Allianz Syariah Sambut Ramadhan dengan Berbagi Kebaikan yang Menguatkan 

Unit Syariah Allianz Life Indonesia (Allianz Syariah) menyambut bulan Ramadhan 1444 H dengan serangkaian kegiatan untuk “Berbagi Kebaikan yang Menguatkan”. 

24 Maret 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 24 Maret 2023 – Unit Syariah Allianz Life Indonesia (Allianz Syariah) menyambut bulan Ramadhan 1444 H dengan serangkaian kegiatan untuk “Berbagi Kebaikan yang Menguatkan”. Melalui serangkaian kegiatan ini, Allianz Syariah secara konsisten terus memperkuat strategi untuk mengembangkan bisnis syariah, khususnya pada momentum Ramadhan sebagai bulan penuh berkah, yang sejalan dengan konsep tolong-menolong antar sesama dalam asuransi syariah.

“Unit Syariah Allianz Life Indonesia konsisten dengan kampanye berbagi kebaikan untuk semakin memperkuat positioning Allianz sebagai salah satu pemain asuransi syariah di industri. Konsep ‘berbagi kebaikan yang menguatkan’ adalah upaya kami untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan prinsip tolong-menolong dalam asuransi syariah,” tutur Achmad Kusna Permana, Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia.

Foto acara

Selama bulan Ramadan, Allianz Syariah akan melakukan beberapa kegiatan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan asuransi syariah secara berkelanjutan, memperkenalkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta terus memperluas kemitraan untuk jalur distribusi pemasaran.

“Ke depannya kami juga akan terus mengembangkan bisnis, dari sisi produk, cara pemasaran serta kanal distribusi, baik keagenan dan bancassurance. Strategi yang kami implementasikan ini juga sejalan dengan misi Allianz Indonesia untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.” kata Permana.

Foto acara

Serangkaian kegiatan ini diawali dengan program CSR Allianz PELITA (Program Edukasi Kesehatan Lansia, Ibu Hamil dan Balita), yang merupakan salah satu perwujudan dari saling berbagi kebaikan yang diusung Allianz Syariah. Hal sejalan dengan strategi Allianz Syariah untuk berbagi kebaikan yang dapat menguatkan sesama, demi masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Dalam Rencana Aksi Kegiatan Sekretariat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Tahun 2020- 2024 (sumber: link), sasaran pembangunan kesehatan yang akan dicapai pada tahun 2025 adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang ditunjukkan oleh meningkatnya umur harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu, menurunnya angka kematian bayi, dan menurunnya prevalensi undernutrisi pada balita. Strategi yang akan dilakukan untuk menjawab tantangan ini adalah peningkatan kesehatan ibu, anak dan kesehatan reproduksi; percepatan perbaikan gizi masyarakat untuk pencegahan dan penanggulangan permasalahan gizi ganda; peningkatan pencegahan dan pengendalian penyakit; pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas); dan penguatan sistem kesehatan.

Allianz ingin berkontribusi guna mendukung peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia melalui program PELITA, yang sudah dilakukan pada periode tahun 2021. Pada periode tersebut, program PELITA Allianz telah mencapai lebih dari 4.400 orang penerima manfaat, yang terdiri dari Kader Posyandu, masyarakat umum, serta pengguna media sosial.

Dengan program PELITA kali ini, Allianz Syariah melalui Yayasan Allianz Peduli terus berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat terkait topik kesehatan dalam rangka pencegahan stunting (masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak), serta memberikan tips edukasi makanan sehat selama Ramadhan. Allianz juga membagikan hidangan untuk berbuka serta paket sembako untuk masyarakat peserta program PELITA.

“Kesehatan adalah salah satu pilar dari kegiatan CSR Allianz Indonesia, dan program PELITA adalah wujud kepedulian kami untuk mengatasi masalah kesehatan di masyarakat. Hal ini erat juga kaitannya dengan konsep berbagi kebaikan yang menguatkan yang diusung Allianz Syariah. Harapan kami program-program CSR kami dapat berkontribusi meningkatkan pemahaman dan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik.” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.