pengetahuan mereka. 

Rangkaian workshop online dan offline ke berbagai kota di Indonesia, diselenggarakan untuk para tenaga pemasar, baik untuk kanal distribusi keagenan maupun bancassurance. Salah satu contoh adalah sosialisasi mengenai kinerja subdana (fund) syariah untuk mengetahui dengan lebih baik mengenai seluk-beluk investasi pada asuransi jiwa unit link syariah. 

David Nolan pada Acara

Untuk lebih memperdalam pengetahuan secara mandiri, tersedia booklet digital dan video yang dapat diakses kapanpun menggunakan platform digital khusus tenaga pemasar. Dengan pelatihan dan pemantapan yang disediakan Allianz, sampai akhir tahun 2022 agen asuransi jiwa berlisensi syariah meningkat 107,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Allianz Life Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif edukasi asuransi syariah melalui platform yang mudah diakses, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. Di channel Youtube Allianz Indonesia, tersedia video-video edukasi mengenai asuransi syariah. Beberapa di antaranya menampilkan pakar di bidang syariah, seperti K.H. Muhammad Cholil Nafis.

Foto acara

Selain itu, baru-baru ini ada talk show melalui platform Instagram live yang membahas perencanaan keuangan ala syariah, yang menampilkan pakar keuangan syariah, Greget Kalla Buana.

Agar menjangkau masyarakat secara lebih luas lagi dalam memahami konsep asuransi syariah, Allianz Life Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga mengadakan kampanye di media sosial untuk mengajak siapapun saling berbagi kebaikan. Konsep ini sangat relevan dengan asuransi syariah, yang bersifat adil, transparan, universal, dan saling tolong-menolong antar peserta. Di tahun 2022, kegiatan edukasi asuransi syariah untuk masyarakat luas ini, telah menjangkau lebih dari 33 juta orang.

Dampak kegiatan edukasi terhadap peningkatan produktivitas Allianz Syariah ini tercermin pada pertumbuhan jumlah polis baru sebesar 21,3% dan peningkatan jumlah peserta sebesar 9,2% sampai akhir tahun 2022.

“Dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan secara berkelanjutan, harapan kami pemahaman, minat, dan kepercayaan masyarakat akan asuransi syariah terus meningkat. Hal ini sejalan dengan komitmen Allianz untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, dan upaya kami mendukung bertumbuhnya ekonomi syariah.” tutup Permana.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.